Categories
jalan jalan

Roadtrip Ke İnebolu-Kastamonu

Minggu lalu, suami diajak sahabatnya ke bengkel, dia cek kondisi mobilnya karena akan melakukan roadtrip satu minggu sekeluarga, tujuan si teman ini mengunjungi 4 kota: Çankiri, Kastamonu, Sinop , Samsun. Lalu saya bilang ke suami, Bulan september ayo nge-trip juga, Biasa kami membuat agenda spesial: tripanniversary–semacam merayakan hari jadi pernikahan, karena saya tahu, Romantisnya suami ga bakal memberi sebuket bunga atau makan malam romantis layaknya pasangan yang di idealkan netijen, Buat saya: Yang penting jalan-jalan hehehe, Kenangannya lebih melekat dari sebuket bunga yang akan layu.

Tiba-tiba, hari selasa. Suami bilang: ‘ayo besok jalan!!” ” heh kemana?” . ”kita ke Kastamonu, tripanniversary!!” . What!! dadakan banget!. Kemudian dia mengatakan: September, Fatih udah mulai aktif belajar, dan cuma ada waktu akhir pekan, sedang kami selalu menghindari bepergian di akhir pekan semenjak Pandemi, menghindari keramaian. ”dimajukan saja jalan-jalannya”. Dan dengan santainya dia bilang: ” barusan udah booking penginapan’‘. Nah kebayang dong malamnya saya sibuk packing, menyiapkan pakaian untuk sekeluarga, karena benar-benar dadakan, tadinya kepikiran mau Membuat Poğaca (resep ada disini )untuk bekal di jalan, tapi udah males duluan harus ngulenin adonan roti, alhasil melirik sisa nasi di Magic com, Bikin nasi goreng saja yang praktis.

Perjalanan ke Kastamonu

Selepas subuh, langsung membangunkan anak-anak, ya kebayang ngurusin mereka pagi-pagi buta dengan mata masih mengantuk semua, harus mengganti baju Alya dan Fatih yang setengah malas, karena nyawanya belum terkumpul. Kami berangkat dari Lojman Pukul 6 pagi, Perjalanan memakan waktu 6 jam, idealnya ga selama itu, tapi karena Suami memilih jalan memutar lewat kota Çankiri menuju İlgaz lalu kastamonu, padahal bisa ambil jalur singkat, İskilip-Kastamonu- yang membutuhkan waktu 2 jam 24 menit ke Pusat kota Kastamonu sedang kita memutar lewat kota Cankiri 1 jam setengah, hampir 4 jam, dari Pusat kota Kastamonu ke tujuan kami İnebolu (ilce dari kota kastamonu) ya semacam dari İbukota Provinsi menuju kabupatennya. Butuh waktu 2 sampai 3 jam lagi. Nah nyampe İnebolu pas tengah hari. Jarak 7 jam bisa diringkas 6 jam, Phiuhhh…, karena jalanan juga cukup sepi meski medannya menegangkan! Mungkin kalau ngebut nyetirnya bisa lebih cepat tapi tunggu dulu! jalan dari Kastamonu ke İnebolu, Ya Allah….syukur kami selamat sampai tujuan!

Cerita ke Kota Cankiri

Tikungan tajam, pinggir jurang-.-‘

Memasuki area Karadeniz (Blacksea) Memang memanjakan mata, pemandangan hijau alam pegunungan, Tapi medan jalannya, ke Puncak Bogor belum seberapa-.-‘ KAstamonu juga

sumber disini

Turki membagi wilayah negaranya jadi 7 bagian: Marmara Bolgesi (İstanbul dan beberapa kota yang dekat dengan laut marmara , Karadeniz (Blacksea) Akdeniz Bolgesi, Ege Bolgesi, İc anadolu Bolgesi (Turki daerah tengah termasuk ibukota Ankara masuk wilayah ini) DoĞu Anadolu Bolgesi daerah Turki paling ujung yang berbatasan dengan İran, Armenia, Georgia. Lalu ada Guney Anadolu Bolgesi daerah Turki yang berbatasan dengan İrak, Suriah. Kalau Guney Anadolu berbatasan dengan Negara Arab, Karadeniz Bolgesi berbatasan laut langsung dengan Eropa Timur. Dan tentu saja di kedua wilayah ini, ALamnya kontras, YAng dekat arab lebih panas suhunya dan dekat Eropa Timur lebih dingin. Kondisi Geografis juga mempengaruhi Fisik orang Turki, jadi jangan heran jika bertemu orang Turki : Kok ada yang Bule banget, wajah arab banget, tergantung ‘campur aduk’ nya heheh. Nah sekarang Keluargapanda masuk wilayah Mana ? Ya tentu saja Karadeniz Bolgesi tapi masih ke arah baratnya: West Blacksea. Jadi ada gambaran kenapa perjalanan lebih jauh, Padahal Corum-kastamonu berbatasan langsung di Peta, tapi kami milih muter ke Kota Cankiri, karena menghindari medan yang sulit di area Tosya.

beda alam:D padahal cuma beda jarak 1 sampai 2 jam saja.

