Problem setiap Update Wordpres terbaru?

Masih edisi suka duka ngelola selfhosted-Blog yang tiada habisnya. 2 Hari lalu Blog Keluargapanda sempat Down-Fatal error. Dasboard Blog tidak bisa diakses. Masalah seperti ini biasa terjadi setiap update file berat, untuk Update WordPress terbaru saya biasa menggunakan FTP client: Filezilla, Open source. Kalau saya klik update langsung dari Dasboard selalu bermasalah-error-, Selain update wordpress terbaru, saya menggunakan plugin jetpack juga yang termasuk berat, update jetpack langsung di Dasboard juga sering menghadapi kendala.

Kronologis Blog sempat down satu hari

Pertama, saya update Php terbaru ke edisi 7.4. Update dari Controlpanel Blog, untuk masuk C-panel, saya harus masuk ke akun Hosting saya dulu yakni Natro. Nah sempat bermasalah juga ga bisa masuk akun di natro, karena minta pembaharuan password, sebelumnya kode verifikasi dikirim ke GSM dan email yang semuanya atas nama suami. Berhubung suami sedang di asrama, saya WA dia, eh taunya tidur-.-‘ kirim ulang ke emailnya suami, syukurnya saya tau paswordnya.

Seperti biasa saya download dulu wordpress terbaru, kemudian buka Filezilla, sesuai tutorial yang saya dapat di internet tentang update manual wordpress lewat Filezilla, Yang di update hanya WP-admint dan WP-includes. Setelah proses selesai biasa akan ada pemberitahuan di dasboard Blog tentang update database, sebelumnya update wordpress terbaru jarang bermasalah, entah kenapa 2 hari lalu langsung fatal error. Saya coba buka lewat Filezilla masih koneksi ke server hosting, saya buka juga Cpanel, dari wordpress disarankan Debug. Ok saya ikutin sesuai tutorial yang saya baca dan tonton di youtube. Sebagai orang yang minim pengetahuan tentang Coding-Php-bahasa programer, problem ini cukup membuat saya stress. Kemudian mengambil jalan ninja terakhir: menghubungi keponakan di İstanbul. nge WA setiap ada masalah Blog doang-.-‘ Saya kirim semua screenshoot problem Blog ke dia, akses untuk masuk server semua dikirim.

Kalau perkiraan keponakan karena saya update wordpress dulu baru Php, padahal seingetnya update php terbaru baru WordPress, Permasalahan bisa diatasi dasboard Blog bisa diakses kembali, tapi di dasboard blog pemberitahuan tentang harus update wordpress terbaru masih muncul? ehm apa update wordpress yang udah saya lakukan sebelumnya gagal?

Masalah belum selesai, plugin jetpack minta update, saya biasa update jetpack lewat filezilla, tapi semenjak error Blog akses ke server hosting tidak tersambung terus, sudah melakukan berbagai tutorial tentang koneksi ke server hasilnya masih belum terhubung.

selalu tertulis:critical error: could not connect to server:(

Aduh pusing banget hahahah, bukan web developer, cuma emak-emak suka ngeBlog harus maintenance blog sendiri, duh sedihnya jauh dari keponakan di İstanbul, biasa dulu terima beres. Ditambah sekarang dia sibuk sekali, kadang ga enak gangguin. Bagian FTpclient ga sempat dijawab, baru dibantu ngurus Blog tengah malam, padahal nge WA dari sore. Mau nge WA lagi jadi sungkan sendiri, berusaha nyelesaikan masalah, tapi sampai ngetik di Blog (itungannya curhat gitu karena mentokkk gagal terus) Solusi belum terpecahkan, koneksi ke server belum terhubung. Sampai coba saya menggunakan Ftptest*net untuk online Ftp tester sesuai video dari website Filezilla, dan hasilnya seperti dibawah ini:

Udah nyoba koneksi terus tapi ditolak, ngotak ngatik Cpanel sampai membuat akun FTP baru, hasilnya tetap belum bisa masuk server hosting blog.

