Udah lama ga nulis review drama cina lagi, kali ini saya mau menulis ulasan tentang Drama cina Good Bye my princess, yang baru saya selesaikan secara marathon:D Berhubung sedang masa wabah virus corona dan harus dirumah aja, salah satu kegiatan dirumah agar tidak cepat bosan ya nonton drama, Suami sudah kena virus drakor, dia sedang mengikuti dramanya İtaewon Class, sedang saya tetap melirik drama dari mainland, nah drama wuxia yang baru saya tonton judulnya: Goodbye my princess

Goodbye my princess drama

Drama: 52 ep (jaringan Youku TV)-2019

Para pemeran:

Peng xiao ran : Xiao feng

Chen xing xu sebagai: Li chengyin / Gu xiao wu

Bisa ditonton: Youtube dengan english Sub, Netflix, web Drama: dramacool, dramanice.

Drama diadaftasi dari novel Eastern Palace karya Fei wo si Cun, salah satu novel terbaik dari Cina dan pernah diterbitkan dalam 7 bahasa.

Baca juga Review:

Drama Go Go squid

Drama cina : mr Fighting, wajib nonton

Drama cina: Nirvana in Fire , tentang mei chang su si ahli strategi hebat

Drama-drama cina yang bikin baper

once upon a time, filmnya yangyang yang wajib ditonton

Alur cerita:

Cerita dimulai dari kekaisaran Li dari dataran tengah mengirim putera mahkota ke provinsi xi selain untuk diasingkan karena masalah politik di ibukota juga untuk melakukan pernikahan politik dengan puteri ke-9 kerajaaan xi, ditemani adik putera mahkota Pangeran ke-5 li chengyin. Namun sayang ditengah perjalanan, Kafilah mereka diserang sekelompok orang yang diduga dari suku Danchi. Semua pasukan dan putera mahkota tewas dibantai, sedang Pangeran li chengyin selamat. Berhasil melarikan diri.

Puteri ke-9 kerajaan Xi terkenal dengan kecantikan dan kecerdasannya, dia suka sekali berpetualang, orang terdekatnya bernama Du dan Gu jian (seorang ahli beladiri yang dijadikan guru untuk membimbing sang puteri) singkat kata Xiao feng menemukan Li chengyin yang berhasil lolos dari pembantaian, Li chengyin menutupi identitasnya dan mengaku bernama Gu xiaowu, seorang saudagar penjual teh yang dirampok, mereka kemudian berteman dan berpetualang dialam bebas. Sampai akhirnya mulai timbul rasa suka diantara mereka.

Xiaofeng ini sebenarnya puteri yang akan menjalani pernikahan politik dengan putera mahkota yang tewas dibantai sebelumnya, dia berusaha melarikan diri sampai ke wilayah suku Danchi, Raja suku Danchi adalah kakeknya, ayah dari Permaisuri kerajaan Xi yang tak lain ibunya Xiao feng. Selama diwilayah Danchi dia mengenalkan xiao wu sebagai teman dekatnya ke kakeknya, meski sempat dicurigai, tapi xiaofeng selalu meyakinkan kalau Xiao wu adalah pria baik baik, sampai akhirnya xiao wu ikut kompetisi yang diadakan suku danchi berburu serigala putih yang sulit ditangkap, sang kakek mengatakan, siapapun yang bisa memburu serigala tersebut akan dinikahkan dengan Xiao feng. Tak disangka Gu Xiao wu berhasil melakukan perburuan, dan Raja Danchi memenuhi janjinya, Mereka akhirnya dinikahkan dengan tradisi suku Danchi. Tapi bulan madu langsung berakhir sehari kemudian! (wah ga sempat malam pertama:V:V:V)

Peng xiao ran sebagai Xiao feng , Puteri ke sembilang kerajaan Xi, Peran utama.

