Categories
dunia mix marriage Turkey

Pria Turki dan Wajib militer

Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 – 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk lelaki.*sumber mbak wiki*

Apa sih yang dikhawatirin ketika kenal pria turki?

1432937974326
sumber:hurriyet

dia udah ikut wajib militer atau belom:D
Wajin militer atau disingkat Wamil,  di Turki lebih dikenal dengan Askerlik. İni program wajib untuk para pria Turki sampai batas waktu tertentu. Semua warga yang ber ktp Turki baik yang tinggal di dalam negeri atau diasporanya yang masih pegang pasport Turki wajib jalanin wamil.
Jika benar benar tidak bisa jalanin biasanya harus bayar kompensasi ke negara yang jumlahnya lumayan buat beli 1 unit apartemen.
Tentang denda ini sempat jadi kontroversi didalam negeri, karena tentu saja memudahkan untuk mereka yang lebih berduit mangkir dari kewajiban ini, tapi dapat info dari teman, walau bayar denda tetap ada wamil dengan waktu lebih singkat.
Untuk yang lulusan universitas, wamil biasanya dijalani hanya setengah tahun saja biasanya mereka tidak turun kelapangan langsung tapi tetap akan diperbantukan di instansi militernya, dan untuk yang jalanin wamil lulusan SMA, hampir 1.5 tahun.
Kalau ada yang nunda nunda wamil biasanya mereka yang sedang melanjutkan study, atau yang sedang jalanin bisnis.
Babapanda jalanin militer 1.5 tahun, karena cita citanya emang jadi tentara walau ga kesampaian *dalam hati  saya: alhamdulilahhhh ga kesampean:D*** 
Dia cukup menikmati pengalaman nya jalanin wamil di kota diyarbakir Turki. Diyarbakir ini kota didaerah perbatasan Turki, rata rata suku kurdi yang menempatinya dan  banyaknya separatis dan simpatisan  pemberontak kurdi, lumayan beresiko karena ditempati langsung di garda terdepan:0
selama jalani wamil, selain dilatih bela negara, pegang senjata dan banyak olahraga—makanya kalau pria Turki ikut wamil bisa pada sixpack perutnya,tapi begitu kelar wamil pada melendung lagi :D:D—karena latihan yang ketat, bangun subuh, disuruh olahraga, dikasih makanan yang ga nafsuin katanya jadi bikin mereka cepet pada kurus heheh.
Wamil yang dijalani si babapanda benar benar bukan cuma latihan perang. Tapi Turki memanfaatkan tenaga warganya untuk bela negara juga, si babapanda  pernah bercerita masa masa terberatnya wamil, harus naik turun bukit ngamatin pemberontak. Seringnya wamil inipun memakan korban:( banyak pemuda yang syahid di medan perang beneran.
Begitu kelar wamil dapat sertifikat kalau sudah jalani wajib militer. Sertifikat ini berguna banget, kadang dibutuhin juga untuk melamar kerja, ada beberapa instansi yang minta bukti ijazah bahwa yang bersangkutan sudah wamil. Termasuk si babapanda waktu daftar cpns, bukti wamil nya harus terlampir.
Rasanya untuk menghapus wamil sulit di Turki, karena posisi negara yang strategis ditambah negara timur tengah disebelahnya rawan konflik, ditambah separatis Pkk selalu merongrong Turki. Terakhir ada serangan BOM bunuh diri di ibukota ankara hampir 100an orang meninggal dunia.
Dan kelak kalau fatih  tetap milih jadi warga negara Turki, diapun akan jalanin wamil..ohhhh nooo-.-‘
Oh ya ada tradisi unik setiap warga yang mau lepas anak laki lakinya wamil, biasanya para pemuda ini jalanin konvoi arrghhh…unik namun ngeganggu sebenarnya, mereka pake acara joget joget..hellooooo…terus konvoi bunyiin klakson dan nembakin senjata ke udara..iniii yang paling ngeganggu-.-

Semua pria Turki WAJİB.