Oh ya ujungnya jika ada teman Blogger selfhosted, selain menggunakan jetpack sebagi plugin untuk menghubungkan Blog ke wordpress, ada rekomendasi plugin apa? Sepertinya ingin ganti plugin saja. Solusi Filezilla belum terpecahkan:( belum bisa konek ke server host.

7 Comments

  1. Kenapa tidak minta bantuan penyelenggara web hostnya mbak?
    Saya nge-host modalnya cuma minta tolong mereka bila ada masalah. Sisanya belajar sendiri dari internet.
    Kalau kendala di bahasa lebih baik mbaknya pindah server penyelenggara web host di Indonesia saja.
    Apalagi target market mbak bukannya lebih banyak org Indonesia ya?
    Sulit tergantung pada orang yg tdk kita bayar secara profesional. Kalau penyelenggara web kan memang punya kepentingan juga karena ini termasuk jasa.

    1. Author

      Kl masalah servernya mrreka biasa bantuin, kl update plugin internal blog gini beda lg, btw pake webhost apa feb di indonesia, bs jd pertimbangan? Tp nunggu 2023 dulu😅 krnn langganan langsung 2 th, dpt bonus setahun.

      1. Oh gitu ya udah tar tahun 2023 deh baru saya kasih rekomen webhost 😀

  2. Semoga masalahnya bisa terselesaikan,aku juga gaptek kalo soal kayak gini.

  3. Hai Rahma, Jetpack isinya banyak sekali fitur, kalau mau cari gantinya berarti harus pakai bbrp plugin. Bisa cari di google pakai kata kunci “other plugins like jetpack”
    Sudah coba debug blog? https://keluargapanda.com/wp-admin/admin.php?page=jetpack-debugger
    Kalau baik-baik aja akan mucul tulisan ini warna hijau Pengaturan Jetpack Anda terlihat bagus! Nah kalau bermasalah dibagian bawahnya ada 5 panduan bgm cara menyelesaikan masalahnya.
    Kalau ga bisa atasi sendiri minta bantuan team Jetpack nya disini https://wordpress.org/support/plugin/jetpack/?site=keluargapanda.com
    Beberapa tahun lalu saya pernah dapat masalah mengenai Jetpack ini dibantuin sampai beres sama team nya, emang sih harus sabar sampai dibalas mereka kalau kita bukan member premium.
    Pengalamanku sih kalau mau cepat lebih baik tanya orang hostingnya dulu, daripada ngutak atik sendiri berhari-hari malah ntar error blognya (pengalamanku haha). Terakhir kali pernah ada error ternyata ada plugin yg konflik, dan akhirnya ku buang itu plugin karena ga butuh2 amat, nah plugin bikin error itu ketahuan setelah di cek orang hosting (saya ga bisa masuk ke blog saat itu).

    1. Author

      udah check ka nell, warnanya hijau, saya udah update. kemarin dibantuin sm orang webhost nya, saya update biasa pakai FTp client–pakai filezilla, ga update langsung dr dasbor blog nya, nah biasa kalau update langsung dr dasbor blog seperti plugin yg lain (kalau yang lain ga pernah error) jetpack selalu error, katanya karena sharehosting Blog. Semua update file ygt berat saya pakai lewat ftp client-open sources- untuk masuk server Blog, bisa jd langsung di c-panelnya. Masalahnya kemarin ada aturan baru dr KVKK-badan perlindungan data privacy gitu yg baru diterapkan, webhost jadi minta saya ganti semua akses pasword masuk ke host panel maupun cpanel Blog, udah ikutin intruksi, akses di refuse trus sama server, alasan dr pihak hostingnya pasword saya ga kedetek sama sistem mereka meski diganti, komplain lah, ujungnya mereka buatin pasword khusus:D baru bs akses server Blog lg lewat filezilla, udah saya update jetpacknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *