Categories
Family

Cerita 3 minggu di rumah Mertua

Mudik hari raya di Turki juga menjadi ajang silaturahmi keluarga, bedanya hari raya idul adha disini diberikan libur nasional lebih lama dibanding hari raya idul fitri, libur panjang jadi ajang mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman masing-masing.  Tahun ini kami sekeluarga mudik sekitar 3 minggu, biasanya 1 minggu cukup. Untuk suami mudik ke […]

Categories
dunia mix marriage

İzin tinggal di Turki

Pindah ke Turki terutama  menjadi salah satu pilihan bagi saya ketika memutuskan menikah dengan suami. Waktu itu tahun 2011, Untuk menetap di Turki dan mengurus İzin tinggal di Turki, bukan perihal sulit. Mengurus ikamet cukup datang ke kantor pusat kepolisian di tiap daerah. Suami yang belum memiliki pekerjaan tetap apalagi asuransi, tetap bukan perkaya sulit […]

Categories
dunia mix marriage

Pesta pernikahan dengan tradisi Turki seperti apa?

Kultur di Turki, ga semuanya sama, tiap daerah menunjukan kekayaannya dan keunikannya tersendiri, sama lah kayak di indonesia, termasuk urusan pesta pernikahan, walau baju pengantinnya: gelinlikmodel baju penganten yang udah ngikutin style eropa Turki  ada yang namanya kına gecesı (malam kına-memakai hena) -mirip dengan adat timur tengah atau salah satu kultur daerah di indonesia, cuma […]

Categories
dunia mix marriage Turkey

Cerita dari pedesaan Turki part 2

Tinggal pertama kali di Turki dan di pedesaan pula (walau bayanginnya di İstanbul deket masjid biru gitu hehe) Ok lah terima nasib saja dulu dan nikmatin segala moment, karena sekecil apapun pengalaman itu berharga, kehidupanberputar terus dari yang awalnya tinggal di desa, ga ada warung bakso (ngarep amat mba:) saya banyak belajar selama di desa, […]

Categories
dunia mix marriage Family Turkey

Cerita dari Pedesaan Turki part 1

Suami saya lahir di kota kecil Provinsi corum, daerah Turki tengah, Corum 3 jam dari ibukota Turki Ankara, berdekatan dengan kayseri, samsun dan Amasya. Untuk sebagian besar orang Turki mengenal orang Corum identik dengan orang-orang yang suka sekali dengan komedi, karakter orang corum memang suka sekali berkelakar. Ya tapi ga semua juga orang Corum berprofesi […]

Categories
dunia mix marriage Family

Tip-Tips ngadepin mertua

  Ya ga orang Turki atau orang manapun selalu punya cerita tersendiri ketika ditanya : mertua nya gimana? Banyak cerita ‘horor’ tentang hubungan mertua-menantu dimana-mana, apalagi di Turki, momok yang bikin deg-degan jika punya ibu mertua. Emang semenakutkan apa mertua turki? tenang ko mereka buka ‘valak’ Saya sering cerita atau banyak teman yang pernah cerita […]

Categories
dunia mix marriage kisah inspirasi

4 alasan menikah

Setiap orang memiliki alasan, kapan tepatnya dia mau memutuskan menikah.  saya pernah baca-baca berbagai alasan ingin menikah cepat, salah satunya karena desakan keluarga! wah ini problem umum ya sepertinya. Walau banyak kampanye tentang menikah muda, demi hindarin maksiat! bagus sih tapi inget juga ada pilihan lain, kalau belum siap nikah takut maksiat ada: puasa! solusi […]

Categories
dokumen dunia mix marriage

Prosedur urus mufakat name

*mufakatname: surat persetujuan(kesepakatan) di depan notaris antara kedua belah pihak. İni pengalaman saya hari ini, yang bolak balik ke 3 kantor notaris:D Ngapain sih saya bikin mufakatname? —Karena anak saya campuran, sayabutuh surat dari notaris untuk mengajukan pasport indonesia buat si bayi. Ya karena prosedur yang di keluarin KBRİ maupun KJRİ di Turki, salah satunya […]

Categories
dunia mix marriage

Awal cerita kami

Saya ? salah satu orang yang dipertemukan jodoh lewat dunia maya. Niat banget gitu nyari jodoh di internet? , diantara banyaknya scammer, pria-pria yang online cuma buat  menuhin ‘hasrat’ dan fantasinya. Niat banget ya engga, saya termasuk realistis ko, kalau bisa ketemu tanpa perantara dunia maya, lebih bagus lagi. Fokus awal tetap: nyari jodoh sholeh, […]

Categories
dunia mix marriage Family kulineran

Bukber keluarga di Restoran pemerintah

Zaman sekarang acara buka puasa jadi ajang silaturahmi , reuni atau sekadar kumpul kumpul teman dekat, bisa juga jadi moment untuk kumpul keluarga, biasanya kalau hari biasa sulit sekali untuk berkumpul, moment ramadhan ngadain acara buka puasa atau bukber bareng menjadi sarana untuk menghangatkan ikatan pertemanan atau persaudaraan. Lalu bagaimana dengan keluarga ala Turki? Oh […]