Minggu lalu si Baba, belanja sayur dan buah ke merkez. Biasanya kami berangkat bersama, tapi karena wabah corona ada peraturan dari pemerintah bahwa usia dibawah 20 tahun dilarang bepergian keluar rumah, apalagi ke tempat keramaian. Praktis sekarang mengandalkan Babanya anak-anak untuk belanja semua keperluan rumah (dari dulu juga sebenarnya:D) Karena Pasar sayur buah ditutup total-.-‘ kami harus belanja di supermarket, ya tahu sendiri harga supermarket vs pasar tradisional? Harga sedikit lebih mahal. Kondisi sekarang jujur saja di Pluto juga semakin sulit, karena pasokan Sayur buah datang juga dari daerah lain terus aksesnya ditutup, mengandalkan petani lokal yang buka lapak di Pasar, eh pasarnya ditutup total. Pengeluaran dapur jadi ektra.

Dibeliin Cağla

Biasanya musim semi, ada yang jual Cağla di pasar, eh ternyata di Supermarket juga dijual. Cağla ini apa? buah mentah yang bisa dimakan, biasanya Almond muda, Aprikot atau Plum hijau juga disebutnya Cağla, tepatnya mirip mangga muda di İndonesia, belum matang tapi bisa dimakan buat rujakan. Soal rasa bagaimana?Menurut saya mirip dengan rasa getir mangga muda yang tidak terlalu asam, Cağla ini cocok sekali loh buat rujakan, cukup dicocol cabe bubuk dan garam saja sudah nikmat.

Lalu apa manfaatnya konsumsi CAĞLA? ini saya kutip ya:

  • Cağla kayak dengan antioksidan, bagus buat peredaran darah.
  • Mengandung vitamin E dan A
  • Kaya akan Magnesium
  • Menguatkan imunitas tubuh dan diyakini membantu mencegah kanker
  • Booster ASİ bagi ibu menyusui
  • Cagla Almond sangat bagus untuk penderita Diabetes karena mengandung serat tinggi tapi indeks Glikemik yang rendah
  • Cağla juga diyakini bisa mengobati kelelahan mental dan memperkuat saraf
  • Mengurangi pembentukan batu empedu.

Kaya manfaat bukan? Makanya tidak heran setiap musim semi di Turki, Masanya buah-buahan tumbuh, Banyak yang memetik Cağla untuk dijual harganya termasuk sedikit mahal,tapi tidak menyurutkan untuk membeli Cağla karena kaya manfaatnya ini. Oh ya termasuk si Alya, langsung lahap dikasih Cağla:D (dia sih apa aja doyan sebenarnya=)))) videonya bisa dicek di kanal Youtube cabang Keluargapanda : Rahma Balci, boleh di subscribe juga loh biar ramai, hitung hitung menambah kegiatan di rumah selama karantina wabah corona. Kalau Link embed youtubenya ga muncul di Chrome, maklumi dulu ya, ni tema blognya lagi error tapi cuma di Chrome, silahkan buka pakai browser lain kayak Firefox, aman terkendali. Lagi musuhan sama chrome-.-‘

Almond

LİNK YOUTUBE DİSİNİ

Cağla dari Almond Muda

Cağla bisa jadi alternatif buat yang suka rujakan, kangen ngerujak buah Tropis, sayang kalau beli di Turki sedikit mahal, bisa diganti Cağla ini , Cağla Almond ataupun Plum hijau, rasanya asam kecut coco k sekali buat buah rujakan apalagi seperti İbu hamil yang sedang mengidam.