Siapa yang tidak mengenal İstanbul sebagai destinasi tujuan wisata dunia, İstanbul memang kota yang super cantik, kota terbesar di Turki yang sangat unik karena memiliki wilayah di dua benua, ada sisi asia dan juga sisi eropa. Setiap tahun selalu menjadi tujuan favorit para traveller dunia, sayangnya banyak juga ulah oknum oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencoreng keramahan kota İstanbul, banyaknya kejahatan atau scam scam yang menimpa traveller  salah satunya banyak yang kena scam sindikat Taksi, tahun lalu pun teman lama saya liburan ke İstanbul kena scam taksi ini, berikut ada sedikit tulisan dari grup WNİ di İstanbul, kebetulan yang bersangkutan cukup tahu seluk beluk scam taksi istanbul beroperasi, saya copas trik -trik dari teman saya ini: firdaus guritno (cto)
Jadi untuk para traveller yang pertama kali datang ke İstanbul, bisa baca baik-baik trik trik yang biasa scammer Taksi ini lakukan, semoga jadi kewaspadaan selama traveling di Turki khususnya lagi ketika berada di İstanbul.
Trik trik dan posisi posisi supir taksi curang di Istanbul juga beberapa tips:

  1. Biasanya berada di sekitaran tempat wisata. seperti sultanahmet aksaray dolmabahce eminonu dll ada juga yg menggunakan argo curang yang bisa dipencet untuk menambahkan biaya, biasanya beberapa taksi curang pakai ini,argonya biasanya yg curang itu ada di bawah dan berwarna biru layarnya,, bisa dipencet sembari mengganti gigi ketika membawa mobil
  2. jika perjalanan malam akan memberhentikan di tempat yang agak gelap, sampai kita memberikan uang baru dikasih lampu mobil untuk dia beri  kembalian ongkos taksi.
  3. uang yg kita kasih akan diganti secara cepat, misal dikasih 100 lira  diberi uang palsu, atau diganti 20 lira  seolah kita hanya kasih   20 tl sedang biaya taksi 30 tl misalkan
  4. trik lainnya adalah uang yg kita kasih disobek tanpa sepengetahuan kita dan sangat cepat, kemudian dikembalikan ke kita utk kita kasih uang baru karena kita ngasihnya uang sobek, ini untuk menambah chance dia diberi uang dengan nominal lebih gede
  5. mereka lebih sering memilih penumpang yabanci(orang asing), pernah saya naik di daerah sultanahmet dan ngomong pakai bahasa turki,  sindikat mereka ga mau untuk ngambil saya jd penumpang.
  6. kadang ada juga yg ga mau nyalain argo, kayak gini langsung ditinggal aja karena nanti mereka biayanya “nembak”
  7.  kalau merasa argonya ga jalan normal ketika mobil melaju dan supir cenderung gelisah kalau kita ngelihatin tangan dia yg megang   tuas transmisi, hampir dipastikan argonya bermasalah
  8.  usahakan pisahkan uang gede dengan kecil di dompet ketika naik taksi, jangan beri uang nominalnya gede.. usahakan kasih uang kecil terus atau  uang pas.
  9.  untuk taksi yg suka muter2in, coba perkirakan jalan yg akan dilalui kalau mau naik taksi dan bilang tujuannya dgn menggunakan jalur lewat apa, sebisa mungkin dgn bahasa turki fasih agar taksicinya mengira kita sudah paham betul tujuan..
  10. jangan lupa minta turunkan di tempat terang atau minta nyalakan lampu..

kalau saya, untuk daerah wisata, anti Taksi:) kalaupun pesen taksi mending langsung ke no pangkalannya, kalau pesen di tempat resmi, insha alloh aman terjamin, yang nge-tem ngetem ini kadang suka jaaaahaaatttt.
Baca juga: yalova-wisata-alternatif-di-dekat-istanbul

Untuk tips hemat budget selama traveling di İstanbul

membeli İstanbul kart rasanya pilihan tepat.
Kartu ini bisa dibeli di toko toko khusus yang menyediakan, biasanya banyak di daerah wisata, mesin  untuk isi ulangnya pun mudah ditemui, jika mendarat dari Attaturk airport bisa nyari di kios atau mesin tiket sebelum pintu masuk stasiun metro subway, harga  beli 10 lira, harga kartu 6 lira dan terisi saldo 4 lira. Kartu ini rasanya bisa dikatakan kartu ‘sakti’ untuk traveling di İstanbul demi hemat pengeluaran (Daripada kena scam taksi) orang turki biasanya nyebutnya: Akbil.
Untuk isi ulang ada bilematik atau mesin khususnya biasa tersedia di stasiun metro atau tramvay, petunjuk pengisiannya juga cukup mudah. Kartu ini bisa digunakan untuk segala jenis kendaraan umum mulai dari metro bus, MRT, tramvay, İDO (ferry) kecuali untuk taksi dan dolmus (minibus )semacam angkot di Turki.
Bingung dengan jadwal kendaraan dan segala jurusan bis nya, kamu bisa download app MOBİİETT di playstore atau bisa cek web nya d iett
semua jadwal bis  terpantau dari websitenya, per menit keberangkatan,bahkan lokasi si bis menuju halte manapun bakal terpantau.
untuk per sekali klik kartu ini. 2.60 lira, harga utuk transfer 1.85 lira. diskon ongkos kendaraan biasa berlaku di hari raya idul fitri dan idul adha.
baca ini: lokasi makam guru al fatih
Tambahan: İstanbul kart ini ada beberapa jenis, untuk turis maupun warga biasa dibedakan kartunya dengan pelajar, pensiunan, guru,veteran maupun orang-orang yang diperlakukan khusus seperti keluarga korban dari tentara yang gugur, mereka menggunakan sosial card, istanbul kart yang disubsidi pemerintah. Bedanya?  ongkos sekali jalan jauh lebih murah dibanding istanbul kart biasa, proses pengajuan nya pun harus melalui belediye-pemerintah lokal- ada loket khusus untuk mengurus istanbul kart khusus ini- kebetulan suami saya juga punya- walau dia kuliah jarak jauh yang tidak datang langsung ke kampus, dia tetap berhak memiliki istanbul kart khusus, statusnya tetap dianggap pelajar biasa.
Memiliki Kartu sakti ini selama traveling di istanbul jadi solusi hemat budget daripada takut kena scam, dan kabar buruknya yang terbiasa memakai uber atau layanan online taksi, sekarang Uber dilarang beroperasi di İstanbul (so sad)

foto credit:http:www.kartal24.com

Jadi begitu sampai istanbul langsung beli istanbul kart, isi uang nya lewat mesin khusus (bilematik) download app mobieitt atau buka iett website nya, tenang aja tersedia dalam bahasa inggris juga kok. Traveling hemat budget menjelajah istanbul.