Suku Danchi diserang pasukan kekaisaran Li, dan dipimpin langsung oleh Pangeran li chengyin yang ternyata sudah berniat melakukan penyerangan ke Danchi, dengan alasan Suku Danchi lah yang menyerang dan membantai Kafilah putera mahkota Li yang akan menuju Provinsi Xi, Li chenyin pula yang memenggal kepala Raja Danchi yang tak lain kakek kesayangan Xiaofeng, Membuka penyamaran kalau dia adalah Li chengyin Pangeran ke-5 kekaisaran Li , Sang puteri langsung histeris tidak bisa menerima kenyataan kalau orang yang dia cintai Gu xiao wu adalah lin chengyin, yang memenggal kepala kakeknya. orang yang dia cintai justru orang yang paling dia benci juga. Kehancuran anggota keluarganya. Sulit termaafkan.

Cinta dan benci, Xiao feng juga terpukul secara emosi, hingga mengancam terjun ke sebuah sungai yang dipercaya, siapapun yang jatuh kesana akan kehilangan memori yang menyakitkan hidupnya, Lin chengyin yang berusaha mencegah istrinya jatuh ke sungai dari atas tebing, diapun menyusul ikut terjatuh, kemudian keduanya tidak ingat satu sama lain tentang memori mereka berdua, kenangan manis selama bersama, hilang. hingga mereka kembali ke ibukota kekaisaran Li dengan kondisi berbeda.

Di İbukota kekaisaran Li, Xiao feng datang sebagai calon puteri mahkota karena pernikahan politik, menikah dengan puteri dari provinsi Xi, akan memperluas kekuasaan dan pengaruh kekaisaran Li. Memorinya dengan Li chengyin sudah terhapus dan mereka seperti orang asing kembali. Tapi bagaimanapun mereka berusaha menghindar selalu saja bertemu, dari tiba-tiba hati li chengyin akan terasa sakit jika berdekatan dengan xiaofeng, bahkan mereka pernah tidak sengaja diramal biksu di kuil Budha, kalau diantara mereka akan selalu terikat antara cinta dan karma. Xİaofeng menepis ucapan biksu tersebut, karena saat itu mereka baru saja berteman kembali. Sedang li chenyin sendiri disukai teman masa kecilnya zhao sese.

Singkatnya, ada tragedi kembali di kekaisaran Li, dan putera mahkota pengganti sebelumnya yang seharusnya menikah dengan xiao feng, melakukan pemberontakan, dan ternyata putera mahkota pengganti ini dalang sebenarnya penyerangan dan pembantaian Putera mahkota pertama, dia merancang penyerangan licik. Kemudian li chengyin yang diangkat jadi putera mahkota baru. Dan dia yang akhirnya menikah dengan Xiao feng sebagai puteri Mahkota (padahal sebelumnya ya mereka sudah menikah di Danchi) Tapi tidak diketahui banyak orang, selain orang terdekatnya. Hubungan mereka tidak harmonis, Meski sebenarnya li chengyin menaruh hati kembali ke xiaofeng, tapi karena banyak mata-mata di İstana Timur, dia menunjukan sikap berbeda didepan orang orang, Putera mahkota juga menjadikan Zhao sese selir utamanya, sikapnya selalu berbeda, seakan lebih mencintai sese dibanding Xiao feng (berasa nonton drama poligami:D) tujuan utama li chenglin bersikap berbeda seperti itu, demi mengungkap pembunuh ibu kandungnya sendiri yang diracun permaisuri, dan mengembalikan nama baik keluarga Gu.–keluarga dari pihak ibunya–yang dituduh pengkhianat. Zhao Se se hanya dijadikan pionnya (disini bikin sebel sama li chengyin..-.-‘)

Politik ruwet antara pendukung pangeran, Kaisar, konflik-konflik seputar pengaruh kekuasaan, jangan pernah mencintai sepenuhnya saudara kamu di kerajaan, bisa jadi orang yang sekarang mendukungmu dikemudian hari akan menjadi orang yang akan menjatuhkanmu juga” tentang kehidupan orang orang dikerajaan yang memiliki segalanya, dimanjakan kemewahan tapi tidak bisa memilih sendiri pasangan hidupnya, banyak pernikahan didasari politik demi kekuasaan, bahkan praktek seorang penyokong kaisar, rela mengutus puterinya masuk istana agar jadi selir dan bisa hamil anak kerajaan. Sang permaisuri menjadi pemimpin harem dan harus menjadi contoh untuk semua selir kaisar, mencintai dan dicintai pasangan hanya impian bagi mereka yang hidup dibalik tembok kerajaan. Xiaofeng tidak ingin menjalani kehidupan seperti itu, dia selalu berusaha meninggalkan İstana Timur dan merasa hanya ikatan terpaksa antara dia dan putera mahkota, karena xiaofeng berpikir hati putera mahkota hanya milik selirnya Sese.

