Bulan Juli ini, gajian pertama dari Google adsense cair. Ya meski bukan sekelas youtuber yang ‘panen’ adsense karena punya ribuan viewers, İts Ok, Untuk Blog Keluargapanda, start awal buat pengalaman. Monetasi Blog. Sebagai Blogger di Luar negeri, cuma bisa buka e-mail lalu skip, skip, Kalau ada penawaran atau undangan event terutama dari komunitas Blogger yang saya ikuti. Belum rezeki, kadang selalu ada syarat domisili, Kapan kapan ingin juga ngerasain datang ke event Blogger, ketemu Blogger-Blogger kece İndonesia. Mungkin salah satunya yang lagi baca tulisan ini..aheyyy!!

Jadi bagaimana akhirnya Adsense-nya Cair?

Setelah 7 purnama, akhirnya cair juga, yah dengan page view pas-pas-an, Kalau tidak salah hampir 10 bulan dari awal keterima google adsense, baru bisa cair. Untuk daftar adsense juga perjuangan, pertama ditolak! kamu ga layak!—bayangin muka mbah google dalam kehidupan nyata–kemudian mulailah saya berburu informasi, menjelajah Blog -Blog kece yang sudah berpengalaman dan bahas perihal menaklukan google adsense. Lalu ikuti step by step segala wejangan dari tulisan berfaedah yang suka rela mereka bagi. Dan finally!!! di bulan ke 3 Umur Blog Keluargapanda, lamaran di terima. Dengan menambahkan Privacy policy, Disclaimer dan memfokuskan ke Niche Blog. Dan memang umur Blog ga jadi jaminan, saya bisa mematahkannya, kurang dari 6 bulan, Google adsense bisa terima.

Mengumpulkan si Lira

Lira-karena langsung dalam bentuk kurs TRY (Turk Lira) Mata uang Turki. Naik turun juga perbulan, sebulan dapat 50 lira juga belum pernah. Daripada galau mikir kapan adsense cair? Saya tetap Fokus ke tulisan, karena tujuan utama tetap nge-Blog adalah berbagi tulisan, syukur-syukur bermanfaat buat pembaca.

Nanti terlalu obsesi bagaimana blognya bisa menghasilkan duit dengan cepat, tapi tulisan semakin ditinggalkan pembacanya. Saya selalu yakin, sesuatu yang baik akan diikuti hal baik juga, salah satunya jalinan silaturahmi yang diawali dari tulisan di Blog juga, saya banyak mendapatkan teman baru. Urusan rezeki saya tetap berkeyakinan pasti ada jalannya sendiri-sendiri. Punya teman-teman baik juga itu rezeki yang tidak ternilai.

Ok, kapan tepat Adsense cair?

Awalnya dapat email di Gmail, pemberitahuan tentang batas pembayaran Google, Oh ya sebelumnya juga dapat kiriman Pin adsense, akhir tahun lalu, sayangnya bertepatan dengan kepindahan saya dari İstanbul, Pin Google di kirim ke alamat lama, kemudian saya minta kirim ulang ke alamat tinggal baru di İskilip, dengan mengganti alamat profile juga di Google adsense. Kurang dari 1 bulan Pin google adsense sampai ke alamat tinggal yang baru, di tulis pengirimnya: adalah kantor Google di Paris Prancis.

 Baca Gagal update jetpack

Tidak punya rekening Bank, bagaimana?

 Baca :Adab bersosmed

Saya sebelumnya sempat ada rekening bank BCA--dan lupa lagi pin-nya penyakit banget-.-‘, Untuk metode pembayaran, saya pilih transfer ke Bank Lokal Turki, karena seperti yang tertulis harus sesuai wilayah tinggal. Tadinya mau buka rekening Bank Turki, eh pas İkamet sedang proses penggantian alamat tinggal. Ribet juga. Diundur terus untuk menkonfirmasi metode pembayaran.

Dapat email lagi bulan Juni, batas pembayaran untuk cairnya google adsense sudah bisa dikirim, nah kan ga punya rekening? apa kirim wesel aja?–eh mbakkk..wesel??? ini tahun berapa

Terus, ehm saya pinjam kartu debit punya suami, tengah malam, bongkar dompetnya, karena orangnya udah tidur duluan. Saya tulis aja di metode pengiriman atas nama rekening suami, dan nama suami. Dan ternyata? Bisa!! kemudian ketik nomer İBAN nya, dan google approve.

Sebelumnya, untuk konfirmasi rekening pengiriman, diminta untuk pilih kirim uang di bawah 1 lira, saya klik angka 0.99 tl, sehari kemudian uang tersebut masuk ke rekening suami, untuk beberapa kasus yang saya baca, ditulis ada informasi kode dari Google dipengiriman pertama konfirmasi, angka beberapa digit. Tapi saya tidak mengisi konfirmasi tersebut, sesuai aturan, pertanggal 21, transfer uang adsense. Tanggal 20 dapat email, kalau akan dikirim, dan esoknya sudah masuk rekening suami, dicek lewat e-bankingnya.

Terus duit adsense nya buat apa?

Dipake suami..huhuhu, Ya ga apa-apa juga, saya ikhlas banget. Suami senang. Terus berlanjut saya bilang: eh jangan lupa, kapan kita ke Mall, eh temen ada yang jual ini, pengen beli. Nanti transferin ya, kayaknya butuh jajanan İndonesia, stok menipis, mau buat bakso, tapiokanya ga ada. Dan berbagai list yang saya siapkan menanti. Dia kemudian, menghela nafas… , kan ga apa-apa duitnya ga saya pegang. (merasa lugu jadi malah malak lebih besar).

Balasan buat sang donatur Blog keluargapanda, adalah doa-doa terbaik dari istrinya ahemmmm Semoga Rezeki yang tidak seberapa lewat cairnya Adsense bisa terus disyukuri dan mengundang rezeki-rezeki yang lebih besar datang. Pokoknya tetap semangat berkarya. Hingga nanti suatu saat beneran bisa traktir suami, makan makanan mahal, kayak kepiting, lobster gitu– tetap sih ga bakal dia makan:Ç traktir tiket pesawat kelas bisnis buat liburan. Aaamin.