Hari rabu lalu saya ke pasar untuk belanja sayur dan buah, tidak seperti hari pasar biasanya, saya dengan mudah masuk ke area pasar lewat jembatan kecil dekat BiM market, tapi waktu itu jembatan kecil ditutup, kemudian jalan memutar lebih jauh, ternyata masuk pasar dijaga polisi dan harus dicek HES kodenya, bersyukur waktu itu saya dan suami bawa HP, biasanya suami jarang bawa HP, bisa repot deh, Nah HES kode ini apa ya? OK saya jelasin apa itu HES kode:

HES kepanjangan dari: Hayatevesığar-Life fits into home) kode ini bisa membantu membagikan status risiko penyebaran COVİD-19 di Turki dengan aman terhubung ke İnstitusi dan individu untuk aktifitas dalam berkendaraan maupun melakukan kunjungan ke suatu tempat. Jadi jejak kemana saja kita melakukan perjalanan terpantau.

Kode ini berfungsi sebagai mitigasi risiko infeksi pada kendaraan ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Pasien Covid-19 atau orang yang dihubungi tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Kode ini bisa memberi tahu kita jika ada orang yang terindikasi positif Covid-19 di kendaraan yang sama.

Melalui Aplikasi HES KODU baik via İos maupun Android, kita bisa tahu daerah-daerah dengan Zona Merah Covid-19, daerah berisiko tinggi ataupun rendah risiko. HES kode bukan jenis dokumen ijin perjalanan.

Bagaimana caranya mendapatkan HES kode:

Download aplikasi HES kodu di playstore maupun İOS.

Tersedia dalam 2 bahasa: Turki dan bahasa inggris, untuk warga negara asing dan memiliki İkamet tetap bisa daftar dengan nomer ikametnya, pilih bagian warga negara Turki (pemegang ikamet ikut prosedur warga biasa)

Melalui SMA ke 2023

Tulis HES dan Nomor KTP, empat digit terakhir kode seri KTP dan hari berbagi (jumlah hari), masing-masing dan dengan spasi di antara informasi yang diminta) dan kirim SMS ke 2023.

Untuk warga negara asing (Turis) Ketik HES, kewarganegaraan , nomor seri paspor, tahun lahir, dan nama belakang. Beri jarak di antara setiap item. Kirim SMS ke 2023.

Via E-Goverment / E-Devlet

İni khusus untuk warga negara Turki bisa melalui website resmi E-Goverment-nya selain aplikasi.

Untuk anak-anak dibawah 18 tahun, Prosedurnya sama, anak-anak bisa mendapatkan HES kode melalui aplikasi maupun SMS

Sebenarnya manfaat HES kode itu apa?

Untuk Pekerja, Perusahaan maupun İnstitusi akan memeriksa status kesehatan individu dengan HES kode ini, jika ada risiko aktifitas perjalanan atau kunjungan yang bersangkutan tidak akan dikonfirmasi.

Misal: Ketika HES kodu kita sudah dibagikan sebelum melakukan perjalanan (baik menggunakan pesawat , kereta, Bis umum) risiko Covid-19 untuk semua penumpang dapat diperiksa melalui HES kode ini, dan seseorang yang beresiko akan dilarang melanjutkan perjalanan, kita juga bisa melindungi diri sendiri dengan HES kode ini, seperti yang sudah saya tulis diatas, lewat aplikasi HES kode yang diunduh, kita bisa cek mana saja daerah dengan risiko tinggi penyebaran COVİD19 di Turki.

Kemudian ketika melakukan perjalanan dengan orang -orang yang tidak memiliki gejala tapi setelah 14 hari, ternyata saya mengalami gejala Covid19, nanti akan ada yang menghubungi dari dinas kesehatan Turki untuk penyediaan perawataan kesehatan dan juga panduan-

İntinya*** : HES kode ini seakan sistem pelacak pergerakan kita di wilayah negara Turki, mana saja tempat yang kita datangi akan terekam dengan HES kode ini di server milik pemerintah Turki. Daerah-daerah dengan resiko tinggi (zona merah) akan terdeteksi jika kita melakukan perjalanan ke sana, kemudian jika 14 hari, setelahnya kita mengalami gejala, langsung terekam deh semua jejak kemana aja , sama siapa aja, jaga jaraknya. Canggih ya? kalau di aplikasinya sih untuk urusan jaga jarak bisa dicek. Di Aplikasi HES itu semua terkoneksi ke pusat informasi COVİD-19 dan juga tersedia nomer-nomer darurat , Scan QR code juga ketika masuk sebuah tempat semisal cafe. Terlacak semua pergerakan warganya.

HES kode bisa untuk melaporkan pelanggaraan

Oh ya bahkan di aplikasi HES kodu ini kita bisa melaporkan siapa saja pelanggar aturan nah ngeri kan, bahkan bisa menyertakan bukti foto selain melaporkan orang atau instasi yang melakukan pelanggaran, semisal aturan jam malam, lockdown tapi masih ada yang keliaran ga pakai masker, cekrekk foto kirim, bahkan harus detail diisi , Provinsi, kabupaten sampai alamat detailnya.

Aplikasi ini dibuat, bukan sama si Nam dosan sama Dalmi ya😀 saya juga ga tahu yang bikin, tapi tujuannya tentu saja bagus, bermanfaat untuk memetakan penyebaran Covid19 di Turki, ya meski yang ‘bandel-bandel tetap saja banyak, turis -turis terutama dari İndonesia juga kayaknya ‘sakti-sakti- tetap nekad liburan dimasa pandemi-.-‘ semoga tetap sehat-sehat, risiko ditanggung sendiri.