Sekarang banyak pemandu wisata di Turki yang fasih berbahasa indonesia, bahkan KBRİ ankara menfasilitasi ujian bahasa indonesia untuk para calon pemandu wisata, bekerja sama dengan lembaga pemandu wisata Turki (TUREB) ujian lisan dan tulisan, dinilai dan di evaluasi oleh pihak perwakilan KBRİ dan TUREB.

Dengan semakin meningkatnya kunjungan Wisatawan indonesia ke Turki tentu saja membuka peluang Pekerjaaan di sektor wisata Turki lebih besar, Apalagi İndonesia dianggap salah satu negara sahabat.

Ya tahu sendiri tipikal wisatawan indonesia apalagi geng mamak-mamak, biasanya royal kalau belanja, Sekarang kalau berjalan di area spice baazar İstanbul, sapaan para pedagang dengan bahasa indonesia menjadi hal biasa, kadang mereka bertanya dulu: indonesia? malaysia? Tapi karena serumpun, penggunaan bahasa indonesia saja bisa ikut menarik minat wisatawan dari negara tetangga Malaysia

Nah kabar ga enaknya, Buat wisatawan indonesia yang mau datang ke Turki, jadi harus lebih hati-hati kalau mau komen sesuatu, apalagi jika itu hal sensitif. Misal tentang Bapak republiknya negara ini.
Dapat cerita dari teman, tentang wisatawan dari indonesia yang mengekpresikan ketidaksukaannya ketika datang ke Anit kabir -komplek makam pendiri republik Turki) ya tahu sendiri, imej tentang si bapak sekuler di kalangan umat muslim, khususnya di İndonesia. Orang tersebut berkomentar yang kurang etis. Kemudian di tegur oleh pemandu wisata nya yang ternyata fasih berbahasa indonesia: Kalau tidak suka, ga usah datang kesini! Duh!

Tips untuk traveller di istanbul

Saya tahu banyak di luaran sana yang memiliki penilaian berbeda dengan bapak Republik ini, Tapi mengeluarkan pendapat tersendiri apalagi bernada negatif ketika berada di Turki adalah hal yang kurang etis. Meski Pemerintahan Turki yang sekarang dikuasain Partai yang berhaluan islam moderat, tapi bukan berarti mereka Meng’halal’kan para pendukungnya untuk menghina salah satu simbol negara ini. OK saya bilang simbol karena emang Foto Tokoh ini akan selalu terpampang dimanapun di negara ini, Fasilitas Negara, seperti İnstansi pendidikan, İtu wajib. Karena ada Undang Undang yang melindunginya. Jadi mohon hargai saja.

seperti pepatah lama yang menuliskan: Dimana bumi dipijak disana langit dijunjung.

Untuk yang akan berlibur ke Turki, selamat liburan….. Ga usah kuatir ga bisa bahasa Turki, karena ada mbak-mbak dan mas-mas ganteng pemandu wisata yang bisa diajak ngobrol bahasa indonesia*jangan sekalian curhat ya-.-* nanti baper*

Gimana kalau pemandu wisatanya seganteng ini:

yah dia lagiii:V:V