suka duka ngeBlog dotcom

Awal tahun 2018 saya memang mulai terpikir mau fokus ngurusin blog, udah sampai nulis salah satu resolusi 2018 saya mau punya blog dengan domain dan hosting memakai dotcom.
Mulai lah rajin googling, blogwalking mulai banyak baca dan cari tahu kenapa harus ngeblog dengan paltform berbayar.
Lalu main main juga ke blog nya ka nella emaknya benjamin,disitu saya  mulai banyak pencerahan.
Ngobrol sama suami tentang keinginan saya ini, banyak diskusi, dan kita ya baru ingat kalau keponakan bekerja menjadi tenaga İT di salah satu perusahaan kosmetik MLM yang terkenal itu, fokusnya dia juga ngurusin website.Lewat si keponakan ini lah keinginan itu terwujud.
Karena serba pertama kali, saya juga belum tahu bagaimana prosedur sewa hosting sama perusahaan penyedia jasa webhost, beberapa blog banyak mereview webhosting yang di indonesia, tapi saya ragu juga bagaimana urusan transaksi pembayaran, rekening indonesia saya nol, mau minta tolong kakak juga ga enak, terlalu sering direpotin.
direkomendasikan pakai jasa webhost lokal, pilihan jatuh pada Natro, review nya lumayan , paket yang dipilih pun sınırsız-unlimited- asli saya masih blank tentang hal-hal berbau İT, mulai dari beli domain, webhost sampai beli theme pun diurus keponakan ini, karena waktu itu dirusuhin dua anak, ga fokus dengerin penjelasan dia, si keponakan malah pakai akun emailnya suami-.- dia pikir saya mau mulai dari nol jadi akun blog hosgoru di delete aja, tapi karena baca-baca pengalaman yang sudah migrasi dari blog wordpress ke selfhosted blog, banyak yang menyarankan di private saja.
Saya pilih opsi private blog (jadi wahai para pembaca lama blog keluargapanda di alamat hosgoru. wordpress.cm please jangan buka-buka blog lama saya karena udah saya private, laporan yang mau akses blog lama selalu muncul di notif saya)

Pertanyaannya, kenapa saya ga pakai domain yang sama yaitu: hosgoru (domain blog wordpress saya) karena domain hosgoru di Turki sudah berpemilik, dan nama keluargapanda masih free, jadi saya putuskan saja dengan nama keluargapanda untuk blog selfhosted saya (buat yang belum tahu, nama keluargapanda saya pakai waktu nge blog di multiply ) dan nama ini juga identik dengan blog saya yang lama, sampai teman yang awalnya nyari informasi tentang Turki  nyasar di blog, nyimpan nama kontak saya: Rahma panda:D tiba-tiba surname berubah.

