Usia masih dibawah 40 tahun, ketika melihat sehelai rambut putih di kepala, seakan tidak percaya, Ubanan? Kemudian langsung menghampiri suami, ” Balım! Panggil saya dengan spontan. Ne oldu? tanya dia balik. ” sen biliyor musun? saya mulai membuat tanda tanya, bikin suami bingung. Biasanya kalau saya mengatakan: ” kamu tahu ga?” itu seperti sebuah cerita misteri yang akan mengagetkan dia. ‘‘bak sana! kemudian menunjukan sehelai rambut uban ke dia. ”Allah…allah…kirain ada apa!. ” Kemudian dia sodorkan kepalanya kehadapan muka saya .” Kamu liat, berapa banyak Uban dikepala saya?” Baru punya satu aja udah heboh.

Pengalaman pertama ketika sedang ngaca di toilet, kemudian melihat ada rambut yang mulai memutih memang membuat saya sendiri kaget, kok bisa! seakan tidak terima, rambut mulai tumbuh uban. Kalau Uban di kepala suami, saya tidak heran,karena genetik, kalau dari Foto saja tidak begitu kentara, kalau lihat langsung, uban sudah mulai mewarnai rambut coklatnya.

Rambut beruban bukan berarti penuaan dini, bisa saja karena kekurang pigmen di rambut itu sendiri, bisa juga karena genetik. Dulu masa SMA, saya kenal teman di usia remaja, rambutnya sudah banyak ditumbuhi uban, agak kaget awalnya, tapi begitu tahu karena faktor keturunan, ayahnya sendiri, rambutnya hampir memutih semua, padahal belum masuk usia senja, jadi ingat salah satu politikus İndonesia Pak Hatta Rajasa.

Kurang Vitamin?

Rambut beruban di Usia muda ternyata bisa ditangani, kalau ini bukan karena faktor genetik.

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting dalam pigmentasi rambut, di antaranya vitamin B12, vitamin D, tembaga, zat besi, dan asam folat. Ketika Anda kekurangan asupan vitamin dan mineral tersebut, warna pigmen rambut akan memudar dan berangsur-angsur memutih.

Kekurangan vitamin B12, atau dikenal juga dengan anemia pernisiosa, sering dikaitkan dengan penuaan dini. Ini karena vitamin B12 berperan penting untuk membantu menjaga sistem saraf Anda tetap sehat serta memproduksi DNA dan RNA.

Semakin sedikit asupan vitamin B12, maka sel-sel rambut jadi melemah dan mempercepat ubanan sebelum waktunya. Efek yang sama juga akan terjadi jika Anda kekurangan zat besi dan asam folat.

Untuk mengatasi uban di usia muda, perbanyaklah makan makananan yang kaya vitamin B12 seperti telur, hati, ikan, kerang, dan sereal yang diperkaya. Sedangkan sumber zat besi yang bisa Anda konsumsi di antaranya daging sapi, bayam, dan kacang lentil.

Sumber dari:Hellosehat

Hindari stres, pilih produk kesehatan rambut yang tepat! Nah ini, masalah banget, saya punya problem kerontokan rambut parah setahunan ini, sampai beli sampo khusus B11, yang harganya menguras kantong-.-, lalu coba dengan minyak Argan, lumayan kerontokan berkurang. tapi kok malah tumbuh uban?

‘jadi mau saya simpan uban pertama ini” ujar saya ke suami. Dia melihat saya. ” kamu tuh kadang kurang kerjaan ya” balasnya. ”uban kamu mau disimpan juga?”. Dia langsung geleng kepala, pikirnya punya istri kok suka iseng. Kemudian saya bilang lagi: ” tapi masih alhamdulilah, saya ga setua kamu! tuh udah kayak amca-amca hahahah’. Berujung ngeledekin suami kadang seru .

Ya sudahlah daripada pusing mikirin uban, apalagi kalau kita sering stress juga menyumbang makin banyaknya tumbuh uban di kepala. Dihadapi saja. Tapi semoga tidak makin banyak uban-uban lain bermunculan, Kalau teman-teman sudah mulai Beruban? sudah dihitung berapa helai? Ya salam…sebagai pengingat usia juga ya, biar ga selalu lalai. Karena Hidup pasti akan menua nantinya.