Tinggal di kota yang dekat dengan laut Marmara, Sayangnya di İstanbul tidak banyak pilihan untuk liburan di Pantai, jadi harus mencari alternatif pantai terdekat dari istanbul. Berenang atau bersantai dipinggir pantai nan cantik, Pilihan terbaik pergi liburan ke provinsi Antalya dan sekitarnya. Laut aegea menjadi pilihan favorit untuk berlibur di musim panas. Laut ini berada di antara yunani dan daerah anatolia Turki. Lokasi liburan musim panas di daerah Antalya selalu menjadi pilihan favorit baik turis lokal maupun dari luar Turki, Turki menjadi negara ke-3 setelah spanyol (1) Yunani (2) yang memiliki standar pantai berbendera biru (mavi bayrak).

pantai gratis
Untuk pantai-pantai yang memasang mavi bayrak- pantai ini biasanya memiliki penghargaan internasional yang memenuhi syarat lingkungan bersih, terpelihara dengan baik, lengkap, aman.
 

Berhubung sabtu lalu anak pertama saya, Fatih berulang tahun. Permintaan nya sebenarnya sederhana: Minta ke pantai saja, TAPİ? pantai di İndonesia:D -Maaf nak berat di ongkos kalau mintanya dadakan-
baca: Pantai dan sampah plastik
Lalu, Baba mencari informasi ke teman-temannya di mana Pantai terdekat yang mudah di lalui kendaraan umum?

Pilihan pantai ini adalah Bayramoğlu sahıl, Di daerah Darica, Kocaeli. Karena tempat tinggal saya berada di ‘ujung’ İstanbul sisi asia,

Menuju kocaeli, provinsi tetangga İstanbul. Tentu saja tidak begitu jauh.  Kami cukup naik bis 17p jurusan kartal-gebze, turun di halte Bayramoglu lalu lanjut dengan minibus 501 jurusan Bayramoglu, dan bis ini langsung menurunkan penumpang di pintu masuk pantai, tidak perlu bersusah payah jalan kaki jauh.

pantai gratis
pantai gratis bayramoglu

Begitu turun dari Bis langsung gerbang masuk area Pantai Bayramoglu.
Pantai ini terbuka untuk umum dan dikelola oleh pemerintah lokal kocaeli, tidak ada tiket masuk, tiket parkir, hanya pengelola menyewakan  kursi pantai , jika tidak berminat untuk menyewa, tidak menjadi masalah, pengunjung bebas bermain di pantai.
Namanya pantai gratis, pasti ada plus-minus nya, minus nya buat saya, kebersihan toilet yang kurang, padahal bayar 1 lira.
Minus nya lagi, pantai ini tidak masuk standar: mavi bayrak*/ blue flag
Sebenarnya terpelihara dengan baik, ada petugas pantai yang rajin bersih-bersih pantai, tempat sampah banyak disediakan, petugas kebersihan yang membersihkan pantai dari segala sampah dan tanaman sejenis lumut yang mengganggu.
İya, sayangnya kebanyakan  pantai yang berada di area laut marmara, pesisir pantai nya selalu ditumbuhi tanaman sejenis lumut*saya kurang tahu juga namanya* jadi kurang nyaman untuk berenang.
pantai gratis
sewa kursi pantai

Positifnya, kedua anak saya masih happy-happy aja bermain di pantai ini, main pasir, dan baba nya yang suka sekali berjemur-.-‘ kalau saya menghindar dari sinar matahari takut eksotis kulitnya, kalau dia sengaja berjemur di bawah sinar matahari dan bisa gitu ketiduran:0 ditambah Beli cemilan harga terjangkau, sayangnya ga ada yang jual po* mie atau es kelapa degan (dikira di indonesia) sebagai jajanan ikonik Turki, pedagang keliling di pantai ‘hanya’ tukang simit, yes simit everywhere…, Oh ya sebagai ciri khas lain orang Turki, ke pantai pun mereka bekel cay:D* bawa thermos dan gelas-gelas cay, nyeruput teh panas di tengah teriknya matahari bukan hal aneh sih disini, tapi tetap ajaib dimata saya. Masih enakan es degan kemana-mana euyy, glekkk..gleeek.

baca ini deh: hobby ngumpul ala Turki
Ok karena liburan singkat ini hemat budget-pake banget– dan  lokasinya tidak begitu jauh dari rumah, kurang dari 1 jam perjalanan, tetap bisa menjadi rekomendasi  pilihan pantai terdekat dari istanbul. Kalau laut marmara-selat bhosporus- bukan pantai- berjemur di pinggir laut bhosporus yang ada dikira orang ga waras kalau bikini-an:D