İstilah teman toxic belakangan ini menjadi populer, kata ‘toxic= Racun, digambarkan sebagai kata negatif untuk seorang yang menjalani hubungan pertemanan hanya mau diuntungkan sendiri atau membawa pengaruh buruk. Apalagi biasanya teman jenis ini tidak bisa dipercaya, bisa saja dia nusuk dari belakang. Hanya mau didengarkan tau ga mau mendengarkan. Bagaimana caranya keluar dari pertemanan toxic?

Tegas

Kalau kamu tidak mau terus menerus menjadi ‘korban’ yang dimanfaatkan teman semacam ini, harus mulai berani tegas, tegaskan batasan,apa yang kamu tidak suka dan sukai.

Tidak takut ditinggalkan

Ketika kamu berusaha untuk keluar dari lingkaran pertemanan toxic, jangan ragu untuk meninggalkan, memiliki teman sedikit tapi berkualitas itu lebih baik, dibanding segerombolan orang yang mengaku teman tapi bawa pengaruh negatif.

Puasa Sosmed

Ketika si teman toxic mulai menyebar fitnah tentang kamu, membuat status sindiran di akun sosial medianya, tahan. abaikan, jika kamu melakukan hal sama menyerang balik, itu tandanya kamu se-level dengannya.

Jauhi pelan-pelan

Jika selama ini selalu bergantungan dengan teman-teman toxic mu, mulai ambil sikap, jauhi pelan-pelan, ketika mereka mulai merasa perubahan dari kamu, jelaskan dengan baik, jika tetap tidak menerima keputusan kamu. Tinggalkan.

Pertemanan Positif atau negatif akan banyak berpengaruh dengan kehidupan kita sendiri, ada teman yang hobbynya nyinyir, ngeluh sana sini, dikasih masukan, tapi ga terima. Diam saja bukan solusi, hapus pertemanan, semisal ini teman kenal di dunia maya. Punya sikap, memberi batasan, tidak mudah dikendalikan. Lambat laut jenis teman toxic ini akan terseleksi alam, asal kita punya ketegasan bersikap. Tidak takut untuk meninggalkannya, jika jalan memberi saran, masukan tidak dia anggap.