Review film rekomendasi Keluargapanda kali ini berjudul NAMASTE WAHALA, film india tentang lintas budaya, bergenre komedi romantis, Kisah cinta dua insan beda negara antara pria india dan gadis nigeria.

Pemeran film Namaste Wahala (2020)

Karakter Raj diperankan aktor india: Ruslaan Mumtaz (1982)

Chidima (Didi) diperankan aktris Nigeria: Ini Dima-Okojie (1990)

Distributor: Netflix

Genre: Drama, Romance , cross cultural romantic comedy

Film ini menceritakan tentang seorang Pria İndia bernama Raj yang bekerja di Nigeria sebagai Bankir, dia bertemu secara tidak sengaja dengan seorang gadis lokal ketika sedang lari pagi di pinggir pantai, meninggalkan kesan dihati Raj, dia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan gadis lokal ini.

Chidima atau biasa dipanggil Didi, adalah seorang gadis nigeria yang cukup pintar, Didi datang dari keluarga kaya Nigeria, ayahnya seorang pengacara handal dan memiliki firma hukum, Didi mengikuti jejak sang ayah menjadi pengacara, bedanya Didi perempuan idealis, dia bekerja di LSM perlindungan perempuan, Memberikan bantuan hukum kepada perempuan yang menjadi korban kekerasan di negaranya, atasannya di LSM ini adalah Leila, perempuan india yang lahir dan besar di Nigeria, Leila sepupu dari Raj, singkat kata pertemuan Didi dan Raj keduakalinya terjadi di Pesta yang diadakan leila.

Raj dan Didi saling jatuh cinta, Raj ingin serius berkomitmen dengan Didi, Raj ingin menikahi Didi. konflik dimulai ketika didi mau memperkenalkan Raj ke ayah ibunya. Didi ingin menikahi Pria india? Apalagi temannya sempat mengejek:Tikka masala boyfriend— ke pacar Didi.

Ayah didi tentu saja menolak karena bukan Pria Nigeria apalagi ayah didi sudah menyiapkan calon untuk didi yakni pengacara bernama somto, ibu didi sedikit shock, karena Didi tidak pernah menceritakan sedikitpun tentang Raj kekasihnya kepada sang ayah, ibunya hanya diberitahu kalau kekasih didi akan berkunjung tapi tidak tahu jika kekasih anaknya adalah pria india, tanpa persiapan Raj datang ke rumah Didi, penolakan terang-terangan ayah didi membuat Raj malu dan kecewa terhadap didi, mempertanyakan kenapa didi tidak memberi tahu maksud kedatangan Raj lebih dulu kepada Ayah ibunya.

Konflik selanjutnya, ketika İbu Raj datang dari İndia untuk menjenguk anaknya, Raj putera satu-satunya, sebagai seorang İbu pastinya menginginkan hal terbaik untuk putera semata wayangnya, İbu Raj juga sudah mempersiapkan calon istri untuk Raj di İndia bernama Sunita.Pertemuan Didi dan ibu Raj juga kurang berkesan, İbu Raj menganggap remeh Didi, Raj diposisi serba salah, ibunya baru datang dan langsung bertemu Didi tanpa persiapan, Didi sempat kecewa dengan sikap Raj yang tidak membelanya didepan sang ibu.

Menyandingkan dua budaya yang berbeda, perjuangan untuk bersatu antara pria india dan gadis nigeria.

Cerita tentang Raj dan Didi ini sangat terasa nyata bagi semua pelaku pernikahan antar bangsa. Bagaimana ketika dua budaya yang berbeda disandingkan, penolakan dari keluarga terutama dari orangtua. Antara ibu Raj dan İbu Didi sempat salah paham diawal, ibu Raj yang meremehkan Didi dan keluarga afrika, begitu juga sebaliknya, Raj dan Didi pun sempat putus asa dan mengakhiri hubungan, tapi kemudian mereka mencoba lagi berusaha untuk memberi pengertian. Bahwa hubungan mereka cukup serius. Perbedaan budaya bisa mereka sandingkan.

