Minggu kemarin, kami pergi ke koy, menginap semalam saja,alasan utamanya karena sehari sebelumnya, suami mendapat curhatan kakaknya, Si Abla meminta adiknya ini untuk bicara ke si Anne. Dalam hati ” hadeuh urusan apalagi ini’ ada masalah gawat apalagi di Keluarga suami, sampai raut wajahnya kesal begitu memutus saluran telpon dari si Abla.

dari pluto menuju Planet mertua:V

Kemudian suami cerita sedikit, masalahnya tiap tahun sama: Bagaimana caranya biar si anne dan baba ‘pensiun’:D, Si Abla dan keluarga biasa membantu si Anne jika musim bercocok tanam tiba, menggarap ladang, tapi juga sebenarnya mereka sudah merasa ‘lelah’ weekday suaminya kerja, Weekend diminta bantu di ladang. Terjadi kesalahpahaman, Sampai si anne ngambek, anaknya ga ada yang mau bantuin bertani. Nah curhatnya ke kami– kemudian sebagai adiknya, Babanya anak-anak berkunjung ke Koy dengan membawa ‘Misi’.

Baca dong:

menikmati panen di kebun mertua

cerita dari pedesaan Turki

cerita dari pedesaan Turki part 2

Maunya kami, meminta kedua orangtua ini untuk kurang-kurangi kerja berat, menggarap ladang gandum, mending kalau cuma satu. Si Baba punya lahan 4 yang produktif, belum kebun sayurnya. Kalau untuk alasan finansial rasanya juga bukan, Si Baba ada uang pensiun, cukup untuk hidup berdua di Koy, mereka cuma bayar listrik saja, tidak keluar uang untuk bayar penghangat ruangan maupun air kran. Makanan? Hasil kebun sendiri. Karena tiap tahun saran anak-anaknya tidak pernah didengar, sampai akhirnya si Abla ngambek heheh, cuma diminta kurangin kerja berat, diminta jadi kaum rebahan gitu, menikmati masa tua, main sama anak cucu? Tidak mau. Saya dan suami pernah menawarkan diri mengajak mereka untuk tinggal sementara di musim dingin, karena apartemen kami lebih hangat. Jawaban mereka apa? ” nanti sapi sama ayam-ayam saya bagaimana, ga ada yang ngurusin” İnget dulu saya pernah menulis di Blog lama, bagaimana si Anne merasa stress diajak tinggal di İstanbul, padahal hanya karena masa pengobatan saja, semua disediakan. Beliau tiap telpon ke Koy, yang pertama ditanyakan adalah nasib ayam-ayam dan sapi kesayangannya dibanding nanyain kabar suaminya:D

salah satu yang menarik di Turki: Keledai

yang tengah-rumah sapi dan ayam kesayangan mereka

Hanya mengurangi saja tidak meminta mereka untuk berhenti total, subhanallah karakter Turkinya pada keluar semua, susah dibilangin:D:D karena sebelum musim dingin lalu, si anne juga sempat sakit, Suami sibuk ngurusin, penyakit lamanya kambuh. Dan tetap ga berefek banyak agar beliau mau mengurangi rutinitasnya, Setiap beliau berkata ” ben hastayım” anak-anaknya cuma bilang: Anne istirahat. Nurut sebentar, begitu keluhannya reda, ditengok udah ngilang lagi entah kemana. Kalau kata urang sunda ” teu daek cicing”

jalan masuk desa

Suami, jadi ‘jembatan’ menengahi perseteruan antara si anne dan ablanya, setelah si Abla menceritakan versinya kemudian gantian mendengarkan versi Anne, ujungnya lebih sepakat dengan ablanya. Saya sebagai pendengar saja hahah takut kualat ah, Kami kuatir dengan kesehatan mereka, karena kalau sakit ya ngeluhnya ke anak-anaknya semua, dikasih solusi tetap ga mau, udah gitu aja terus ga kelar -kelar. Sepulang dari Koy kami menagih si Baba jalan sebentar, iya kapan lagi kan keluar dari Pluto

dalam perjalanan ke luar pluto

Biasa setiap kunjungan ke rumah mertua, pulangnya harus nyenengin anak istri dulu, kalau anak-anak cukup diajak ke Park besar saja, mereka main sepuasnya, di Pluto susah nyari Park besar, hanya ada di kota provinsi yang sarananya lebih lengkap. Kalau saya? maunya ya bersantai, diajak makan, ngafe..cieee biar waras terus, sekarang juga berusaha hindari keramaian dulu, apalagi corona juga sudah nyampe Turki. Belum ada rencana liburan kemana-mana Tahun ini, nengokin si emak mertua aja terus sampai dapat Hidayah..,biar mau istirahat, liburan gitu. Misi kemarin ya tetap gagal.

menutup misi dengan secangkir cappucino aheyyy

Postingan ini agak santai aja sebenarnya, lagi pengen bagi-bagi foto, next akan lebih banyak foto landscape dari Pluto saya bagi di Blog dan sosial media, buat relaksasi menikmati alam. Sampai pernah ada DM dari teman di İstanbul ‘‘ mbakkkk culik akuuuu ke Pluto” wkwkwk diculik ko ngarep.