Nama adalah doa, begitulah kira-kira, makin panjang namanya, makin panjang doa nya?apalagi kalau makna nya bagus, kutipan dari bahasa arab, persia,romawi,sansekerta, makin banyak pilihan.
Apalagi sekarang nyari nama itu lebih gampang juga tinggal klik google,lalu keluarlah banyak artikel tentang nama nama bayi,versi perempuan atau laki-laki,arab atau modern. Arti nama anak yang unik dan bagus-bagus
Saya dan suami juga ngalamin awal awal kesulitan untuk memberi nama anak-anak,kesepakatan kami berdua, kalau suami memilih first name, berarti bagian saya middle name, surname sudah pasti surname baba nya otomatis.
Untuk anak pertama, saya first name, baba nya nyari untuk middle name, anak ke-2, baba first name saya middle name. Jadi lah nama ke dua anak kami gabungan nama Turki dan indonesia yang familiar. Nama indonesia nya serapan dari bahasa arab juga tapi mudah di ucap dan nama Turki nya nama klasik, untuk anak ke-2 ada ejaan turki ü berhubung diindonesia alphabet ini tidak ada jadi diganti u biasa untuk dokumen dokumen dwiwarganegara nya. Yang penting point kami: first name-middle-surname.

Berikut Tips memberi nama anak yang baik:

  • Nama unik tapi jangan panjang-panjang                                                               Nah kebayang ga sih kalau nama anak nya bisa sampe lima kata, makan kolom sendiri, kebayang ga sih kalau dia sekolah,ujian harus ngisi kolom nama panjang, bulet-buletin hurufnya?
  • Pakailah alphabet yang mudah dibaca. Saking kreatifnya, zaman sekarang banyak orangtua khususnya di indonesia memberi nama anaknya unik misal serapan dari bahasa asing yang tulisannya sulit dibaca, seunik-uniknya kadang orang indonesia sulit ngucapin ujung ujungnya di panggil udin, eneng, caca, wawa, yang paling parah lagi yang dipanggil nama bapaknya hehe.
  • Jika tidak ada keluarga atau marga, tambah nama bapaknya. Umumnya di indonesia nama keluarga itu termasuk jarang,hanya ada di beberapa suku tertentu seperti batak misalnya dengan marga-marganya dan beberapa suku lain, saya orang sunda tidak punya marga, nama bapak pun tidak dimasukan ke nama saya secara resmi, dan nama saya pasaran di indonesia. Thn 2001 saya ikut spmb dulu umptn, awalnya girang ada nama saya tertulis tapi pas lihat nomer ujiannya bukan nomer saya, beda 2 nomer dengan saya, ini termasuk sakit ga berdarah, gara gara nama sama, jadi GR duluan.
  • Nama bapak atau marga untuk isi kolom surname. Ini masalah yang sering di hadapi WNI diluar negeri yang tidak ber surname, nama saya simpel 1 kata saja, urus ikamet *resident permit untuk isi kolom surname karena wajib, akhirnya nama saya di ulang 2x, karena data ikamet mengacu pada pasport, untuk menambah nama keluarga suami secara resmi bukan perkara mudah,karena kami beda warga negara,ada prosedur hukum lewat pengadilan yang dijalani. Kecuali saya pindah kewarganegaraan.

Kesulitan -kesulitan apa dengan nama yang unik dan panjang?

Selain point di atas, ngisi kolom yang susah. Si anak dibuat repot dengan nama panjangnya, kasus beberapa teman kenalan saya harus urus surat pemisahan nama ke konsulat RI di sini karena pihak pemerintah Turki mempermasalahkan dgn tidak ada surname atau kepanjangan lalu nama tengahnya disingkat beberapa huruf saja. Memberi nama unik sah sah saja tapi pikirkan juga si anak di masa depan, agar dia tidak malu memakai nama sendiri, nama:Tuhan, adalagi tetangga guru tsanawiyah saya cerita, saking pengen keliatan unik rada modern,barat. Anaknya diberi nama: happy birthday:) kalau nasip si anak bagus terus kuliah di negara berbahasa inggris, bisa dijadikan lelucon atau materi bullying teman temannya. Jangan sampai si anak malu sendiri lalu minta ganti nama.
Cukup dengan patokan= nama depan, nama tengah, namabelakang (nama keluarga atau beri nama depan bapaknya sbg pengganti keluarga)
manfaatnya biar kalau suatu saat anaknya kuliah di luar negeri atau hidup di luar negeri, ga kesusahan urus dokumen, beli tiket pesawat. Terakhir pengalaman saya beli tiket online di website salah satu maskapai, karena beli tiket dewasa atas nama saya, sedang 2 anak saya memakai surname baba nya, apply tiket untuk infant ada sedikit masalah, pas check in ada perubahan nama lagi, karena problem saya yang tidak ber surname sama dengan ke 2 anak saya.
Baca:anak cerdas
Nama adalah doa dari orangtua,tapi jangan sampai menyandang nama tersebut si anak dibuat susah dimasa depan:) pikirkan baik baik selain urusan memberikan nama cantik,penuh makna, unik, sama urusan administrasi segala dokumen dia kelak.
Ok segini dulu, semoga bermanfaat.