Kangal: jenis anjing gembala asli Turki, banyak di daerah Sivas, anjing ini sering dipelihara petani untuk menjaga ternaknya.

Dulu, ada petani di depan komplek pluto, beberapa kali sering saya selipkan cerita keluarga petani ini, satu- satunya rumah petani yang bertetangga dengan komplek pluto, sisanya berjauhan semua. Karena awal tahun ini mereka diminta mengosongkan lahan, saya juga baru tahu, kalau selama ini bangunan rumah mereka berdiri diatas lahan negars, hitungannya ilegal gitu ya, masuk wilayah lapas, sebagian sudah diratakan dan dijadikan lahan gandum, nah sisanya masih harus dirobohkan dulu bangunan non-permanen itu, entah kapan.

Kangal anjing petani?

Dulu itu, anjing petani ada 2,agak galak memang, karena pernah menggigit anak tetangga, hingga sempat ada larangan, anak komplek dilarang main sendiri di luar pagar, nah jenis kangal ini juga hidup bareng dengan anjing petani itu, tapi ketika mereka pindah, anjing kangal ini ditinggal, jadi hidup berkeliaran di depan komplek.

Kemudian beranak-pinak (ada 6 ekor) mereka hidup dibawah semak belukar, bikin lubang gitu diantara belukar pohon berry liar, ehm padahal sepertinya mau mulai diratakan, ga tahu nanti nasip mereka gimana? Ditambah lagi, hewan ini dilarang masuk komplek, dan di komplek juga ditempel pengumunan, bahwa tidak diperkenankan memelihara hewan apapun di dalam unit.

Punya hewan peliharaan?

Jangan bermimpi! Hehe itu kata si baba, dia tipikal orang yang kurang suka ada hewan peliharaan di rumah, padahal di rumah anne, hewan peliharaannya banyak­čśä mungkin karena sekarang sudah pisah rumah semenjak kita menikah, jadi bebas buat aturan sendiri. Anak anak suka bermain dengan hewan, seperti yang saya dokumentasikan di kanal youtube diatas.

Oh ya anjing kangal itu kalau udah dewasa, besarnya luar biasa loh, bisa bersaing dengan keledai, agak ngeri sama ukurannya, bisa di googling: turkish kangal, yang kita videokan, masih balita semua kangalnya