Suasana menyambut lebaran tidak hanya dirasakan muslim di İndonesia, di Turki juga memiliki tradisi tersendiri untuk menyambut Lebaran, Nah kira-kira tradisi menyambut lebaran di Turki seperti apa?

Toko-toko semakin banyak menjual Permen dan coklat

Semakin mendekati Lebaran, pasar maupun supermarket di Turki, etalase nya akan penuh dengan coklat dan permen yang dijual, masyarakat di Turki, menyebut hari raya idul fitri dengan istilah seker bayram: lebaran manis. Semua suguhan selama lebaran serba manis, kue-kue manis, coklat dan permen.

unsplash.com

Penjualan Baklava meningkat

Siapa yang pernah mencicipi hidangan khas ini, Yup Baklava menjadi salah satu hidangan khusus dalam menyambut hari raya di Turki, Biasanya ibu-ibu berinisiatif membuat baklava sendiri di rumah, tapi lebih praktis juga bisa membeli di toko khusus baklava, menjelang hari raya, toko baklava menjual dalam partai besar, per loyang. pesanan meningkat.

Baca:CERİTA LEBARAN DULU DAN SEKARANG

Yaprak sarmasi

Selain baklava, pendamping setia menu lebaran di Turki adalah: yaprak uzum sarması – sarma dari gulungan daun anggur, hidangan ini tidak hanya disajikan di Turki saja, beberapa negara balkan maupun timur tengah mengenal hidangan yang sama. Menu ini menjadi hidangan khas lebaran di Turki, biasanya menjelang lebaran, banyak ibu-ibu di Turki membuat yaprak sarma.

foto: hurriyet.com

Tradisi Mudik di Turki

Di Turki juga mengenal tradisi mudik setiap hari raya, untuk mudik hari raya idul fitri tidak begitu padat, biasanya masyarakat Turki memanfaatkan moment idul adha saja untuk mudik secara besar–besaran.

Belanja Baju lebaran

Nah untuk urusan belanja menjelang lebaran, orang Turki juga ga kalah sigap, meski di Turki tidak ada THR, Pusat perbelanjaan tetap ramai dipadati orang-orang yang akan berbelanja baju lebaran, Biasanya penawaran diskon khusus hari raya diberikan setiap toko, iklan-iklan di media lokalnya pun tidak kalah semarak.

Meski untuk urusan kemeriahan hari raya,Masih kalau dengan İndonesia, (Di Turki tidak ada malam takbiran yaaa) tapi jangan salah loh, Masyarakat Turki juga tetap bergembira selama menyambut hari raya, berkumpul dengan sanak saudara, saling bermaafan. Nah siap menyambut hari raya juga? Ada yang mau merasakan lebaran ala Turki, kenyang deh makan baklava sepuasnya:)