Menikmati keindahan Obruk Baraj Oğuzlar-Çorum

Seminggu Lalu, Suami ngajak piknik ke Oğuzlar, Salah satu daerah wisata Turki yang sayangnya belum cukup dikenal, jarak dari Pluto sekitar 36 KM, tidak begitu jauh sebenarnya, Berangkat dari komplek sekitar jam 8.30 pagi. Karena kami belum pernah sama sekali ke Oğuzlar, termasuk si Suami, meski Putera daerah Çorum, dia juga belum pernah. Perjalanan menuju Oğuzlar cukup menantang, meski jalanan aspal mulus, jarang kendaraan lewat, tapi medannya cukup terjal, berkelok-kelok dengan tikungan tajam, kanan kiri jurang, ladang penduduk, pemandangan sepanjang perjalanan menuju Oğuzlar cukup memanjakan mata.

perjalanan menuju Oğuzlar, melewati desa-desa di Gunung
Daerah Oğzular terkenal sebagai salah satu penghasil kacang walnut terbaik, disepanjang jalan akan mudah menemukan perkebunan kacang walnut

Saya juga sempat melewati perkebunan strawberry milik penduduk desa yang kami lewati, Menjual strawberry organik dari pinggir jalan, mereka membuka warung kecil.

Baca juga:

Berkunjung ke kota Amasya Turki, kota dimana para calon sultan dididik

Tips untuk Traveller di İstanbul!Hati-hati

Wisata Alternatif di Denizli selain Pamukkale

Trip hemat ke Pamukkale

Lokasi makam dari Guru Muhamad Al fatih

Piknik di Oğuzlar Obruk baraj

Sesampainya di Oğuzlar Obruk Baraj, kalau diterjemahkan : Bendungan Obruk , Oğuzlar, Lumayan cukup besar dan dijadikan objek wisata, Ada lokasi piknik dan juga restoran yang dikelola pemerintah lokal, Altin koz. Kalau malas piknik, bisa pesan menu di restorannya saja, langsung disuguhkan view Baraj yang cantik, soal harga makanan di restoran ini, cukup terjangkau, harga normal. Menu di restoran ya tentu saja standar nasional Turki:) jangan harap bisa pesan bakso heheh. Kami hanya sempat pesan teh, es krim sambil menikmati pemandangan dipinggir Baraj, duduk santai. Rileks menenangkan pikiran.

Restoran di pinggir baraj, Pengunjung juga bisa menikmat, baraj dengan naik perahu sewaan seperti ini

Oh ya, meski tidak makan di restoran, Pengunjung baraj bisa tetap menikmati pemandangan dipinggir baraj sambil menikmati suara ombak dan angin sepoi-sepoi, di Baraj ini ada larangan pengunjung berenang, saya juga sempat melihat ada kura kura air tawar yang asyik berenang, ular air dan juga ikan-ikan dengan bebas berenang tanpa ada yang memancing keributan, ya maksudnya mancing ikan gitu loh:D

kantong doraemon seorang İbu

Sebagai seorang ibu, setiap bepergian, isi tas saya selalu penuh dengan alat perang, apalagi semenjak pandemi covid, protokol kesehatan tetap berlaku, meski sedang jalan-jalan ke gunung seperti ini, isi tas lengkap, dari masker cadangan, hand sanitizer, air minum, cemilan dll. Eh ini penting banget ya diceritain:D

di tengah baraj ada pulau kecil, ehm kalau punya pulau sebesar itu ga bisa sombong ya:D

Lokasi Oğuzlar Obruk Baraj itu dimana?

Oğuzlar Obruk Baraj ini lokasinya di orta karadeniz–daerah laut hitam bagian tengah- Masuk dalam wilayah Provinsi Çorum Turki, Kurang lebih menempuh waktu 1 jam dari Pusat kota Corum, sekitar 59 km. Sebenarnya lokasinya mudah, hanya saja harus siap dengan medan jalan yang penuh kelokan, ibarat menuju area puncak Pass, cuma sayang ga ada yang jual Ubi cilembu aja dipinggir jalannya. Bedanya sama Jalur Puncak, disini bebas macet. Jadi Jarak tempuh bisa lebih cepat, untuk ke Obruk Baraj. Kendaraan umum cukup sulit, hanya bisa ditembuh dengan kendaraan pribadi, Ya memang beberapa lokasi short trip Keluargapanda, rata rata masih sulit ditempuh dengan kendaraan umum, masih belum banyak di kenal Turis asing, hanya turis lokal.

Kami memang Piknik di pinggir baraj, ada lokasi piknik yang disediakan, saya ga sempat foto-foto, karena keburu lapar dan menyesal sekali ketika suami yang mengambil alih memanggang ayam, hasilnya kebanyakan gosong semua-.- Ga layak banget di posting.

Lain kali kalau main ke Baraj ini, mending makan di restorannya saja ga ribet harus menyiapkan alat-alat piknik, karena harga menu restorannya cukup terjangkau.

Kami pulang menjelang sore, anak-anak cukup lelah bermain, diperjalanan pulang, mereka tertidur semua, sedang Anne-nya masih asyik membidik kamera di sepanjang perjalanan, salah satunya ketika bertemu Geng saun the seeps..yuhuuuuu

Next trip selanjutnya? antara Kayseri vs Kastamonu, ehm tapi lagi mikir, sebentar lagi harus perpanjang izin tinggal, butuh dana, karena selalu ada kenaikan biaya izin tinggal, dikondisikan saja. Lebih seru jalan ke gunung gini, jarang berinteraksi dengan banyak orang, daerah masih sepi. Padahal hari ini dibeliin baju renang, kangen laut, ehm tapi daripada kepikiran si covid, planning ketemu laut entah kapan.

2 Comments

    1. Author

      Kulitnya dipretelin dulu mba..parah bgt sih dia kl manggang😅anak2 takut makannya krn byk item item kata mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *