Categories
jalan jalan

Short Trip kota Çankiri, Menuju Gua garam berusia 5000 th

Kemarin, kami pergi ke kota cankiri jarak antara Pluto ke Cankiri sekitar 1 jam 21 menit , Berangkat dari rumah sekitar pukul 6. 30 pagi, berhubung sudah musim panas, jam 6-an langit sudah cerah, anak-anak masih setengah mengantuk, sepanjang perjalanan melanjutkan tidur. Tujuan utama ke çankiri : Tuz mağarasi / salt cave, karena penasaran dengan museum alamnya dan fosil binatang yang berada di gua garam ini, usia gua garam diperkirakan 5000 th.

Perjalanan menuju çankiri

Berangkat dari komplek lojman pagi hari, awalnya suami sedikit ragu untuk keluar komplek, ketika melihat mobil atasannya terparkir di depan Blok B dan tidak ada mobil lain yang keluar, dia bilang: “boleh keluar kota ga ya”. Prosedur harus izin resmi meski sedang dapat jatah libur, karena selama pandemi corona, jadwal kerjanya berubah terus, dan tidak diperkenankan melakukan perjalanan jauh , bikin saya mikir, bulan depan rencana ke istanbul sudah pasti gagal total, keponakan ganteng kami mau menikah,padahal udah niat mau pamerin foto weddingnya si keponakan ini di blog😬 karena dia yang bantuin blog keluargapanda dibangun. İstanbul masuk zona merah pandemi, jadi ga yakin izin ke İstanbul keluar. Jadilah jalan-jalan ke kota terdekat saja dari pluto yang bisa ditempuh pulang-pergi, mau jalan yang lebih jauh apalagi kota besar, nunggu kasus corona menurun dulu, pilihan bulan ini : çankiri city.

Perjalanan menuju salt cave/gua garam

Yang terkenal dari kota çankiri

karena adanya gua garam yang berusia 5 ribu tahun, untuk menuju lokasi gua, kami masuk ke pusat kota kemudian ambil arah menuju daerah perbukitan menempuh 19 km dari Pusat kota, jalannya seperti di foto atas. kebetulan ketika kami lewat, cukup lenggang, hanya berpapasan dengan traktor petani, banyak ladang gandum di pinggir jalan, setelah melewati jalanan panjang ini, mobil berbelok menuju arah gua, sekitar 5 kilometer dari jalan utama ini, jalan aspalnya cukup bagus, meski tidak bisa dikatakan mulus, berkelok kelok dengan jurang yang dalam, dan ketika sampai tujuan??? Jreng!! Gua nya ditutup karena restorasi, dan hanya dibuka ketika weekend saja. Duh!meminimalisir pengunjung harian.

lokasi gua yang sedang tahap restorasi membatasi pengunjung

Kecewa? Ya sudah pasti, karena perjalanan tidak mudah. Lalu kami memutuskan balik arah menuju pusat kota, tujuannya selain untuk cari makan, karena belum sempat sarapan di rumah, hanya berbekal roti poğaca yang saya buat malam sebelumnya, buat ganjal perut di jalan. Kemudian googling juga nyari informasi tempat wisata yang menarik selama di çankiri, sayangnya kebanyakan wisata alam dan sedikit sekali area wisata di pusat kota, karena daerah pegunungan, çankiri memiliki resort sky dan beberapa wisata alam lainnya, seperti danau.

Salt cave : sumber foto disini

Kota sejarah?

Çankiri diklaim sebagai kota bersejarah? Ehm tadinya saya pikir sejarah selcuk, ottoman,byzantium, Romawi atau hittit? Tapi dipusat kota, sejarah yang dimaksud adalah berkaitan dengan berdirinya Republik Turki dengan pendirinya yang terkenal itu, sayangnya saya kurang tertarik😅, toh sejarah Republiknya sudah cukup puas saya jelajahi ketika berkunjung ke Anit kabir di ibukota Ankara tahun 2015 silam, komplek makam bapak Republik Turki. Kalau sejarah Republik gini, hampir ditiap kota Turki ada sih kayaknya, udah ga bikin penasaran, lah lihat patungnya aja eksis dimana mana.

İncaran saya justru museum kotanya, yang menyimpan peninggalan masa lalu sebelum era Republik, nah sayangnya museum ini juga TUTUP, huaaaaa.

Dibuat nyasar google maps

Karena kami pertamakali datang ke kota ini, suami mengandalkan petunjuk arah google maps, banyak jalan kecil, berbelok belok. Awalnya berniat menuju çankiri kulesi, daerah tertinggi semacam bukit di pusat kota, lalu ada teras kaca, untuk melihat pemandangan seluruh kota dari ketinggian, dan sebelnya menuju kulesi ini cukup rumit, melewati komplek apartemen hingga berujung ketemu jalan buntu, nyasar diparkiran komplek apartemen yang baru dibangun..astaga😅 6 meter lagi belok kiri..belok kanan…nurut aja sama google maps eh ketemu jalan buntu…emosiiii lah tuh yang nyetir hahaha.

kota cankiri

Suasana kota yang tenang, biasanya kota-kota di Turki, jika kita memasuki pusat kota akan mudah sekali menuju Carsi–pusat perbelanjaan-keramaian, atau center kotanya, namun di Cankiri, kami kesulitan menuju Carsi, salah jalan dan ga tahu lokasi tepatnya Carsi, lagi-lagi Google maps buat kami nyasar, jalan terakhir , saya sempat bertanya ke seorang İbu yang kebetulan sedang jaga toko, kemana arah Carsi, beliau memberi petunjuk. Tapi suami sudah terlalu malas berkendara lagi, kami sempat berhenti untuk jalan -jalan di seputar area mobil parkir, langsung ngajak pulang. Tadinya saya sempat bilang, lanjut aja kastamonu, tapi suami ga mau, karena hari juga sudah siang, kalau ke kastamonu harus mencari penginapan sekalian, tidak mudah ditempuh pulang pergi, capek dijalan. İbarat Bandung-Jakarta tanpa lewat Tol. Dan kami tidak ada persiapan untuk menginap apalagi berenang di pantai, karena Kastamonu daerah di dekat laut, akan jadi nex trip keluargapanda juga, butuh persiapan maksimal.

Boleh dibilang, mengunjungi Cankiri agak sedikit mengecewakan untuk kami, 2 tujuan utama, tutup semua, lokasi wisata alam masih harus menuju arah keluar kotanya lagi. Jalan-jalan di pusat kota dibuat nyasar google maps, tidak ketemu Carsi, pilihan wisata sejarah lainnya tentang Republik Turki, kurang menarik minat saya, karena terlalu biasa:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *