Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 – 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk lelaki.*sumber mbak wiki*

Apa sih yang dikhawatirin ketika kenal pria turki?

1432937974326
sumber:hurriyet

dia udah ikut wajib militer atau belom:D
Wajin militer atau disingkat Wamil,  di Turki lebih dikenal dengan Askerlik. İni program wajib untuk para pria Turki sampai batas waktu tertentu. Semua warga yang ber ktp Turki baik yang tinggal di dalam negeri atau diasporanya yang masih pegang pasport Turki wajib jalanin wamil.
Jika benar benar tidak bisa jalanin biasanya harus bayar kompensasi ke negara yang jumlahnya lumayan buat beli 1 unit apartemen.
Tentang denda ini sempat jadi kontroversi didalam negeri, karena tentu saja memudahkan untuk mereka yang lebih berduit mangkir dari kewajiban ini, tapi dapat info dari teman, walau bayar denda tetap ada wamil dengan waktu lebih singkat.
Untuk yang lulusan universitas, wamil biasanya dijalani hanya setengah tahun saja biasanya mereka tidak turun kelapangan langsung tapi tetap akan diperbantukan di instansi militernya, dan untuk yang jalanin wamil lulusan SMA, hampir 1.5 tahun.
Kalau ada yang nunda nunda wamil biasanya mereka yang sedang melanjutkan study, atau yang sedang jalanin bisnis.
Babapanda jalanin militer 1.5 tahun, karena cita citanya emang jadi tentara walau ga kesampaian *dalam hati  saya: alhamdulilahhhh ga kesampean:D*** 
Dia cukup menikmati pengalaman nya jalanin wamil di kota diyarbakir Turki. Diyarbakir ini kota didaerah perbatasan Turki, rata rata suku kurdi yang menempatinya dan  banyaknya separatis dan simpatisan  pemberontak kurdi, lumayan beresiko karena ditempati langsung di garda terdepan:0
selama jalani wamil, selain dilatih bela negara, pegang senjata dan banyak olahraga—makanya kalau pria Turki ikut wamil bisa pada sixpack perutnya,tapi begitu kelar wamil pada melendung lagi :D:D—karena latihan yang ketat, bangun subuh, disuruh olahraga, dikasih makanan yang ga nafsuin katanya jadi bikin mereka cepet pada kurus heheh.
Wamil yang dijalani si babapanda benar benar bukan cuma latihan perang. Tapi Turki memanfaatkan tenaga warganya untuk bela negara juga, si babapanda  pernah bercerita masa masa terberatnya wamil, harus naik turun bukit ngamatin pemberontak. Seringnya wamil inipun memakan korban:( banyak pemuda yang syahid di medan perang beneran.
Begitu kelar wamil dapat sertifikat kalau sudah jalani wajib militer. Sertifikat ini berguna banget, kadang dibutuhin juga untuk melamar kerja, ada beberapa instansi yang minta bukti ijazah bahwa yang bersangkutan sudah wamil. Termasuk si babapanda waktu daftar cpns, bukti wamil nya harus terlampir.
Rasanya untuk menghapus wamil sulit di Turki, karena posisi negara yang strategis ditambah negara timur tengah disebelahnya rawan konflik, ditambah separatis Pkk selalu merongrong Turki. Terakhir ada serangan BOM bunuh diri di ibukota ankara hampir 100an orang meninggal dunia.
Dan kelak kalau fatih  tetap milih jadi warga negara Turki, diapun akan jalanin wamil..ohhhh nooo-.-‘
Oh ya ada tradisi unik setiap warga yang mau lepas anak laki lakinya wamil, biasanya para pemuda ini jalanin konvoi arrghhh…unik namun ngeganggu sebenarnya, mereka pake acara joget joget..hellooooo…terus konvoi bunyiin klakson dan nembakin senjata ke udara..iniii yang paling ngeganggu-.-

Semua pria Turki WAJİB.

..yup termasuk warganya yang berkebutuhan khusus pun wajib jalanin. Untuk warga yang berkebutuhan khusus wajib militernya cuma 1 hari, dan itu sebenarnya cuma model perkenalan sama militer Turki, mereka dikenalin baris berbaris, dipakein seragam juga, dikenalin sama militer turki termasuk persenjataannya. Kebetulan kami punya keponakan laki laki berkebutuhan khusus, dia sudah masuk umur untuk wamil, dia jalanin wamil 1hari, wamilnya menyenangkan menurut saya:) tentara  berkenalan sama mereka lebih dekat, ga ada tampang komandan garang, tapi prajurit dan komandan komandan yang memeluk hangat warganya untuk bisa lebih cinta tentara dan tanah airnya. program khusus wamil 1 hari biasanya diadakan di lapangan belediyesi*pemerintah lokal*

100520121743513770291.jpg
wamil untuk warga berkebutuhan khusus*sumber:ggl*

23651_1383762963691_3848617_n
jaman si babapanda mau berangkat wamil

4325_1124868851500_1063332_n
pelatihan pelatihan si babapanda selama wamil

21837_1336517502584_4163533_n