Biasanya orang mengidetikkan bau mulut kalau sedang puasa, nafas naga eh tapi katanya gak apa-apa kok namanya juga ibadah. hmm. Puasa ga selalu identik dengan bau mulut loh . Selama puasa faktor makanan ketika buka dan sahur jadi penentu bau atau tidaknya mulut kita sepanjang hari. Tidak saja masalah kesehatan gigi, seperti gigi berlubang yang emang bisa jadi faktor utama juga, lalu penyebab lainnya.

Berapa lama makanan dicerna

Makanan penyebab Bau mulut

Makanan yang banyak mengandung gas, lemak, Protein hewani. Salah satunya jika selama berpuasa kita makan, makanan yang kategori sulit dicerna usus, semisal Makanan serba daging, masa cernanya lumayan lama loh di usus, secara umum membutuhkan waktu 6-8 jam. Makanan yang sulit dicerna akan cepat membusuk dan menjadi salah satu penyebab bau mulut, Tapi jika makanan kaya serat seperti sayur dan buah, tidak memakan waktu selama itu, itulah kenapa kalau habis makan buah cepat lagi laparnya. Karena proses cernanya cepat. Eh tapi jenis sayuran pete jengkol bikin bau kan? iya bau, itu jenis makanan yang mengandung gas. Sayur yang lain dong, sayur asam, urap, lalapan daun singkong gitu.

Orang Turki keras? lihat menu makannya

Solusi mengurangi Bau Mulut selama Puasa

Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya serat. Saya ga asal nulis juga, berbagi pengalaman saja, selama Puasa Ramadan, Konsumsi sayur dan buah di rumah justru meningkat, konsumsi karbo dan gula sedikit saya kurangi, meski tetap konsumsi daging, makannya tidak dibarengi karbo seperti Nasi, cukup salad sayur.

Kenyang? Alhamdulilah tetap mengenyangkan, karena seperti yang ditulis diatas, kalau jenis protein hewani itu lama proses cernanya, kalau dibarengi konsumi karbo, makin menambah beban berat usus untuk mencerna, gas dan pembusukan makanan yang tidak tercerna sempurna yang berujung menyumbang bau mulut, dibarengi makanan berserat tinggi, bisa menghindari bau naga..eh bau mulut. Ga percaya? hmm coba buktikan hehe.., selama puasa saya lebih banyak memakai pola makan Foodcombining dan semua teori tentang makanan penyebab bau mulut atau tidak bisa dibuktikan. Perbanyak serat buah dan sayur, kurangi Gula pabrikan, makanan olahan, apalagi gorengan eleuhhh godaan banget sih emang. Karena sejatinya makna berpuasa kan menahan hawa nafsu, termasuk ‘nafsu’ kalap pengen makan semua yang ada di meja makan. Dan puasa juga termasuk proses detoks tubuh, membuang racun-racun, biar puasanya juga berhasil, tetap sehat ga melonjak berat badan karena ga bisa tahan nafsu makan, Jaga pola makan sehat selama berpuasa. İnsha allah masalah bau mulut bisa teratasi juga, selain jaga kesehatan gigi dan mulut. Makanan juga di jaga.