Tujuan utama saya download Wattpad berburu Novel-novel terjemahan saja, beberapa diantara saya sudah nonton dramanya seperti : When snail fall in love, Master Devil, Ashes Of love, karena sudah nonton dramanya jadi tidak tertarik untuk baca versi Novel, pengecualian untuk The Pillow Books, yang mana versi dramanya belum juga diberitakan kapan tayang, padahal drama The Pillow Books sudah selesai syuting dari November 2018, Gosipnya akan tayang akhir 2019 ini, tapi entah kapan.

Baru beberapa hari ini tertarik download di HP, karena penasaran dengan Novel terjemahan The Pillow Books, alasan saya harus banget baca novel ini karena penasaran dengan kelanjutan kisah Dong hua dijun dan Bai Fengjui, Buat yang mengikuti serial drama Fantasi Ten Miles of Peach Blossom, yang juga diangkat dari Novel yang sama Three lives, three worlds Ten miles of peach Blossom. The pillow Books adalah buku lanjutan dari Kisah tersendiri: Donghua dijun dan Fengjui. Ga sengaja ketika iseng buka wattpad, ada novel terjemahan The Pillow Books langsung dua buku, rasanya seperti menemukan harta karun.

Ok balik lagi bahas isi Wattpad, Nah karena Newbie, saya agak kaget ketika muncul di layar rekomendasi bacaan: Yang keluar cerita Fan Fiction, BL, ya Allah apa pula ini, sebagai emak-emak yang telat gaul, lalu coba googling dan menemukan arti dari Fan fic: fan fiction: sebuah karya tulisan yang dibuat penggemar yang berhubungan dengan idolanya, dengan latar cerita seputar idolanya, tidak seputar karya tulis saja, bisa dalam bentuk komik atau culikan video. semisal ngefans berat sama lucinta luna lalu membuat Novel dengan tokoh lucinta luna (eh bukan saya ya..) tapi kebanyakan Fan fiction di Wattpad, idolanya ga jauh-jauh dari K-POP. Nyari yang angkatannya Boyzone belum baca* put your hands up–kita seangkatan.

Fan Fiction

Nah beberapa yang saya amati: FF ini biasa akan seputar BL (boy love) atau Pairing Girl (yuri) atau Het (girl and boy) BL: merujuk percintaan sesama jenis, Yuri juga demikian, Het: percintaan biasa.

Ada istilah: My Future Husband--entah ya kenapa sampai berpikiran sejauh ini dengan idolanya, komen-komen para fans ini sering saya temukan di akun media sosial idolanya, untuk fans yang memiliki kemampuan menulis disalurkan lewat media berbentuk fan fiction, saya juga pernah baca: karena mengidolakan beberapa anggota grup Boysband, dia tidak rela kalau penyanyi idolanya kencan dengan perempuan?? lalu dibuatlah Fan fiction: si İdol A dan idol B di Grup yang sama berpacaran, padahal jelas mereka sama-sama Pria. Tidak cukup dalam bentuk tulisan, editan video interaksi si idol A dan B juga bertebaran di Youtube, seakan ‘membenarkan’ prilaku si idol, kendati hanya imajinasi dia sebagai Fans saja, saya sih ga kebayang gimana mental si idol yang jadi fantasi ribuan penggemarnya yang dituangkan dalam berbagai karya, termasuk tulisan di Wattpad yang menjamur.

Bedanya artis dan İdol

Jadi fans beda angkatan.

Angkatan 90-an, saya pernah menulis surat ke idola, siapa? Grup lawak Patrio, Anggotanya: Akri, Eko, Parto, ga kalah sama Boysband lah ya, lalu dapat surat balasan beserta foto mereka bertiga, Foto studio, dengan style Eko yang punya rambut belah tengah, lalu Parto memakai kalung yang trend pada zamannya, Waktu itu gaya mereka udah keren. Keisengan menemukan alamat Fans club Grup lawak ini berbuah manis, surat penggemar dibalas mereka, iya rasanya tuh aneh hahah, ketika teman-teman meng-idolakan penyanyi ganteng, dan berharap di notice. İni malah beda sendiri.

İnternet belum menjadi wadah kemudahan untuk berinteraksi dengan idola, saya tidak pernah terpikir sampai membuat Fan fiction dengan tokoh 3 pelawak, Meski pernah juga menyukai Sheila on 7, sebatas lewat depan Rumah Eross, lalu Studio mereka, tempat sekolah mereka, karena dulu saya tinggal ga jauh dari Sekolah kedua personil Sheila on 7, antara penting ga penting sih.

Lalu apa yang menjadi kekhawatiran saya dengan bacaan di Wattpad?

Saya apresiasi adik-adik yang memiliki bakat menulis, tapi dengan tema-tema imajinasi liar seperti itu, dan beberapa juga banyak yang memuat konten dewasa, bahasa kasar. Cek profile Penulis, banyak diantara mereka usia remaja. Ehm entah apa saya harus mengapresiasi, atau menjadikan sebuah kekuatiran, apalagi sebagai orangtua. Aplikasi Wattpad bisa dengan mudah di download dari playstore, Anak-anak juga bisa dengan mudah membacanya, Jika tidak ada kontrol orangtua, dipikir membaca E-Books Pendidikan. Wah ternyata! Mungkin sebagai emak-emak telat gaul, ga ada salahnya buat ngecek, sayangnya tidak ada sensor tulisan juga, hanya sebatas: Pemberitahuan!Kalau konten dewasa, mengandung bahasa kasar, tapi mudah saja di klik. Semoga kita atau saya sebagai orangtua bisa lebih bijak, atau Fatih dan Alya ga kenal Fan fiction hehehe, Kalau mengidolakan Tokoh Sekelas Baginda Rosululloh, meluapkan kerinduan dalam bentuk tulisan, silahkan saja**Berat ya, tapi akan saya tanamkan untuk memiliki idola yang abadi. Semoga.