Sabtu lalu, Salah satu daerah di Turki yakni Provinsi Elaziğ (baca: elaziii) terjadi gempa berskala 6.8 SR, Posisi Elaziğ berada dibagian Anatolia Timur (eastern Anatolia), sedang lokasi tinggal saya di bagian Barat Laut hitam (west Blacksea) jarak lokasi Gempa dengan area tinggal saya sekarang sekitar 658 KM sekian, efek gempa Alhamdulilah tidak begitu terasa di area tinggal saya, meski dalam Peta Bencana Gempa Bumi, Daerah saya tinggal juga masuk Ring bencana, Perlu diketahui, Negara Turki juga rawan gempa, 17 Agustus tahun 1999 terjadi Gempa besar 7.6 SK di İzmit, berlangsung 37 detik dan mnewaskan 17 ribu jiwa, Lokasi İzmit -Kocaeli- tidak jauh dari İstanbul Asia, Kota İstanbul pun kena dampaknya, sekarang timbul kekhawatiran sama, karena sebagian İstanbul juga rawan gempa bumi. Berikut Peta daerah rawan gempa di Turki, Provinsi Elaziğ masuk di ring Merah rawan gempa.

sumber gambar: AFAD Turkiye.

Belajar dari Turki, Negara tanggap Bencana

Malam Sabtu lalu, saya buka sosial media, dan Kabar gempa Bumi langsung menguasai laman sosial Media di Turki. Tayangan live di TV nasional mengabarkan Berita Gempa di Elaziğ, Melihat berbagai Badan kemanusian Turki yang langsung Sigap malam itu juga berangkat ke Provinsi Elaziğ: AFAD, İHH, Berbagai personil dari regu pemadam kebakaran (İFTAİYE) UMKE. Turkish airlines maskapai kebanggaan negara Turki langsung memberikan bantuan tenaga medis, menyediakan penerbangan untuk para relawan. Provinsi terdekat dari Elaziğ juga tidak kalah sigap mengirimkan bantuan kemanusiaan, mereka berbondong-bondong bergerak cepat berkejaran dengan waktu untuk menyelamatkan korban jiwa, Koordinasi sangat baik.

Baca:

Hal yang saya sukai dari Turki

Selama menonton dan membaca tayangan Berita, tidak ada ucapan saling menyalahkan atau memojokan Pemerintah, Rakyat dan aparat bahu membahu menyelamatkan korban, melepaskan atribut politik dan kepentingan, dan beberapa yang saya perhatikan, para pemburu berita juga tidak asal mewawancarai relawan, Biasanya narasumber yang diwawancarai adalah juru bicara dari Tim tersebut, seperti dari Pihak Jandarma, ada jubir-nya yang menjelaskan dengan detail tentang penyelamatan korban dari reruntuhan bangunan, jadi berita tentang Korban tidak simpang siur.

Berdirinya Republik Turki seperti apa?

Sumbangan untuk Korban Bencana Gempa

We are not the richest country in the world, but we are the most generous Nation..,

Salah satu TV nasional Turki mengadakan pengumpulan Dana untuk Korban bencana di Elaziğ, hanya dalan waktu 5 jam, terkumpul sumbangan lebih dari 8.5 juta Dollar. Mulai dari warga biasa, politisi, selebritis, para atlet Turki semua menyumbang untuk para Korban Gempa Bumi Elaziğ. Kalau ada bencana di sebuah daerah Turki, maka seluruh penjuru Turki akan lari memberikan bantuan-kutipan dari orang Turki- Sungguh saya menjadi saksi untuk kedermawanan Rakyat Turki memang teruji.

para relawan dan petugas medis sigap menolong korban. credit:TRThaber.

Musibah Datang, Rakyat saling bahu membahu membantu, Semua Fasilitas milik Negara di Gratiskan untuk para korban Bencana, Bahkan Kereta Api (TCDD) mendatangkan 10 gerbong kereta khusus ke Elaziğ untuk jadi tempat tinggal sementara selama 20 hari bagi para korban gempa bumi, kereta dilengkapi fasilitas yang nyaman, ada penghangat. Karena Turki saat ini masih masuk musim dingin. semua Rumah sakit swasta juga ikut menggratiskan fasilitasnya, Hotel juga banyak yang ikut menggratiskan, kiriman bantuan makanan dan pakaian sudah pasti terus berdatangan dari berbagai penjuru Turki. Sigap dan kompak, itu yang saya saksikan sendiri. Turki jadi negara yang sigap dengan bencana alam, karena mereka tahu posisi negaranya memang rawan gempa bumi, Turki memiliki Badan khusus AFAD, sebagai otoritas penanganan darurat bencana.

cerita tentang lagu kebangsaan Turki:istiklal marsı

Gempa terjadi sekitar pukul 20.55 malam, begitu berita gempa menyebar, relawan sigap langsung ke TKP malam itu juga,semua terkoordinir dengan baik. sumberfoto: FBdididkandriawan.

website AFAD Turki

AFAD menjadi badan terbesar yang menangani daurat bencana di Turki, Pihak AFAD juga langsung membangun 24 ribu tenda untuk para korban bencana, bekerjasama dengan Palang merah Turki, dan badan kemanusiaan lainnya, bahu membahu memberikan berbagai bantuan kepada warga di lokasi gempa, dan dalam 3 hari situasi sudah tertangani dengan baik, kehidupan tenang kembali. Pemerintah merespon cepat untuk melakukan penggantian bangunan-bangunan yang rusak dibawah otoritas TOKİ (Lembaga pemerintah untuk bidang perumahan dan real estate) dan berjanji memberikan tunjangan sewa kepada para korban.

Belajar banyak dari Negara İni, melihat bagaimana rakyatnya menjadi satu kesatuan untuk menolong saudara sebangsanya yang terkena musibah, Saya sendiri ikut larut dan terharu ketika menyaksikan tayangan berbagai penyelamatan Korban gempa dari reruntuhan bangunan, seribu lebih tenaga relawan profesional diturunkan dan juga yang datang sukarela menuju lokasi Gempa, bahkan supir truck dari provinsi lainpun menawarkan bantuan sukarela untuk mengantar logistik, Salah satu provinsi dengan gubernurnya dari partai komunis pun, warganya ikut bahu membahu demi saudara sebangsanya. Belajar banyak tentang arti kemanusiaan dan persaudaraan, #Gecmis Olsun Elaziğ