Sepertinya ini tips menyesatkan, ehm baiklah, terutama buat tim rebahan, yang kadang lebih suka atau emang kepaksa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, supaya bisa betah bagaimana? Apalagi dari seseorang yang tadinya hobby ‘ngukur’ jalan lalu ketika menikah lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, traveling hanya sebatas angan nunggu ada yang ngajak, mau pergi sendiri? terbentur izin dan bakti ke suami (ceileee istri solekha..sarkas-.-‘) Apalagi ternyata ketika tinggal di Luar negeri, ga bisa tiap hari jalan-jalan buat nyicil foto feed İnstagram —(mbaknya curhat loh ini) Semisal minggu ini ke kapodakya, minggu depan ke Antalya, Bodrum, Trabzon, pokoknya acara padat ngalah-ngalahin kerjaannya Tour Guide. —Suami POV — Woeyyy sadar woey..itu Fatura bulan ini naik lagi cinta! Ah pait. Di rumah aja ngapain? Ga maju maju hidup lo..eits tunggu dulu, dikira orang yang di rumah terus, kuper? Beberapa aktifitas di bawah ini bisa membuktikan, orang rumahan bukan berarti kurang gaul, kurang upgrade:

Baca:

Menu sarapan favorit keluarga

Perjuangan pergi ke Kota

Tips memilih harga kamar set minimalis

Aktifitas apa saja yang bisa membuat betah di rumah tapi berkualitas?

  • Belajar masak, belajar eksperimen apapun di dapur, mulai bikin bakso, kue,gorengan, rajin cek resep di İnternet, pokoknya ningkatin skill siapa tahu bisa ikutan ajang master cheff (duileee)
  • Buka buku, cari bacaan, jujur ya rebahan sambil baca terus ditambah cemilan itu syurga banget. Waduh kalau tinggal di Luar negeri, nyari buku bahasa İndonesia susah dan mahal, karena harus titip dari tanah air, ya mbambang…apa gunanya wifie kenceng di rumah, bisa download E-books, mau beli juga bisa, atau mau baca gratisan, download app Wattpad, cari aja bacaan yang bagus, pasti nemu. Lanjut rebahan, mau baca komik? bisa buka line webtoon, zinmanga dan sejenisnya.
  • Buat Blog atau Vlog, ya tapi kan jarang ke luar rumah? eh ide itu bisa datang dari mana aja, semacam hasil meningkatkan skill belajar masak, bisa loh itu jadi konten.
  • Belajar Menulis, Sekarang banyak loh İbu rumah tangga berprofesi menjadi penulis, memanfaatkan waktu luang di rumah.
  • Remote job, İni bisa dilakukan dimana aja salah satunya di rumah, kerjanya ga perlu kan dandan rapih semacam masuk kantor. Mungkin masih bisa disambi rebahan, pake piyama, daster aja ga masalah toh, ngirit pengeluaran buat beli baju kerja. Di rumah tapi tetap bisa menghasilkan duit. itung itung buat modal beli skincare sendiri.
  • Jualan Online, ya ini juga profesi yang banyak dilakukan beberapa teman saya di Turki, disela ngurus rumah, mencari kesibukan jualan online, tidak tiap hari juga mereka ke luar, hanya untuk belanja, selebihnya urusan transaksi dilakukan di rumah, bisa sambil momong anak.
  • Tambah-tambah urusan ibadah :Karena waktu lebih banyak di rumah, sebagai muslimah bisa untuk merutinkan Solat sunnah Dhuha, target baca alquran, hafalan surat surat alquran. Biar waktu ga terbuang sia-sia daripada melipir ke tetangga buat ngerumpi.yeeekann..nabung pahala bukan nabung dosa, gaul sesekali aja.
  • Belajar Bahasa : Nah buat nambah-nambah kemampuan berbahasa asing, selain bahasa Turki, banyak cara: mulai dari baca buku, nonton film, saya membiasakan diri menonton film,drama dengan subtitled bhs inggris, atau film Turki dengan sub english, lebih nekad nonton drama korea subtitled Turki, alhasil selesai nonton tiba tiba kepala rasanya berat heheh.
  • Buka video: mau dengar ceramah ustaz, atau cari video hiburan. Nonton drama, kemudian hasilnya bisa buat satu postingan Blog? (kok kayak nyeritain diri sendiri ya)
  • Bisa joget joget sepuasnya kayak cacing kepanasan di depan TV, daripada di ruang publik.
  • Meningkatkan hobby : bercocok tanam, menyulam, melukis, banyak hal bisa dilakukan di rumah, siapa tahu dari sekadar hobby tetap ujungnya menghasilkan uang..ehmm

Jadi menurut saya pribadi, ga ada alasan di rumah ga membuat betah, selagi teritorial sendiri, kecuali: masih tinggal sama Mertua..Wah ini, banyak tips diatas bisa berantakan kecuali tips pertama: belajar masak. Tapi selagi fasilitas rumah lengkap: Ada wifi kenceng, langganan Netflik, punya daftar Buku bacaan, anak-anak ada yang bantu ngurus, Bisa loh bikin betah…, keluar kalau ada perlu aja. Tips ini ampuh sekali apalagi tinggal di negara empat musim, dimana ketika masuk musim dingin, rumah itu tempat ternyaman, karena hangat. Dan waktu akan lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Meski di rumah terus, tetap bisa memanfaatkan waktu berkualitas, selain urusan rumah tangga, hubungan sama suami, mendidik anak, sebagai ibu rumah tangga tetap bisa meningkatkan kualitas diri. Ada yang mau nambahin?