Masih edisi suka duka ngelola selfhosted-Blog yang tiada habisnya. 2 Hari lalu Blog Keluargapanda sempat Down-Fatal error. Dasboard Blog tidak bisa diakses. Masalah seperti ini biasa terjadi setiap update file berat, untuk Update WordPress terbaru saya biasa menggunakan FTP client: Filezilla, Open source. Kalau saya klik update langsung dari Dasboard selalu bermasalah-error-, Selain update wordpress terbaru, saya menggunakan plugin jetpack juga yang termasuk berat, update jetpack langsung di Dasboard juga sering menghadapi kendala.

Kronologis Blog sempat down satu hari

Pertama, saya update Php terbaru ke edisi 7.4. Update dari Controlpanel Blog, untuk masuk C-panel, saya harus masuk ke akun Hosting saya dulu yakni Natro. Nah sempat bermasalah juga ga bisa masuk akun di natro, karena minta pembaharuan password, sebelumnya kode verifikasi dikirim ke GSM dan email yang semuanya atas nama suami. Berhubung suami sedang di asrama, saya WA dia, eh taunya tidur-.-‘ kirim ulang ke emailnya suami, syukurnya saya tau paswordnya.

Seperti biasa saya download dulu wordpress terbaru, kemudian buka Filezilla, sesuai tutorial yang saya dapat di internet tentang update manual wordpress lewat Filezilla, Yang di update hanya WP-admint dan WP-includes. Setelah proses selesai biasa akan ada pemberitahuan di dasboard Blog tentang update database, sebelumnya update wordpress terbaru jarang bermasalah, entah kenapa 2 hari lalu langsung fatal error. Saya coba buka lewat Filezilla masih koneksi ke server hosting, saya buka juga Cpanel, dari wordpress disarankan Debug. Ok saya ikutin sesuai tutorial yang saya baca dan tonton di youtube. Sebagai orang yang minim pengetahuan tentang Coding-Php-bahasa programer, problem ini cukup membuat saya stress. Kemudian mengambil jalan ninja terakhir: menghubungi keponakan di İstanbul. nge WA setiap ada masalah Blog doang-.-‘ Saya kirim semua screenshoot problem Blog ke dia, akses untuk masuk server semua dikirim.

Kalau perkiraan keponakan karena saya update wordpress dulu baru Php, padahal seingetnya update php terbaru baru WordPress, Permasalahan bisa diatasi dasboard Blog bisa diakses kembali, tapi di dasboard blog pemberitahuan tentang harus update wordpress terbaru masih muncul? ehm apa update wordpress yang udah saya lakukan sebelumnya gagal?

Masalah belum selesai, plugin jetpack minta update, saya biasa update jetpack lewat filezilla, tapi semenjak error Blog akses ke server hosting tidak tersambung terus, sudah melakukan berbagai tutorial tentang koneksi ke server hasilnya masih belum terhubung.

selalu tertulis:critical error: could not connect to server:(

Aduh pusing banget hahahah, bukan web developer, cuma emak-emak suka ngeBlog harus maintenance blog sendiri, duh sedihnya jauh dari keponakan di İstanbul, biasa dulu terima beres. Ditambah sekarang dia sibuk sekali, kadang ga enak gangguin. Bagian FTpclient ga sempat dijawab, baru dibantu ngurus Blog tengah malam, padahal nge WA dari sore. Mau nge WA lagi jadi sungkan sendiri, berusaha nyelesaikan masalah, tapi sampai ngetik di Blog (itungannya curhat gitu karena mentokkk gagal terus) Solusi belum terpecahkan, koneksi ke server belum terhubung. Sampai coba saya menggunakan Ftptest*net untuk online Ftp tester sesuai video dari website Filezilla, dan hasilnya seperti dibawah ini:

Udah nyoba koneksi terus tapi ditolak, ngotak ngatik Cpanel sampai membuat akun FTP baru, hasilnya tetap belum bisa masuk server hosting blog.

Oh ya ujungnya jika ada teman Blogger selfhosted, selain menggunakan jetpack sebagi plugin untuk menghubungkan Blog ke wordpress, ada rekomendasi plugin apa? Sepertinya ingin ganti plugin saja. Solusi Filezilla belum terpecahkan:( belum bisa konek ke server host.