”Emang boleh ya selfie? Tahanan di jadikan latar selfi seorang petugas sipir di indonesia” Suami menunjukan foto tersebut dari İnstagram. ” kurang tahu? boleh mungkin? saya ga bisa juga menjawab karena bukan wilayah pengetahuan saya tentang aturan di indonesia”.

Dulu saya pernah cerita tentang ketidaksukaan nya orang Turki untuk eksis di foto, kalaupun mau difoto, ambil foto adabnya ya izin dulu sama orangnya. Begitupun yang saya lihat dari budaya orang korea, beberapa aktor atau aktris k-drama saya follow akunnya, mereka menghargai privasi orang, semisal sedang selfie di luar ruangan, ga sengaja ada foto orang asing yang jadi latar, wajah orang tersebut di tutupi dengan stiker.

Apalagi untuk selfie dengan orang yang sedang menjalani hukuman dan di upload diakun pribadinya, Jangankan selfie dengan tahanan, setiap hari saya intip dari jendela kamar, karena langsung bertetangga gedung dengan tempat kerja suami, saya bebas melihat aktivitas mereka, tapi suami sudah memperingatkan untuk tidak pernah mengambil foto.

Menulis tentang selfie- jadi ingat kasus akhir tahun lalu, dimana foto selfie di tengah musibah jadi viral. Mengutip dari doktersehat.com Ada 4 bahaya psikologi dari hobby selfie:

  1. Gangguan penyakit mental
  2. Krisis kepercayaan diri
  3. kepribadian narsis
  4. Kecanduan

Selfie ditengah bencana, alasan klasik, sebagai bukti hadir di lokasi bencana, kasih bantuan. Tergantung niat? kalau untuk pamer, kalau bisa ga usah selfie (kutipan dari ibu ibu yang kepergok selfie di tengah bencana -dr berita the guardian).

 Menurut saya pribadi, ada dari salah satu point 4 diatas. Ditengah bencana selfienya menyunggingkan senyum:) Lalu bagaimana dengan mas-mas yang selfie berlatar tahanan, mungkin butuh pengakuan, kalau dia kerja? Entah lah kalau kata si ibu-ibu yang selfie di tengah bencana: semua tergantung niat, yaa kali niat selfie.

Karena menurut suami: itu ga pantas dilakukan kalau memang dia abdi negara? Memanusiakan manusia kah? sabar mas beda negara, beda aturan, ujungnya dia bilang: kalau dia petugas lapas Turki, karirnya tamat. ih Turki mah suka sensi..:D. Mungkin ujungnya keluar berita dramatis gini: akibat berselfie seorang pria kehilangan pekerjaannya. Serem kan. Ya karena ada aturan aturan yang disepakati dalam lingkungan kerja, Salah satunya larangan menggunakan HP selama bekerja, biasanya semua petugas akan memasukan hp ke loker khusus. Jadi selama bertugas fokus dengan pekerjaannya, Hp boleh dipakai ketika jam istirahat dan pulang. Begitulah mungkin karena suami saya agak ‘takjub’ melihat foto tersebut, dan bertanya : Kok bisa disana ? Buat teman-teman yang ngerti bisa bantu jawab deh nanti saya sampaikan ke babanya fatih:D