Ok balik lagi cerita suka duka dan saat ini lagi banyak duka nya?
Duka pertama dimulai dari: akun email
kesalahan awal karena beda email dengan akun wordpress saya, dan ga mau ribet juga kalau make email suami, selain dia emailnya berbahasa turki dan email yang menghubungkan sama akun bank nya, duh saya mau cari aman saja.
Ternyata ganti akun email di profile blog selfhosted, ga mudah:( duh sampai keriting ga confirm , ga terapprove, nyerah juga. lalu pas keponakan lagi pulang ke rumah baba nya (kakak ipar saya) minta tolong sama dia, dan prosesnya ternyata rumit dimata saya, harus ngoprek cpanel, cek di history browser dan alhamdulilah email bisa diganti.
Duka ke-2: jetpack
Pertama gagal update, karena waktu itu koneksi internet lagi down, berakhir dengan si jetpack yang menghilang di dashboard tapi folder di cpanel nya masih eksis.
Googling blogwalking lalu ketemulah cara nya
Duka ke-3  (jetpack lagi) 🙁
Masalahnya sama update yang gagal, saya nyoba pakai cara pertama : remove folder jetpack di cpanel lalu reinstall plugin jetpack lagi, tapi gagal terus dengan catatan kalau folder jetpack sudah ada. Cek lagi ke cpanel–foldernya eksis lagi,padahal saya udah remove- begitu terus hingga akhirnya berujung saya nge WA keponakan di kantornya (aslinya ga enak banget karena dia orang yang super sibuk, pulang aja terakhir lebaran) dia bekerja di daerah perkantoran di istanbul eropa side dan tinggal didaerah sana, si keponakan ngecek laptop saya memakai software  timviewers jadi dia ngotak ngatik laptop saya dari jauh, saya cuma kasih pasword dan id masuk dari timviewers, ga berapa lama jetpack pun aktif kembali.
 saya gemas sekali dengan plugin ini, bermasalah terus dan sampai sekarang, buat teman teman yang komplain blog saya tidak bisa dikomen dari akun blog wordpress biangkerok nya ya si jetpack ini.
komen bermasalah
Setelah update-an ke dua, blog saya tidak bisa dikomentari oleh teman-teman blogger yang berplatform wordpress.com, pengecualian blogselfhosted atau akun email saja masih bisa komen, tapi teman-teman blogger dari wordpress ga bisa, itu juga saya tahu dari adhya dan dua orang lainnya, kalau ga ditulis mereka, saya malah ga tahu loh, duh terimakasih.
Drama saya dengan si jetpack ternyata belum berakhir.
Saya debug jetpack dan munculah ini:
gagal update jetpack
saya coba ikutin intruksi, cek plugin lain apa ada yang crash, ternyata semua akur-akur aja, saya coba ganti theme dulu cek lagi dan masih baik-baik saja, ada saran dari blog berbahasa inggris untuk cek discussion di dashboard ikutin intruksi nya, ga berhasil juga.
Belum berputus asa, saya masuk forum wordpress indonesia bertanya di sana, ga ada respon dan sepinya kayak kuburan-.-‘
Saya nyoba lagi bertanya ke forum wordpress.com katanya salah kamar harus di wordpress.org khusus selfhosted blog.
forum wordress.org, saya bertanya disana,sekalian copas hasil debug nya, admintnya kasih saran email ke jetpack support.
Saya juga sudah coba ikutin step by step troubleshooting jetpack, beberapa tetap belum sukses.
Saya juga email email-an sama support İT wordpress namanya  mas charlie vie wp reader, dia cek blog ini dan lagi lagi katanya si jetpack!
Ya ampun jetpack kamu tegaaa….
2x saya email jetpack support belum ada tanggapan, tegaaa…
Saya belum nyoba troubleshooting jetpack yang agak riskan karena file htacces,php,ftp sejenisnya itu ,belum punya keberanian ngotak ngatik, belajar memahami coding dan istilah istilah pemrograman saja sudah bikin kepala puyeng, masih pelan-pelan belajar, rada hati-hati kalau belum yakin.
Karena dari kemarin saya nyari solusi (lama-lama ga enak  nyusahin keponakan terus)
belum juga berhasil, buka tutorial video via youtube, blog berbahasa inggris maupun indonesia belum ada yang mencerahkan, mendung terus lah otak saya.
Ya mungkin ada ngerti tentang kasus jetpack ini, kalau  koneksi bisa ke wordpress, tapi entah di bagian mana yang bermasalahnya, karena blog ini belum bisa dikomen juga dengan akun wordpress
Jetpack  plugin all in one yang termasuk rekomendasi dari automaticc, perusahaan dibelakang wordpress,
saya juga sempat email tim azurrelo, karena mikirnya theme ini bermasalah, dan kutipan email mereka lagi-lagi tersangkanya ya jetpack juga.
Azurelo theme is using the last comment function (comment_form). It seems the issue is coming from the Jetpack configuration.
Why do you use Jetpack? Is the default theme comment form has issue? Or maybe something you want to add?
sampai terakhir saya ngetik masalah ini, solusinya belum ketemu. Jadi sekalian saya tulis diblog, berharap ada yang pernah ngalamin kasus sama dan bisa berbagi solusinya, hik pleaseee atuhhh..
saya masih di php-in dari jetpack supportnya:(
3 bulan umur blog ini masih berkutat di maintenance disambi nulis, dan masih banyak yang harus saya pelajari, beberapa waktu lalu sempat down terus servernya, bikin kecewa juga, sampai loadingnya kayak keong, cecar lah tim natro nya, baru deh tuh dibantuin, Tim İT nya terbatas yang berbahasa inggris, jadi susah curhat panjang-panjang ngeluh masalah hostingnya, setahun ini saya pantau dulu deh, tahun depan apa pindah hosting apa bertahan, saya harus tetap rajin baca review.
Suka duka, sementara ini berjuang dulu keluar dari duka-duka nge blog di selfhosted blog.
Saya belum nyerah ko..
harus semangat kan ya..–nyesak kalau semangat ngeblog nya turun karena ingat beli domain dan sewa hosting itu  bayarnya pakai duit bukan daun:)
NgeBlog pakai platform berbayar juga tantangan untuk diri sendiri, memenuhi komitmen kalau saya serius terjun di dunia blogging dengan konsekuensinya. Biar bisa konsisten belajar nulis.
İya tantangan untuk diri sendiri juga sebenarnya.
So apakabar jetpack?
..saya rehat dulu naklukin jetpack,malam ini mau nyetrika  sama nonton drama, biar otak fresh dari urusin maintenance blog yang belum kelar-kelar..
kalau ada yang bisa bantu..berterimakasih sekali,  saya doain yang jomblo enteng jodoh deh yaaaat