17 jam berpuasa?–awalnya tak biasa lama-lama terbiasa–

İni tahun ke -6 saya ramadhan di Turki, 1 x pernah ramadhan di indonesia tahun 2014 silam.Ramadhan di Turki tahun ini jatuh di hari  rabu 16 mei, berbeda 1 hari dengan indonesia.
Hari pertama saya puasa tahun ini, alhamdulilah diberi kelancaran walaupun suhu mulai meningkat, seminggu kemarin cuaca istanbul dingin dan berangin, memasuki ramadhan suhu panas pun mulai menyambut, hari ini 30 c. Dan anak-anak tetap minta keluar rumah, kuat ga kuat harus tetap menemani anak-anak bermain ditengah cuaca panas.
Dulu, awal tinggal di Turki. Saya juga harus adaftasi dengan  panjangnya waktu puasa, 17 jam lebih. Bukan hal mudah tentu saja, apalagi di İndonesia lamanya waktu puasa tidak sepanjang Turki, kalau dulu buka puasa sekitar pukul 6 sore, azan maghrib sudah berkumandang, saya harus belajar bersabar menunggu maghrib yang semakin berubah jam-nya. hari pertama puasa, maghrib pukul 20.22 menit. İsya pukul 22.01 malam, tarawih? ya kira-kira saja waktunya selepas isya,Biasa selesai tarawih sekitar jam 23 malam keatas. Terakhir saya tarawih di masjid 2 tahun lalu, itupun kesulitan dengan jam tidur anak, apalagi sekarang ada anak ke 2,yang jam tidurnya tertib di bawah jam 10malam, cukup tarawih dirumah saja.

menu sahur

Kalau cerita menu buka puasa, sebenarnya ga ada yang berbeda dengan menu harian, begitupun menu sahur, rata-rata menu sarapan yang dimajukan lebih awal saja, kalau di indonesia, menu sahur tentu saja variasi, bahkan bisa menu berat seperti rendang,soto daging , kalau di Turki, menu sarapan pagi = menu sahur.
Menu sahur biasanya roti,selai, berbagai keju, zaitun, telur dadar dengan sucuk (salami khas turki)   dan tentu saja tidak ketinggalan cay.
 
rotipide

Dan  untuk menu İftar atau berbuka puasa, setiap ramadhan yang khas salah satunya roti pide ramadhan.
Oh ya kadang untuk membeli roti pide fresh from the oven..antriannya akan memanjang setiap mendekati waktu buka puasa di tiap-tiap toko roti , kalau di indonesia antri beli kolak disini antri beli roti pide ini, bentuknya memang khas, bulat berdiameter sekitar 20-30 cm.
Rasanya gimana? ya rasa roti aja:D kalau belinya masih hangat atau baru keluar dr tungku *panggangnya make panggangan traditional khas roti-roti Turki,*jadi aroma rotinya mungkin yang membuat mereka tertarik-kalau saya ngilernya kalau ada yang jual es kelapa aja deh-.-‘ saya pribadi jarang makan roti  tetap nasi.
Dan menu buka puasa akan selalu terdiri dari: sup atau çorba didampingi salad segar sebagai menu pembuka, lalu menu utama biasa daging-sayur plus nasi (nasi di Turki masuknya lauk pauk ya) mereka nyocol sama roti, beuh berat memang,tapi ya gitu rata-rata. Lalu di tutup dengan tatlı atau dessert  semacam: baklava, kunefe, kadayif, yang paling terkenal sih gullac- sejenis pastry yang diguyur saos susu manis lalu di taburi kacang pistacio.
Penutup: tentu saja balik lagi ke cay-orang turki sepertinya tidak bisa lepas dengan budaya nge-cay alias ngeteh nya.
Awal-awal saya juga harus adaftasi dengan menu buka puasa di Turki, kangen masakan si emak di kampung? ya tentu saja, apalagi tiap ramadhan ibu saya selalu membuat asinan nya yang segar, lalu rujak bonteng puan atau es timun suri dengan isi tape,kelapa degan ditambah sirup marjan ..slurrrppp segar, tidak lupa aneka gorengan–duh ga sehat banget tapi ga nolak, Tapi tetap saja menu-menu ramadhan saya dulu juga variasi, apalagi selama menjadi pekerja kantoran, kadang buka puasanya bareng-bareng di dalam gerbong Krl jurusan tanah abang-serpong, kalau masa-masa nge kost, ya menu seadanya, kalau malas buka puasa sendiri, saya selalu rajin datang ke istiqlal sekalian tarawih, buka puasa bersama, biar berasa ada teman aja–masa-masa jadi high quality jomblo–apalah.
Sekarang ketika berkeluarga, ya adaftasi dengan menu makanan negara saya tinggal, walau saya tiap hari masak nasi, suami juga kadang minta nasi sepiring tapi masih dibarengi dengan makan roti pide, double karbo. Tapi ya gitu lah  orang turki, katanya nasi aja ga kenyang:D
Kalau masa kecil saya kangennya buka puasa ya dengan segelas sirup yang jadi ikonik banget bulan ramadhan,kalau kamu? cerita-cerita juga dong…biar saya bayangin