Apa yang menyenangkan tinggal di Pluto? Bisa jalan pagi atau jalan sore sambil metik blackberry di pinggir jalan? Musim panas tahun lalu, saya suka metik wild blackberry di depan komplek lojman, tapi karena sekarang selokan di depan komplek dibersihkan, para pekerja (warga binaan) memangkas semua semak-semak termasuk pohon pohon blackberry ini. Jadi untuk tahun ini, saya dan Alya berjalan sedikit jauh dari komplek untuk memetik Blackberry.

tumbuh liar di pinggir jalan

Buah Berry liar (wild blackberries)

Buah Blackberry kaya akan vitamin C, antioksidan, fiber. Blackberry juga mengandung Vitamin A yang mendukung sistem kekebalan tubuh, bisa memerangi infeksi dan penyakit. Ini juga mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan gigi dan tulang, serta menjaga kulit tetap sehat.

Saya dan suami biasa iseng metik, herannya cuma kami saja berdua yang antusias, belum pernah melihat tetangga di komplek melakukan hal sama, metik buah ini, padahal gratisan loh! Kami sekeluarga pecinta buah-buahan, stok buah segar harus selalu ada di Kulkas, biasa buat cemilan sehat sambil menonton TV, ingat cerita Alya yang saya sapih selepas ASİ, penggantinya buah-buahan, sebelum tidur minta buah kadang sampai ketiduran masih mengunyah buah. Lalu ketika tinggal di Pluto, sepanjang jalan menuju Komplek malah tumbuh pohon Blackberry kok ya dianggurin heheh, Alam udah begitu baik ngasih gratisan.

Tahun lalu, sepanjang jalan menuju komplek Lojman di penuhi Pohon Blackberry yang lebih mirip semak-semak, kemudian dipangkasi seperti di foto ini, sudah lebih rapihi jadi komplek terlihat jelas dari jalanan.

jalanan lebih rapih, karena pohon-pohon Blackberry dan semak semak dipangkas semua oleh para warga binaan-.-

Ladang sisi kanan, milik penduduk lokal, dan ladang sisi kiri tadinya akan jadi proyek pertanian mandiri untuk warga binaan, tapi bubar jalan gara-gara wabah corona, sekitar 60 ribu tahanan di open prison seluruh Turki, diberi cuti, dan kabar terakhir diperpanjang kembali dua bulan, beberapa proyek jadi terbengkalai, termasuk proyek bercocok tanam di lapas, jadilah lahan di sisi kiri jalan nganggur. Tahun lalu dibersihkan oleh warga binaan. Sisanya hanya ada beberapa puluh warga binaan di Lapas, karena mereka bekerja membuat sepatu. Jadi lebih memilih tetap di dalam Lapas.

Saya berjalan lebih jauh lagi untuk mencari pohon blackberry yang masih tersisa, Alya senang sekali metik buah ini, dia antusias, sempat membuat videonya, nanti saya upload di channel Youtube.

hasil petikan hari ini, yang kira-kira bisa dijangkau tangan saja pohonnya berduri-.-‘ dan rata rata yang sudah matang, cukup tinggi untuk dijangkau.

Biasa makan blackberry dicampur yoghurt atau jadi bahan campuran untuk membuat kue. Rasanya asam manis. İni cocok sekali untuk yang sedang diet loh, kalorinya rendah, per 100 gram mengandung 43 kalori. Ada yang mau Blackberry gratis? yuk main Pluto, sebelum ada yang memangkas lagi pohon pohonnya-.-*