..yup termasuk warganya yang berkebutuhan khusus pun wajib jalanin. Untuk warga yang berkebutuhan khusus wajib militernya cuma 1 hari, dan itu sebenarnya cuma model perkenalan sama militer Turki, mereka dikenalin baris berbaris, dipakein seragam juga, dikenalin sama militer turki termasuk persenjataannya. Kebetulan kami punya keponakan laki laki berkebutuhan khusus, dia sudah masuk umur untuk wamil, dia jalanin wamil 1hari, wamilnya menyenangkan menurut saya:) tentara  berkenalan sama mereka lebih dekat, ga ada tampang komandan garang, tapi prajurit dan komandan komandan yang memeluk hangat warganya untuk bisa lebih cinta tentara dan tanah airnya. program khusus wamil 1 hari biasanya diadakan di lapangan belediyesi*pemerintah lokal*

100520121743513770291.jpg
wamil untuk warga berkebutuhan khusus*sumber:ggl*

23651_1383762963691_3848617_n
jaman si babapanda mau berangkat wamil

4325_1124868851500_1063332_n
pelatihan pelatihan si babapanda selama wamil

21837_1336517502584_4163533_n
 
 
 

13 replies on “Pria Turki dan Wajib militer”

Hai Rahmabalcı, hahaha bener tuh yg mengenai sixpack, jd one pack plus melendung dikit, suamiku gitu 😀 . Tiap tahun di hari dia pertama kali masuk wamil, pasti bilang deh “hari ini sekian tahun lalu .. aku ikutan wamil bla bla bla” . Di Turki masih berlangsung ya wamil sampai skrg?, klo di Jerman bukan kewajiban lagi, pas jaman suamiku aja yg wajib, pdhl program begini sih bagus buat ngembleng para pria, biar jantan 😉 . Btw aku mau subscribe blogmu via email masih error spt ini http://keluargapanda.com/?subscribe=error#blog_subscription-2 .

kalau ga salah dr usiia lulus SMA gitu sama batas 30, itu juga tergantung jenjang pendidikan, kalau lepas SMA langsung wamil, sekitar 1.5 thnan, lulus kuliah baru wamil sekitar 6 bulanan

Kak mau tanya, biasanya klo yg ikut wamil itu bisa dijengukin keluargany gk? Atau msh bisa bwa handpone gk?

bisa, kalo handphone setau saya ga boleh yang smartphone, cuma dibolehin buat telpon aja,jadi make yang jadul gitu selama wamil*pengalaman dr keponakan suami,pas kita tengokin*

Sumpah demi apapun mbaaaaakkk… Tulisan mbak tuh kaya oase di gurun… MasyaAllah ngebantu banget.. soalnya aku lagi Deket sama pria Turki, ya paling tidak aku bisa “melek” lah ya.. tentang pria Turki😊😀

ya syukur kalo bermanfaat mbak, buat bahan pertimbangan untuk memutuskan, mencari tahu berbagai informasi yg berimbang, minimal mengurangi syok kultur itu aja…dulu.

Mbak mau nanya, kalau di Indonesia kan ada tentara tetap, klo di turki apa nama istilahnya?, kemudian apa bedanya sama wamil? Atau sama ajakah, mohon sharenya😃

di Turki jg tentara tetap mba, kalo wamil itu warga sipil laki2 wajib mengikuti pelatihan militer sesuai jangka waktu yg ditentukan, kalau ga bisa ikut wamil bisa dengan bayar denda ke negara, jumlahnya ditentukan. warga Turki laki2 wajib ikut pelatihan militer (wamil) krn Turki punya alasan tersendiri sbg negara yg berdekatan dgn daerah konflik, adanya pemberontak, untuk keamanan negara, gunanya laki2 Turki wamil jelas:sebagai bela negara, jika Turki kekurangan tentaranya ketika masa perang, rakyat sipil yang sudah ikut wamil dianggap tentara cadangan krn sudah berlatih militer juga. Sama hal nya kayak di korea selatan, itu knp laki2nya pada pergi wamil, apalagi tetanggaan sama korut, kalau suatu waktu sampe bersitegang sama korut, mereka bisa menggunakan warga sipil ini sebagai tentara cadangan juga buat bela negara..kira2 gitu

Hai kak, aku mau tanya. Kalau sudah s1 tapi bisakah dia menjalankan wamil selama 1 tahun penuh? Padahal dia punya hak untuk wamil selama 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *