Disini saya mau berbagi cerita pengalaman kepindahan saya ke tempat baru, ternyata ga semudah ketika baru pindah ke İstanbul (2012),Dulu, ketika ngurus ikamet cukup datang ke kantor polisi dan antri di loket khusus, lalu petugas cek data dan buku ikamet, hanya diberi cap di buku ikamet dengan keterangan alamat baru. Selesai!

Pindah alamat di Turki
Ternyata ga semudah yang dibayangkan….

Sekarang dengan bergantinya sistem mengurus izin tinggal di bawah Goc iddaresi, prosedur mengurus ikamet jadi jauh lebih panjang, penambahan dokumen semakin banyak, Turki memang memperketat pemberian izin tinggal, semenjak semakin banyaknya menampung warga pendatang dari negara konflik.

Baca: pindah warga negara

Pindah ke İskilip, saya harus bikin rendevu online di website goc iddaresi, untuk jadwal mengurus pindah alamat di ikamet. Data yang dibutuhkan tidak jauh seperti memperpanjang ikamet, ini yang membuat suami agak senewen, Harus isi formulir baru download dari websitenya, minta foto biometrik lagi dan juga foto suami sebagai sponsor, bukti tabungan, pekerjaan, asuransi, surat kelakuan baik yang dikeluarkan pengadilan.

Jadwal urus ikamet di Goc iddraresi pusat di Corum, karena ga mungkin urus di iskilip yang hanya kota kabupaten, antrian di kantor Goc di dominasi orang arab, baik itu suriah, irak,iran dll, sampai sampai segala brosur juga berbahasa arab.

Brosur berbahasa arab semua

Bertemu langsung dengan Petugas yang mengurus İkamet, di cek dokumen dan diminta memberi sidik jari ulang lewat komputer, Prosedur Foto ulang di depan petugas, Foto menyamping dan posisi depan, lalu sidik jari, kanan dan kiri dan di rekam melalui alat khusus, proses yang memakan waktu, apalagi saya tipe orang yang sidik jarinya sulit ke rekam mesin, dulu zaman kerja, bagian absen sidik jari paling lama sendiri, Nah ketika urus ikamet dapat masalah yang sama sampai petugasnya agak kurang sabar. Nasip:)

Penggantian kartu ikamet baru dikenakan biaya sekitar 85 lira, padahal tahun depan saya juga mesti perpanjang kartu ikamet baru,nanggung banget kan! Dan untuk bayar kartu baru, di Corum harus langsung ke loket di kantor pajak daerah, langsung masuk kas negara, di İstanbul seingat biasanya lewat rekening bank pemerintah. Kebijakan tiap daerah sering berbeda.

Kenapa tidak nunggu sekalian perpanjang ikamet baru?

Karena alamat tinggal saya sudah berubah, suami sudah daftarkan alamat baru ke kantor Nufus di İskilip, otomatis proses penggantian alamat ikamet juga harus saya lakukan mengikuti alamat tinggal saya selama di Turki, Karena sebelumnya alamat data di dokumen ikamet saya dikeluarkan di İstanbul, dan di kartu ikamet juga di tulisnya İstanbul, butuh proses penggantian kartu baru. Begitu İnterview selesai dengan petugas Goc, Semua dokumen pengajuan dan perpanjangan İkamet di tumpuk dan akan dikirim ke Goc Pusat di Ankara ibukota Turki. Sementara saya hanya diberikan pegangan fotokopi pasport dengan tandatangan dan cap dari Goc iddaresi sebagai ganti kartu ikamet yang belum dikirim lewat pos.

Ribet ya? Ya kalau dipikir-pikir memang ribet heheh, tapi mau gimana lagi, ini prosedur yang saya harus lewati untuk dapat izin tinggal di Turki (ikamet) Urus pindah alamat saja harus setor muka lama ke kantor Goc di kota tempat kita yang baru. Dokumen untuk mengganti alamat tinggal sama seperti mengajukan perpanjangan baru, Bertumpuk dokumen. Rasanya kalau pindah-pindah Kota di Turki, makin puyeng karena status kartu ikamet harus dipindahkan juga ke alamat baru, kadang mikir kok kurang fleksibel ya hahah, Padahal kan semua data sudah terkomputerisasi dengan baik disini, Data saya di keimigrasian Turki saja lengkap, keluar masuk Turki berapa lama juga tercatat, cuma ganti alamat tinggal saja, dokumen yang diminta segambreng. Ya..ya kedepan semoga ada perampingan dokumen, sayang kan buang buang kertas banyak buat nge print, fotokopi. Padahal Data asli sebenarnya ada di komputer, Harusnya tinggal tambah kelengkapan data baru saja*ngomong dong sama Presidennya hahaha**