Drama ini penuh konflik dan menggambarkan cinta penuh tragedi antara Pangeran li chengyin dan xiaofeng, meski mereka ditakdirkan berjodoh tapi cinta mereka penuh tragedi yang menyakitkan, apalagi ketika ingatan lama Xiaofeng kembali, sedang li chengyin ingatanya belum pulih semua, ketika li chengyin menyatakan cintanya ke xiaofeng, hati xiao feng sakit, apalagi ingat tragedi dimasalalu, dan ketika li chengyin dengan terus terang mengatakan hanya memanfaatkan zhao sese sebagai selirnya untuk dukungan kekuasaan, Sese hancur hatinya, asli sih di drama ini ga bisa sebel sama tokoh-tokohnya, bisa jatuh simpati juga meski kelihatan jahat seperti permaisuri maupun Sese tapi sebenarnya mereka juga korban politik kekuasaan di dalam kerajaan.

Apalagi ketika Xiaofeng terus menerus mengatakan bahwa yang dia cintai hanya Gu xiao wu, Kekasihnya dimasa lalu, dia tidak bisa membenci Gu xiao wu meski berusaha melupakan, Duh ini adegan menguras emosi banget, dan si li chenyin tetap nuduh kalo Gu xiao wu adalah Gu jian -sepupunya yang juga orang terdekat Xiao feng–cemburu- Dan yang ngenes ketika si xiao feng mau jatuh dari jembatan, sebelum jatuh tetap mengatakan tentang Gu xiao wu adalah cintanya, bikin emosi li chenyin yang belum sadar kalau orang yang xiao feng maksud adalah dia sendiri.

Lalu apakah ingatan li chenyin kembali? Endingnya apa mereka bersatu?— Li chenyin setia sampai menua , kemana xiao feng?

Drama ini diangkat dari novel terkenal di Cina, awalnya diragukan oleh netijen cina, apakah akan sukses? karena hampir semua pemain dalam drama ini bukan aktor dan artis terkenal cina yang sedang naik daun,banyak netijen meragukan kualitas akting para pemerannya, tapi sutradara drama ini mematahkan dengan pembuktian nyata.

Mennjadi perbincangan hangat di dalam negeri dan nilai yang diberikan untuk drama ini cukup tinggi, aktor Chen xing xu yang memerankan li chengyin dipuji habis-habisan, dan pemeran xiao feng. Peng xiao ran meski awalnya dianggap artis underated, dia membuktikan kualitas aktingnya di drama ini.

Kadang yang menarik nonton drama cina buat saya, Mereka (sutradara atau produsernya) meski drama besar tidak ragu memasang pemeran-pemeran baru dan melejitkannya, sehingga totalitas akting mereka benar-benar ditunjukan. Wajah segar dan tidak bosan dengan Aktor atau artis yang beredar mukanya itu-itu aja. Oh ya mungkin karena saya kalau nonton drama berdasar kualitas ceritanya bukan karena meng-idolakan bintangnya. Percuma kalau saya suka aktornya tapi dramanya ga suka, karena jalan ceritanya ga menarik, tetap malas nontonnya, ya buat saya Drama Goodbye my princess ini secara kualitas ga kaleng-kaleng, meski drama cinta tragedi, tapi layak banget ditonton, kan biasanya kalau sad ending gitu males banget, maunya happy ending, tapi pengecualiaan sama Goodbye my princess, saya sukses bisa menontonnya sampai selesai:D karena yaitu: jalan ceritanya menarik, menyelami karakter tokoh-tokohnya, bahkan karakter yang saya kira jahat pun bisa saya maafkan hahaha, semua pasti ada faktor X nya kenapa dia berbuat demikian.