Nah perbedaan area Karadeniz sama Turki tengah, Ketika kami lewat kota Cankiri, hamparan ladang gandum, jarang sekali melihat rimbunnya pepohonan hijau, dan ketika masuk area karadeniz, menyegarkan mata. Turki memang Unik kondisi Geografinya.

Sesampainya kami di Kota İnebolu, langsung menuju penginapan, Ogretmen Evi, ini sejenis Gedung yang dikelola departemen pendidikan, kalau diterjemahkan: ”rumah Guru” tapi lebih mirip hotel. Kami langsung check in untuk 3 hari: dengan tarif jika di rupiahkan 540 Lira. Dapat 4 bed, Family Room. Khusus PNS dapat tarif khusus sedikit lebih murah dari Non-PNS, caranya cukup menunjukan kartu identitas Departemen Pemerintah dimana mereka mengabdi, Harga diskon, tidak hanya Guru atau pegawai departemen pendidikan saja, Untuk tarif restoran juga diberi Diskon. Harga segini cukup murah karena hampir semua Lokasi Ogretmen Evi di berbagai kota TUrki letaknya di pusat kota, dekat keramaian. Untuk di İstanbul juga ada, bahkan langsung dipinggir Bhosporus. Oh ya ini tidak hanya untuk PNS saja, warga lain juga bebas menginap, tapi untuk Turis asing saya kurang paham, mengingat saya juga sempat kesulitan ketika check İn, diperiksa ikametnya dan minta buku nikah, nego sebentar, suami print kartu keluarga. Mungkin karena baru perpanjang ikamet seminggu sebelumnya jadi belum ter update di Sistem. Tapi terus terang harga segitu dan dapat lokasi strategis itu Lumayan banget.

view langsung laut hitam.

Dari penginapan, cukup jalan kaki sebentar sudah langsung Carsi, pusat kota. Supermarket juga tidak jauh. Lalu apa saja yang menarik di kota İnebolu, nanti saya posting selanjutnya, yang pasti kontras sekali dengan Pluto, ya dimana Pluto tempat kelahiran ulama yang digantung karena menentang pergantian busana muslim-sorban- ke Gaya berpakaian eropa, kalau pernah baca sejarah awal republik Sekuler Turki, dimana Bapak Sekulernya menghapus semua identitas agama, dan di Kota inilah gerakan pertama si Bapak ATT memulai langkah awal men’sekuler’kan Turki. Tunggu ya:) to be continued…

6 replies on “Roadtrip Ke İnebolu-Kastamonu”

Wah jadi September adalah bulan yang spesial ya mbak 🙂 haha udah paling bener memang kalau suami nggak suka kasih bunga, “todong” minta diajak jalan-jalan aja. Buat istriku nanti, lakukanlah cara yang sama buahahaha. Aku kayaknya tipe cowok yang juga gak suka kasih-kasih barang bersimbol (konon) romantis. Mending kasih kesempatan pelesiran, prikitiw hwhwhw

Awal nikah pernah ngasih bunga sm pot2nya..beli di jln abis itu jatuh dr balkon, sampe skrg lebih suka bikin rencana traveling aja ke kota2 yg pgn dkunjungi, sesuai prediksi,bulan september sulit kmn mn, hari ini mulai ada pembatasan bepergian lg,gara2 corona

Seru sekali travelnisary-nya Mbak. Happy anniversary Mbak. Semoga semakin bahagia bersama keluargapanda tercinta. Daripada di kasih bunga, mendingan diajak jalan-jalan, lebih memorable 😍💝
Asik masih banyak stok tulisan travelingnya 🤩 oh di Kota tsb Bapak mulai mensekulerkan misinya 😂

Baru keluar pengumuman dr menkes Turki, kekhawatiran gelombang dua covid, meski kota kita tinggal sama kastamonu ini ga masuk zona covid, tetap aja mengkhawatirkan, skrg mulai diperketat lagi, krn liburan musim panas dianggap selesai, pilihan tepat memajukan tripanniversary bulan agustus, krn ga yakin nanti bs travelling jauh kyk gini lg..terimakasih Ai…emang lbh seru perayaannya pake jalan2 …meski cuma makan popmie malem2 di penginapan hahah, niat banget gitu. lbh memorable..banyak kenangan tercipta

sehat-sehat terus mbak Rahma dan keluargapanda di Pluto. Semoga kita semua ada dalam lindungan-Nya serta dijauhkan dari virus covid 19. Aamiin
Gak kebayang gelombang dua kayak gimana. Gelombang satu aja di Indonesia mencapai ratus ribu 😂
Alhamdulillah saya ikut berbahagia, ide tripanniversary bisa jadi bakalan ngehits habis pandemi. Pasti lebih seru mbak. Makan popmie pas ngetrip itu bakalan bikin happy. Setuju mbak, lebih memorable 💝💝💝

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *