TELEFERİK–cable cars–
 
Minggu pagi tanggal 25 september  2016, kami terbang ke kota denizli, 1 jam lewat udara, dan 9 jam lewat darat. Alternatif tercepat kami pilih lewat udara, terbang jam 7-.-‘ untung bandara sabiha termasuk dekat dari rumah. Sampai di Denizli jam 8 pagi, dari bandara menuju pusat kota denizli ternyata lumayan jauh, dengan ongkos per kepala 13 lira naik minibus bandara,hampir 1 jam menuju pusat kota denizli.
Turun di otogar denizli (terminal ) perjalanan dengan minibus lanjut menuju merkez eğitim punya pemerintah, kami menginap di wisma tempat suami kerja, fasilitasnya sama kayak hotel, lengkap. karena dipakai hanya pas ada pendidikan dan pelatihan saja, banyak kamar kosong, dan ini bisa disewakan ke setiap personil nya yang kebetulan  datang ke denizli, permalam kami bayar 40 lira saja. Kami menginap 2hari di denizli, awalnya sudah booking hotel dekat pamukkale, lalu kami batalkan, kalau ada yang lebih ngirit kenapa nolak:D itu prinsip ekonomi yaaa, toh kami cuma butuh tempat buat tidur saja, selebihnya jalan terus.
Setelah beresin koper, kami menuju kantin untuk sarapan, karena sistem nya self service juga di kantin wisma, plus sarapan bareng para peserta pelatihan*maaf ya ga ada bukti foto* tapi jujur kebanyakan mas mas ganteng tinggi tegap…semua…upps segar gitu pagii pagi sambil sarapan*hahah abaikan* mau nyolong foto takut ditegur si suami.
Tadinya suami  pas masuk kamar, mau lanjut tidur!! what!! helloooo….tipikal Turkish yaaa..doyan tidur panjang-.-‘ lalu saya paksa buat keluar wisma, alasannya pengen ke pusat kota. Jauh jauh terbang dari istanbul, cuma mau lanjut tidur nya yang kepotong gara gara berangkat dari rumah habis subuh ke bandara.Nooo…
Baca juga: yalova-wisata-alternatif-di-dekat-istanbul
Dipusat kota denizli,ehm apa ya yang menarik? carsi?ah biasa saja, lalu saya ingat pernah googling tentang teleferik alias cable car yang baru di buka akhir tahun lalu, kenapa ga nyoba teleferik saja, kemudian kami sibuk lah cari info dimana lokasi teleferik yang bisa melihat kota denizli seluruhnya termasuk lokasi pamukkale. Setelah tanya sana sini, ternyata ada bis kota yang menuju ke lokasi terminal teleferik. Harusnya sih bayar pake  kartu, karena kami turis, mereka menyediakan kartu khusus PP  yang bisa di beli sama supir nya langsung:D di halte halte nya biasanya ada mesin khusus untuk isi ulang akbil-kartu bis nya.
 
Naik teleferik menuju ke atas gunung, cukup bayar 6 lira per orang, anak-anak  masih gratis. Dari atas teleferik bisa melihat pemandangan cantik kota denizli dan pamukkale dari kejauhan. Begitu sampai ketinggian 1700 M, tiba di terminal kedatangan, ada mobil service khusus yang disediakan gratis menuju  lokasi wisata di atas gunung.

ibu2 penjual gozleme

Bisa juga jalan kaki menuju lokasi, hitung hitung olahraga sambil menikmati udara segar pegunungan.  Fasilitas lokasi wisata ini cukup lengkap, mulai dari mushola, toilet, cafe modern untuk sekadar ngopi ngopi cantik, ada juga restoran yang menyediakan aneka kebab dan warung tenda yang unik yang menyediakan menu gozleme dan ayran itu plain yoghurt yang di kasih garem.)
Oh ya, untuk lokasi wisata ini termasuk murah meriah, ga ada judulnya harga turis ,semua pake harga kisaran normal seperti di tempat umum, taman yang indah di atas pegunungan, padang rumput hijau, park untuk anak anak, taman bunga. Lumayan lah berasa bintang film india kalau mau joget jogetan di balik pohon ala shah rukh khan bisa dilakukan disini:) Di lokasi ini pun bisa sewa penginapan, ada yang bentuknya tenda tenda ,da juga rumah rumah kayu yang unik
Bağbasi yaylası -taman di atas gunung-

Bağbası yaylası ini termasuk baru di kota denizli, jadi belum begitu familiar. Bisa jadi pilihan alternatif selain pamukkale dan hieropolis nya jika berkunjung ke kota denizli. Lokasi wisata gunung ini dikelola langsung belediye-pemerintah lokal-nya jadi lumayan bersahabat di kantong (