Karena Fatih sekarang sudah masuk SD, Kegiatan saya bertambah untuk menyiapkan bekal, jadwal harian untuk menu Bekal sudah diatur wali kelasnya, Nah biasanya bikin bekal anak apa? Nasi uduk?? heheh bukan. Sebenarnya lebih tepat bekal buat kudapan, karena jadwal makannya jam 10 pagi, kemudian istirahat siang, Fatih pulang ke rumah naik mobil antar jemput, Mobilnya akan menunggu di parkiran, selama anak-anak makan di rumah. Jadi selain siapkan bekal buat di sekolah, juga harus siapkan makan siang buat Fatih. Nah sebagaimana umumnya İbu-ibu di Turki, Ga akan jauh-jauh dari ngulenin adonan roti, sesekali saya akan berbagi resep mudah untuk buat Roti isi yang biasa disebut Poğaca–ini resep yumusak poğaca ala Keluargapanda.

Resep Yumusak Poğaca:

3 gelas belimbing Terigu protein tinggi

1 sendok tatlı (Sendok untuk dessert, ukurannya setengah dari sendok makan biasa) Fermipan /maya

1 sendok tatli garam

1 putih telor,

1 kning telor untuk olesan

3 sendok tatli Plain yoghurt

1 gls susu segar.

1 sdm Gula pasir

setengah gelas cay minyak sayur ( 4 sdm)

Cara membuat:

Sementara hangatkan susu*suam-suam kuku* masukan gula dan Fermipan.

Masukan dalam wadah , Terigu, garam, yoghurt, putih telur, masukan susu yang sudah dicampur fermipan, aduk, ulenin sampai kalıs, kalau kurang terigu, tambahkan sedikit, aturan adonan sudah siap, kalau menurut bahasa ibu-ibu Turki, adonan sudah selembut pinggiran kuping* Diamkan 45 menit-1 jam sampai mengembang.

Kemudian, ketika adonan sudah mengembang, tinggal bulatkan dan isi sesuai selera. Untuk isian Poğaca,umumnya memakai beyaz peynir (Feta cheese —yang rasanya sulit saya jelaskan, kadang ada juga yang di isi selai buah zaitun, silahkan bayangkan sendiri saja heheh) Nah untuk isian Poğaca ala Keluargapanda modifikasi sendiri, agar anak suka:

Bahan isian Pogaca ala Keluargapanda:

Kentang rebus yang ditumbuk halus ditaburi sedikit garam dan dicampur keju cheddar

setengah gelas susu dicampur coklat hitam dan nesquick (bisa milo) kemudian dicampur kacang tumbuk (walnut,almont,hazelnut) ,direbus sampai merata dan dikentalkan dengan sedikit tapioka. Dinginkan.

Kuning telur diaduk untuk olesan, bisa ditaburi corek otu (habbatusauda) atau wijen bubuk, tapi kali ini saya tidak memberi taburan keduanya.

Panggang di oven dengan suhu 180 c *tergantung oven masing-masing, sekitar 25 menitan atau sampai warna kecoklatan.

*Selamat mencoba kalau penasaran sama Roti Turki :))