İni cerita mudik akhir tahun lalu, saya sekeluarga mudik ke İndonesia  menggunakan maskapai Qatar Airways,  koper yang saya bawa 2 koper besar, 1 koper sedang dan 1 koper kecil ukuran kabin. Kebetulan 1 koper besar adalah milik teman saya di İstanbul yang sempat saya pinjam.
Saya menggunakan penerbangan malam dari soekarno-hatta lalu transit di Doha sekitar 2 jam-an, Sempat terjadi kepanikan setelah tahu kami salah Gate (efek  transit Subuh dan ga cek detail layar besar informasi Gate di Bandara) dengan santainya kami menunggu di gate A7 yang ternyata pesawat jurusan Doha-Attaturk airport İstanbul, sedang tujuan kami Sabiha gokchen İstanbul, Bandara istanbul bagian Asia berada di Gate C26, yang mana jaraknya lumayan jauh, dengan jadwal penerbangan yang hampir sama jam-nya, Bersyukur masih bisa kekejar dan kami jadi penumpang terakhir Check-in di Gate tersebut.

Tiba di Bandara Sabiha sekitar pukul sebelas siang waktu İstanbul, setelah melewati pengecekan pasport dan sebagainya, menungggu ditempat pengambilan koper  lalu  kekecewaan kami rasakan, ketika tahu salah satu koper besar yang kami bawa pecah rodanya, apalagi koper yang pecah roda tersebut milik teman saya, Suami langsung menuju ruang klaim bagasi di Bandara Sabiha untuk mengadukan masalah koper yang rusak.

Suami berbicara dengan staf di kantor tersebut, tak lama salah satu staf dari Qatar airways  Turki datang menemui kami, suami berbicara dengan staf tersebut untuk mengadukan masalah koper rusak dan mengajukan klaim.
Pihak Qatar airways cukup kooperatif, dia mengecek kerusakan koper, lalu mendata suami untuk proses klaim.
Adapun kebijakan dari pihak airlines yang kami tahu dari staf tersebut, untuk klaim koper rusak:

  1. Akan diganti seharga koper baru JİKA masih menyimpan bukti pembelian koper tersebut (jadi kalau punya koper mahal, sepertinya wajib simpan ya buat jaga-jaga kalau sampai kejadian koper rusak di bandara)
  2. Diganti seharga kesepakatan (jika bukti pembelian tidak ada) inipun setelah pihak qatar check harga dan brand koper tersebut via internet.

Suami kemudian mengisi formulir klaim seperti dibawah ini:

formulir klaim

 

Mengisi detail data diri dan akun bank, dan tidak butuh waktu lama  1x 24 jam pihak Qatar airlines langsung mentransfer Uang penggantian koper rusak tersebut, Uang pengganti memang tidak sepenuh harga koper tersebut, karena tidak bisa menunjukan bukti pembelian koper (koper lama) tapi bersyukur pihak Qatar airways bertanggung jawab dan mengganti rugi kerusakan koper.

İni sekedar pengalaman pribadi saya terbang menggunakan Qatar Airways, semoga bermnafaat jika ada yang mengalami kasus serupa.