Sebagai Pecinta sayuran, toge menjadi salah satu list sayuran favorit saya, kaya manfaat, seperti meningkatkan sistem imun tubuh, apalagi sekarang sedang ada wabah corona, perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai penjaga imun tubuh, dan toge juga jangan disepelekan loh. Sekarang di Turki juga mulai trend menyukai toge–memiliki nama lokal: soya filizi- waktu saya posting hasil panen toge, tiba-tiba keponakan DM, minta toge:D buat dia diet. Jadi ternyata Toge masuk menu salad diet untuk menurunkan berat badan. Tapi makannya dibarengi sayuran segar ya bukan dimasukkan ke kuah soto yang full daging, jeroan, tetelah..aih sama aja bohong. Baiklah, berdasar eksperimen di Dapurpanda, beberapa kali menanam toge dengan metode ini selalu sukses tumbuh panjang langsing..yeahhh, dan kepalanya ga besar:D mirip ala toge panjang korea. yang di makan kim jong un gitu, tanya aja sama dia pasti tau Toge:D—-belum nanya langsung ditembak berabe-.-‘

Tipsnya apa, supaya menghasilkan toge yang segar dan panjang.

Teh celup dan kapas

Photo by Drew Taylor on Unsplash

Teh celup dan kapas saya jadikan media alas untuk kacang ijo, sebelumnya saya melihat video dari saluran Taste & Made, tentang manfaat teh celup untuk media tanam, di video tersebut menanam biji-bijian diatas teh celup yang dibuka kemasanya kemudian biji tersebut tumbuh tunas dengan cepat, lalu saya ujicoba dengan kacang ijo.

Setelah direndam dari semalam, saya taruh kacang ijo diatas saringan yang dialasi kapans dan kemudian tebaran sisa teh, baru disebar kacang hijaunya. Untuk penyiraman saya lakukan lebih sering antara 3 sampai 5 jam sekali, tapi juga sempat ditinggal seharian. ditutup dengan kain kemudian ditambah plastik hitam, intinya ya biar ga kena sinar matahari, karena kacang ijo itu pemalu–lhhh apa pula.

Ssaya membutuhkan waktu 6 harian dengan hasil toge yang sempurna, panjang-panjang dan bersihkannya juga tidak terlalu sulit, karena ‘helm’ ijonya mudah terkelupas.

Toge siap panen

Karena memakai saringan yang lubangnya kecil, seperti saringan untuk santan, membersihkan akarnya cukup mudah, tinggal saya gunting atau bersihkan pakai pisau dibawa saringannya.

Lalu togenya saya buat apa? dilalap segar enak loh dikasih sambal , kadang ya buat campuran bakso atau sayur tumisan. Saya kan dulu timwarteg di kantor, setiap makan siap selalu pesan sayur toge–ngirit tapi sehat:) Begitulah tips dari Dapurpanda, rahasianya togenya ajak nge-cay dulu pakai teh celup:)