Dİ İndonesia, nama Rahma identik dengan nama perempuan, seperti nama depan saya:Rahma, tapi di Turki? nama ini lebih sering digunakan sebagai nama laki-laki, pernah ketika saya sedang jalan-jalan disekitaran masjid biru, tiba-tiba terdengar suara seseorang memanggil: ”Rahma..Rahmaaa’‘ -GeeR dong, seketika saya menoleh, mungkin ada teman WNİ yang mengenal saya. Ada anak seumuran Fatih berlari-lari didekat saya, ternyata namanya Rahma, dan annenya memanggil si anak tersebut. Rahma nama yang sering dipakai nama laki-laki.

Rahma: berubah jadi RAHİME

Pernah baca nama -nama perempuan Turki: Aisye, Emine, Fatime, fethiye, Fehriye, Hatice, Merve, Rahime: Jika dibahasa İndonesiakan: Aisyah, Aminah, fatimah, Fathiya, fahriya, Hadijah, Marwah, Rahma, Dan nama saya jika di’naturalisasi’ menjadi RAHİME,

İni jujur saja, saya kurang suka dengan nama naturalisasi tersebut, awal-awal di Turki, pernah keluarga mau manggil saya Rahime, tapi saya protes hehhe, Lebih suka dipanggil sesuai paspor saja, Suatu hari suami pernah membuat plat mobil khusus– order dari İnternet, awalnya dia percaya diri masang, tapi ga lama diganti, berasa aneh katanya majang nama dia dan saya , karena nama Rahma di Turki terkesan maskulin-.-‘

Baca: 20 daftar nama populer di Turki

Ketika memiliki nama pasaran di Turki

Berteman dengan orang Turki

Rahma menjadi Rahman

Percayalah saya bukan transpormer kok, tapi ini kejadian yang sering saya alami jika berbalas pesan dengan teman turki, mereka memanggil saya RAHMAN,

iya Rahman, Berasa abang-abang-.-‘huahhh..apa harus ganti jadi abudrrahman:S lagi-lagi karena nama Rahma terdengar maskulin, ga biasa. Sama halnya jika di İndonesia, nama SULTAN identik dengan nama laki-laki, seperti aktor lawas: Sultan Djorgie, nah di Turki, nama Sultan lebih sering sebagai nama perempuan, mbah buyutnya suami, namanya Sultan, Arya juga nama perempuan.

Rahma menjadi Rana

Ketika saya diberi pilihan nama baru, mungkin satu saat nama panggilan ini menjadi identitas baru, saya pilih Rana, karena tetap huruf depannya R, tidak menjadi Zeynep, fatma dan nama umum di Turki, banyak teman teman WNİ ketika menikah jadi memiliki panggilan nama Turki sendiri, alasannya karena banyak keluarga suaminya kesulitan memanggil nama indonesianya yang panjang atau pengucapannya cukup sulit, Seperti kasus saya, karena selalu dikira laki laki hahaha..nasip.

Nah setelah saya baca-baca di İnternet, nama baru ini secara cocoklogi mendekati dengan kepribadian saya: (percaya diri dulu adalah kunci:D)

Rana dalam bahasa Melayu artinya Riang, berani (Riangnya ??–Berani lebih tepatnya nekad:V
Rana dalam bahasa Persia artinya Elegan (ga yakin hahaha tapi semoga bisa)
Rana dalam bahasa Arab artinya Melihat (mhhh kalau lagi natap kata suami suka kayak tokoh antagonis)
Rana dalam bahasa India artinya Royal ( Amiin-)
Rana dalam bahasa Arab artinya Sesuatu yang indah dan enak dipandang (benarkah..seperti meragukan tapi aminin aja)
Rana dalam bahasa Arab artinya Dapat diandalkan ( semoga)
Rana dalam bahasa Indonesia artinya Bangsawan, ningrat (perlu tes DNA jangan2 -jangan saya puteri mahkota sunda empire yang hilang-.-‘)

Menurut studi numerologi, nama “Rana” mempunyai kepribadian Analitis, memahami, pengetahuan, senang belajar, bermeditasi, penuh kesadaran.–namamia–

Meditasi atau melamun ya, masih saya pikirkan. Secara makna saya suka dengan nama baru ini, hasil googling baik dalam bahasa İndonesia maupun Turki.

Jadi daripada saya dipanggil Rahman terus, kadang saya gunakan Rana, karena Rana juga ada dalam bahasa Turki dan nama perempuan, daripada capek kan, Menjelaskan riwayat nama, naturalisasi nama, kisah perbedaan nama di İndonesia dan Turki.

Nama di Turki versus İndonesia

Rahma dan nama panggilannya

Sebagai umumnya orang İndonesia, selalu punya nama panggilan berbeda dengan nama aslinya, yang umum: icha, caca, cecep:D begitu juga saya, mungkin kalau ada yang merhatikan komenan orang di akun sosial media, ada yang manggil nama saya beda-beda, karena mereka memanggil nama saya dengan nama lain, baiklah, rahasia besar ni saya bagi di Blog:

Wawat: İni nama kecil saya dikeluarga, teman kecil dan teman Mts mengenal saya dengan nama ini. Teman kuliah terbagi, ada yang ikut manggil nama kecil tapi banyak juga memanggil nama Rahma.

İnot: Dan ini juga nama kecil saya hahaha… tapi nama ini saya pakai diteman komunitas desain, mereka yang memanggil saya nama ini dpastikan kenal di komunitas komunitas. Jadi saya bisa memetakan dimana saya kenal teman teman.

Ya nama panggilan umum: Rahma, untungnya dimasa remaja, saya ‘alay’nya tidak separah orang-orang, menambahkan nama sok imut, misal: R4hmaY4nkba3khatir4jinNabunxtydacksy0mbonx— dulu saya alaynya: menambahkah nama: Rahma shinoda–hahahahhaha, saking suka Mike Shinoda, saya ingat sekali, waktu pertama buka akun FB: Rahmashinoda. Waktu SD Rahma Mizuno-.-‘ sebagai sailor mercury. Berakhir jadi Rahma Balcı ketika menikah.