Kunci mendapatkan restu adanya pihak penengah

Disini peran leila, sepupu dari Raj cukup membantu untuk menaklukan hati bibinya yang hanya ingin bermenantukan wanita india. Leila menjelaskan tentang kondisi perempuan di Nigeria itu seperti apa, bagaimana posisi perempuan nigeria sebenarnya di masyarakat. Ayah Raj di İndia, setiap ibunya telpon selalu menanggapi santai, ” memang kenapa dia kalau gadis nigeria?’‘ Sang Ayah berada diposisi Raj, pemikirannya cukup terbuka dan tidak mempermasalahkan pilihan puteranya tersebut, tapi ibunya Raj cukup keras menolak diawal sebelum Leila membantunya mengenal didi lebih dekat.

Lalu untuk ibu dari Didi, mereka berbicara dari hati ke hati, Didi menceritakan semua tentang perasaannya, kenapa dia mencintai Raj. Didi juga mengingatkan tentang kisah cinta ayah dan ibunya, hampir sama persis dengan kisah cinta Didi dan Raj, Ayah dan ibunya beda suku dan itu juga cukup keras berjuang untuk bersatu meski sama sama satu negara. Perbedaan tradisi antar suku saja bisa bersanding, lalu apa masalahnya dengan beda negara?

İbu Didi mengatakan: suami buruk masih bisa kamu tangani sendiri, tapi mertua buruk itu berat, kamu menikah tidak hanya dengan suamimu tapi juga seluruh keluarga besarnya.., kekhawatiran ibu didi jika sang anak menikah denga Raj dan ibunya masih seperti itu, tidak menyukai Didi, İbunya khawatir Didi akan menderita. Tapi didi terus meyakinkan sang ibu tentang sosok Raj pilihannya.

Perbedaan budaya terkadang menjadi pemicu perselisihan

Apa yang dialami Didi dan Raj ‘kok gue banget ya’ hahah yang terlintas dipikiran ketika menonton film ini, ketika berselisih, Raj menganggap itu hal sepele sedang dari kacamata didi sebagai perempuan lokal, wah itu problem serius.

Lalu ketika Didi dan İbu Raj bersaing di dapur untuk masak, sang İbu memasak dengan penuh cinta masakan İndia, sedang Didi dengan santai hanya memasak indomie, Raj sangat menyukai mie rebus, bahkan di lemari dapurnya, penuh dengan İndomie, sampai ibunya geleng geleng kepala, kelamaan di Nigeria, Raj kebanyakan makan indomie..LOL. Raj harus memilih antara makan indomie buatan Didi atau masakan İndia buatan ibunya, ujungnya Raj memilih makan keduanya, Roti prata dicocol indomie. Oh ya di Film ini İndomi bukan sponsor resmi, tapi diselipkan adegan Didi masak İndomie, serasa mie rebus ini bak makanan nasionalnya:D

adegan cukup menghibur ketika Raj harus memilih antara makan indomie atau makanan india:D

Ketika akhirnya kedua keluarga bisa diluluhkan, dan diadakan pesta pertunangan, hal lain yang harus dihadapi selanjutnya adalah: MAHAR…dan ternyata lagi-lagi perbedaan budaya disini harus ketemu jalan tengahnya: dalam adat india: Laki-laki di ‘beli’ oleh pihak perempuan, sedang dalam adat nigeria, sebaliknya.

Pertunangan Raj dan Didi dengan memadukan dua budaya, kuliner india vs nigeria

Film ini sebagaimana film Bolywood, adegan menari dan nyanyi pun diselipkan. Jadi melihat adegan Raj nyanyi joget -joget dengan badan sixpack plus keseksian Didi sebagai gadis afrika jadi kolaborasi menarik. Film ini disutradarai dan diproduseri oleh Hamisha daryani ahuja, seorang perempuan İndia yang besar di Nigeria, dia membuat kolaborasi film Bolywood -Nollywood, menjadi pemeran pembantu di film ini sebagai Leila, Pengalamannya hidup di Nigeria menjadi dasar cerita pembuatan Namaste Wahala, mengenalkan sisi lain kehidupan Nigeria, Ketika leila menjelaskan bagaimana kehidupan perempuan nigeria dalam sosok Didi ke ibu Raj, Yang awalnya memandang sebelah mata gadis afrika. Bahwa semua perempuan itu sama posisinya, lepas dari mana dia berasal, mereka juga layak dicintai dan diberi kesempatan, mereka juga bisa menjadi menantu yang baik.

**Film atau drama tentang dunia mix marriage, akan saya sering review di Keluargapanda:

Review Film tentang pernikahan orang mesir dan jepang (From japan to egypt)

Review film turki: persaingan antar menantu: Eltilerin savası