Menjadi single bukan kutukan kok, jadi jomlo awet sampai ketemu jodoh, why not! Dulu, punya teman yang pernah ga sengaja ketemu di jalan, penampilan sama kelakuan sedikit bertolak belakang, lalu saya tanya, ”kok pacaran? Jawabannya, Aku ga bisa hidup tanpa cowok!’ Sebentar, agak bingung sih sama pemikiran seperti ini, tapi ketemu teman model kayak gini. Memang harus sedikit tebal kuping dan pasang perisai cuek, apalagi tradisi hari raya ketika kumpul keluarga, pertanyaan menjurus ke Pasangan= kapan nikah, itu ga akan berhenti sampai lebaran kuda. Jadi kenapa harus takut dengan keputusan men’jomlo’ sampai ada yang datang ngajak ke pelaminan (maksudnya ngajak kondangan?? engga sih duduk dipelaminan gitu ya sama yang ngajak itu terus nyambut tamu yang antri, bukan among tamu kan tapi, …ya ribet intinya Nikah gitu)

Saya juga lumayan kebal kuping ketika awet menjomlo,sedang teman teman pada punya gandengan, truck kaliii. Pernah dibecandain: gak laku, pilih-pilih, ya teman macam gitu ada aja, yang baik juga banyak, sampai mau jodohin sama klien kantor 😀 Ya daripada galau gak jelas, Dulu hal apa saja yang saya kerjakan selama menjalani status single tapi tetap bahagia, ih harus banget bahagiain diri sendiri ga bergantung sama orang lain:) Beberapa tips yang saya terapkan :

  • Bergabung dengan komunitas , Wadah yang membawa energi positif dan persahabatan: Contoh, kalau punya hobby menulis bisa gabung di grup grup kepenulisan atau grup Blogger, Komunitas yang sesuai hobby. Bisa juga komunitas kajian yang menarik, misal gabung Remaja masjid seperti YİSC Al Azhar:) yang selalu full kegiatan positif pengisi akhir pekan, jadi ga galau ga ada yang ngapelin, kita yang ngapelin ilmu agama tiap weekend datang ke majlis ilmu, dapat pahala bukan nabung dosa.
: Gabung komunitas seru, nambah ilmu dan teman:) Yisc 2010
  • Lakukan apa yang kamu suka selagi bisa. Banyak Hal bisa dilakukan, Menjalani Hobby, belajar bisnis, belajar investasi saham, menyibukkan dengan sesuatu yang positif dan akan berguna dimasa depan
  • Perbanyak lah travelling. Punya uang sendiri, selain disimpan, jangan lupa kunci membahagiakan diri sendiri, terus terang saya salut lah sama jomlo jomlo traveller yang sudah bisa berkunjung ke berbagai negara dengan modal backpakeran, Belum tentu ketika sudah menikah masih bisa melakukan hobby seperti ini, ya kalau dapat pasangan sefrekuensi. Kalau dapat tipe yang ‘mager’ hobbynya pulang kerja rebahan. Diajak jalan jalan nunggu libur akhir tahun. Sabar,,sabar, mau jalan sendiri, ga dapat izin. Serba salah kan.
  • Abaikan penggambaran di Media sosial tentang Pasangan Sempurna Couplegoals ala selebgram, ingat, apa yang terlihat dalam bentuk gambar dan senyum yang lebar belum tentu realitanya seperti itu, siapa tau cuma foto endors-an semata hehehe.
  • Menjadi Lebih Mandiri, percaya akan kemampuan diri, Hal seperti ini yang dulu saya rasakan, mau pergi kemana, ga usah pake laporan ‘mandor’ hahah, ”kamu lagi dimana, sama siapa, sedang apa” wah kayak bapak sendiri saja. Banyak sih yang bisa dilakukan, nyaman dengan diri sendiri. Tidak takut dicap aneh-aneh, Sendiri bukan berarti kesepian. Masih banyak hal, Goal hidup yang bisa tercapai mumpung single, Udah berkeluarga, banyak hal yang ditunda sementara, kadang fokus terbagi-bagi. Kalau mau sukses berkarir, lakukan selagi ada bisa. Jadi Gimana ??

if you aren’t Happy being Single, you will never be Happy in a relationship, Get your own life and love it first

unknown