Menu sarapan atau dalam bahasa Turkinya = Kahvaltı favorit Keluargapanda adalah: Diajak sarapan di Luar:D Alasannya, karena tidak perlu membuat seteko Cay di pagihari, tidak perlu sibuk mengeluarkan aneka jenis keju dari lemari pendingin, mengupas tomat, bawang bombay untuk membuat menemen, tinggal panggil pelayan, sebutkan paket menu sarapan, terima beres. Sayangnya ritual sarapan favorit kami di pinggir laut tinggal kenangan, tapi tidak setiap hari juga pergi sarapan di luar, bisa bangkrut si Baba.

Salca, Bahan masakan utama Turki

Tapi kalau membahas, Sarapan ala Turki itu enak engga sih?Alhamdulilah, Sarapan ala Turki cukup enak dan bergizi kok, cuma memang butuh adaftasi, yang biasa makan nasi uduk kuah semur jengkol, lontong sayur tiba-tiba makan Roti terus makan zaitun, lidah syok aja. Tapi konon kebiasaan teman-teman saya juga, selepas sarapan ala Turki, biasanya ada yang tetap sarapan babak kedua ketemu nasi. Lalu menu sarapan Favorit Keluarga apa aja:

Menemen

https://www.haberturk.com

Menemen, salah satu masakan tradisional Turki biasa disajikan ketika sarapan di Pagi hari, Bahan pembuatan Menemen Cukup mudah:

Resep Menemen:

  • 4 Buah tomat segar berukuran sedang
  • 2 telor
  • 1 Cabe Paprika
  • 1 bawang bombay
  • Garam
  • Blackpepper secukupnya
  • penyedap*jika suka atau air kaldu.
  • Minyak sayur untuk menumis
  • 2 sdm Mentega

Cara Membuat Menemen:

Potong dadu tomat, lalu potong halus bawang bombay, paprika, sisihkan. Panaskan minyak, kemudian masukan mentega, tunggu sampai meleleh dan tercampur rata dengan minyak, masukan bawang bombay, tumis sampai harus, kemudian cabe paprika, terakhir tomat, beri tambahan air atau kaldu setengah gelas, atau sampai tumisan tomat matang, baru masukan telur, blackpepper atau cabe bubuk jika suka pedas, terakhir garam. Lalu sajikan.

Menemen ini salah satu Sarapan Favorit suami, selain kentang goreng campur telur, Resep sederhana saja sebenarnya, Menggoreng kentang, bisa dipotong dadu atau memanjang, goreng sampai matang, dengan sedikit minyak, kemudian masukan telur yang sudah dikocok, tambah garam.

Lalu kalau ditanya Sarapan ala Turki jenisnya apa aja, kalau saya bahas satu persatu, tulisannya bisa panjang, kira-kira gambaran Menu sarapan ala Turki seperti di bawah ini:

credit foto: http://kitapeki.com

Nah bisa kebayang, cucian piringnya? Dasarnya Sarapan ala Turki itu : Karbo = Roti dengan berbagai jenis dan namanya, Ada borek, Tapi Nasi dan Mie jenis karbo yang tidak termasuk golongan trah sarapan Turki. Kemudian aneka olahan telur, rasanya punya stok telur itu wajib di lemari pendingin. Telur bisa di olah menjadi menemen seperti diatas, atau cuma direbus, kemudian dibuka cangkangnya, dipotong dan ditaburi garam, atau Telur diberi toping salam, sosis, sucuk. atau dengan tambahan kentang, telur ceplok.

Restoran favorit kami di Pendik İstanbul

Kemudian aneka keju, dan ini beragam, di Turki jenis kejunya saja puluhan jumlahnya. Aneka selai buah, madu. kemudian buah zaitun yang di fermentasi, diasinkan. Sisanya potongan sayur segar seperti tomat, mentimun, parsley,daun dill.

KOfte enak di yusuf kofteci restoran

Kalau dipikir ribet juga ya sarapan ala Turki, untuk menu besar seperti ini, biasanya pas sarapan bareng keluarga besar, kalau terburu-buru seperti suami mau berangkat kerja, anak sekolah: cukup sandwich, toast, sereal, tapi ketika Libur, mau ga mau saya juga menyiapkan sarapan lengkap. Tapi emang lebih enak sarapan ala Turki yang lengkap pesan di restoran, ga pusing cucian piring numpuk.

Eat breakfast like a kinglunch like a prince, and dinner like a pauper” by unknown