Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, Segala amal ibadah dijanjikan pahala berlipat-lipat, berlomba-lomba dalam kebaikan. Memaksimalkan setiap moment bulan suci ini dengan baik. Banyak amalan puasa yang bisa kita terapkan selama Ramadan: Mulai dari Puasa, solat Tarawih, sedekah, dan memperbanyak baca alquran. Apalagi di Bulan Ramadan tanggal 17, diperingati sebagai Nuzulul Quran, tanggal dimana kitab suci umat islam di Turunkan secara keseluruhan.

Bulan Ramadan selalu identik dengan Bulan Alquran, Banyak umat muslim selama Ramadan memaksimalkan sekali untuk meluangkan waktu bertadarus, mentadaburi ayat ayat suci alquran.

Selain membaca ayat ayat suci Alquran setiap hari, pernah terpikir untuk mencoba menghafal surah-surah panjang dalam Alquran?- Rasanya sebagai orang awam, pesimis duluan, Apa mungkin bisa? saya bukan Hafidzah? saya Yakin! setiap orang diberikan kemampuan untuk menghafal.

Nah Triknya bagaimana agar selama bulan puasa atau di bulan lainnya, bisa menambah hafalan surat alquran, biar kalau solat tidak seputar: Al ikhlas, al alaq, an nash, al kautsar, Beberaapa tips dan trik yang bisa diterapkan:

  1. Rutin untuk mendengarkan Murotal alquran: misal al waqiah, ar rahman, al mulk, yasin. Setiap hari. Dan kurangi mendengarkan musik. Murotal bisa diputar lewat HP, ketika sedang beraktifitas: memasak atau menulis blog,sedang santai, ketika di kendaraan. Perdengarkan terus, agar kuping terbiasa dengan lantunan ayat suci. Alam bawah sadar, otak kita akan otomatis merekam, mengikuti nada, sekalian belajar melantunkan dengan benar (qori favorit saya: syeikh Mishary al afasy)
  2. Usahakan setiap selesai solat, baca berulang-ulang 5 ayat: surat mana yang ingin bisa dihafal, konsisten. Setelah dirasa hafal 5 ayat pertama, tambah lagi per ayat, ulang terus, baca kembali dari awal.
  3. Beri waktu khusus: sebelum beraktifitas lainnya, membaca keseluruhan, mengulang kembali hafalan.
  4. tandai beberapa kata dalam satu ayat alquran sebagai ‘kata kunci’ semisal dalam surah al mulk ayat 16 dan 17 : A amintum man fissamai…ay yaksifa .… lalu di ayat 17: A amintum man fisamai ay yursila.. dua ayat dengan awal bacaan sama di tengah berbeda: saya mengingatnya dengan kode: 16: sifa ayat 17: sila.
  5. İstiqomah–iya ini memang berat–tapi apa salahnya dicoba, meyakinkan diri sendiri, ketika semangat mengendur, selain membaca, mencoba menambah hafalan-hafalan selain juz amma. Hidup dengan Al quran, membiasakan diri mendengar lantunan ayat suci.

Target Tadarus dan menambah hafalan surah-surah alquran, syukur-syukur semakin istiqomah lama kelamaan hafalan bertambah, bertemu dengan komunitas Pendukung. Semoga Allah İzinkan kita menjadi salah satu penjaga Alquran dengan dikuatkannya Hafalan. İnsha Allah.

Tips di atas murni untuk berbagi di bulan yang penuh Rahmat ini, saya ‘belum’ menjadi seorang Hafidzah, Masih jauh dari kesempurnaan, Masih jauh dari golongan muslimah terpilih, tapi semoga dan semoga, Allah sang pembolak-balik hati,Mengizinkan kita untuk menghafal kalam kalam sucinya jika tidak sanggup 30 juz, 1 juz saja,jika tak mampu 1 juz, beberapa surat saja. Karena Alquran yang akan menemani kita di alam kubur nantinya. Salam