Moment Bulan suci Ramadan selalu ada ritual buka puasa bersama, baik bareng teman maupun keluarga, buka puasa bersama sering dijadikan ajang silaturahmi maupun reuni. Banyak undangan berbuka puasa datang, nah terutama jika undangan ini datang dari teman semisal di Grup WA, beberapa hari lalu saya baca cerita dari twitter tentang kisah memilukan, ada dua orang menunggu teman-temannya datang ketika acara buka puasa bersama di sebuah restoran, makanan sudah dipesan, meja sudah di reservasi. Namun tidak ada yang datang sama sekali kecuali dua orang tersebut, mereka sibuk telpon teman-temannya yang batal hadir, padahal tempat dan hidangan sudah dipesan dalam jumlah banyak. Restoran sudah pasti rugi, dua orang tersebut harus nombok bayar ke restoran, karena menu yang sudah terlanjur dipesan. Nah biar ga mengalami kejadian yang sama, ada tips khusus biar acar buka puasa bersama berjalan lancar dan sang inisiator tidak rugi harus nombok banyak.

Buka puasa pilih di Food Court

Buat saya pilihan buka puasa di Food court sebuah Mall adalah cara yang paling aman daripada harus reservasi restoran, teman yang datang pertama, nge-tag meja lalu laporan via grup WA untuk lokasi di meja nomer berapa.

bukber bareng teman di food court pasaraya grande

Pesan menu sesuai selera

Keuntungannya buka puasa di Food court, menu bebas milih masing-masing, disesuaikan budget, sisanya kadang kita sharing di meja bersama, untuk mengantisipasi antrian ketika pesan makanan, usahakan kumpul lebih awal untuk pesan makanan terlebih dahulu.

Reservasi restoran harus ada DP dan perjanjian

Jika ingin berbuka puasa di restoran, Nah biar ga rugi, usahakan teman-teman yang akan hadir untuk memberikan uang DP terlebih dahulu kepada inisiator-panitia bukber nya, agara kejadian seperti dua orang diatas tidak dialami dan harus nombok kerugian.

Buka puasa bersama di Masjid

Buka puasa bersama tidak juga harus dalam kemewahan, menu mahal, tempat spesial di masjid-masjid juga lebih terasa kebersamaannya, apalagi kelebihan buka puasa bersama di masjid, insha allah kita tidak akan lalai untuk menunaikan solat maghrib sekalian tarawih bersama, hal ini sering saya lakukan bersama teman-teman setiap pulang kantor, janjian buka puasa bersama di masjid, kadang kita bawa menu buka puasa masing-masing, ikut buka puasa bersama yang diadakan masjid, kemudian lanjut makan bersama dengan saling berbagi bekal buka puasa yang kita bawa masing-masing.

BACA: Bukber keluargapanda sukanya dimana?

Nah beberapa tips di atas sering saya praktekan dari dulu, kalau sekarang lebih sering buka puasa di rumah. Alhamdulilah tidak pernah mengalami kejadian harus nombokin teman, dan biasanya semua teman berinisiatif untuk hadir ke acara.