Kanal youtube Penyakit membuat saya jadi lebih tahu tentang Papua! Berawal dari ketidaksengajaan membaca komen di kolom komen podscast-nya Deddy Corbuzier di Youtube, membawa rasa penasaran saya tentang kanal youtube rekomendasi netijen, lalu saya ketik nama : Penyakitagak ajaib emang nama kanal youtubenya, kemudian mulai menonton satu persatu Vlog yang ditayangkan kanal youtube Penyakit ini. Lumayan menarik sehingga berlanjut menonton berbagai aktifitas harian di kanal youtube ini.

Orang dibalik akun Youtube Penyakit

Pria bernama Revi Artendo, salah satu anggota satuan khusus TNİ Angkatan Darat (Kopassus) saya kurang tahu pangkatnya, mendapat tugas ke daerah tinggi nambut (Tinam) Puncak jaya, Papua. Dia beserta Tim Maleo melakukan pendekatan teritorial dengan Suku Dani di Tinggi nambut, kemudian mulai bersahabat dengan panglima perang suku Dani: Moro kogoya atau biasa dipanggil kakak moro, sedang kaka moro memanggil Revi dengan panggilan İpar, vlog yang bagikan Revi ini tentang kehidupan sehari-hari selama bertugas di Pos TNİ Tinam, mungkin awalnya untuk dokumentasi saja, karena di Vlog-vlog dia sebelumnya hanya video-video aktifitasnya sebagai tentara yang dia bagikan, seperti latihan menembak atau video tentang bela diri, kemudian ketika mulai bertugas di Papua, mulai banyak dialog yang ditambahkan, subcribernya juga bertambah terus tiap hari, dan mulai bertambah fans kaka moro hahahah semenjak Revi sering mendokumentasikan interaksinya dengan sahabatnya kaka Moro.

Sejarah Tinggi Nambut

Saya sempat menonton beberapa video di Youtube tentang daerah Tinggi nambut yang ternyata lekat sekali dengan pemberontakan OPM, Tentara, Polisi banyak yang gugur ketika terjadi bentrok senjata di are Tinggi nambut, hingga perlahan situasi mulai bisa dikendalikan dan markas pemberontak sudah dikuasai TNİ, kehidupan kembali normal, karena daerah rawan pemberontak, tentu saja tentara yang ditugaskan memang mereka yang memiliki keahlian khusus, Kopassus, Dan Tim Maleo ini saya acungi jempol cara mereka mendekati warga suku dani, bersahabat dan perlahan membantu mereka, apalagi saya sempat terkecoh dengan tokoh kaka El, mempunya julukan El-kumis, awal-awal saya pikir dia juga bagian suku dani, anak buah kaka moro, mulai dari penampilan, rambut bahkan terkadang ikut bertelanjang kaki seperti warga dani lainnya, apalagi suka sekali menjahili kaka moro, jika mereka bertemu seperti Tom and Jerry dan ternyata El kumis ini juga salah satu anggota kopassus temannya Revi, penyamaran sukses, Viewers banyak yang terkecoh.

Apa yang menarik menonton Vlog Penyakit:

Banyak cerita yang dibagikan cukup menarik, melihat keseharian warga suku Dani dalam bermasyarakat, saya jadi tahu isi dalam Honai, bagaimana Honai dibangun, kemudian ada juga cerita tentang Buah Merah, dalam salah satu Video, Revi membagikan cerita ketika dia berkunjung ke salah satu kampung suku dani, menjenguk seorang anak yang terbaring sakit, rupanya dia kena hukum adat, awalnya karena ketidaksengajaan anak ini bermain dihutan dan melewati pohon buah merah yang dijaga hukum adat, kemudian anak isi sakit bisul yang tidak kunjung sembuh, hanya karena melewatinya saja, lebih mengerikan jika mengambil buah merah tersebut.

Lalu cerita ketika Kaka Moro sakit, dan dukun suku dani mengobatinya, percaya ga percaya si dukun itu bisa mengeluarkan batu kerikil dari perut si kaka moro, Revi yang memvideokannya tetap tidak yakin kemudian mencecar terus , jangan-jangan cuma tipuan, tapi dibuktikan dengan melihatnya sendiri, Sepertinya diberbagai daerah İndonesia memang lekat sekali ya dengan ilmu-ilmu pengobatan ‘ghaib’ seperti ini.

Lalu cerita tentang ‘benda sakti’ topi berbulu yang biasa dipakai ketika perang suku, si Kaka Moro menceritakan tentang kesaktian topi bulu tersebut, jadi si pemakai ketika menggunakan topi berbulu itu, bisa melihat persembunyian musuh dimanapun mereka berada, wah keren kan heheh, ya mungkin ada mejik-mejik-nya lah.

Anak-anak suku Dani cukup tangguh, saya sempat meringis ketika menonton video, mereka dengan bebas berlarian tanpa menggunakan alas di bebatuan, karena sudah cukup terbiasa memang.

Alam Papua yang İndah

Yang paling saya sukai adalah ketika Revi dan kaka Moro pergi ke Kota Mulia untuk belanja, pemandangan di perjalanan dari tinggi nambut menuju kota mulia, sungguh indah, jalanan beraspal yang cukup mulus, alam pegunungan nan menghijau yang indah luar biasa, benar -benar membuat jatuh hati, saya sampai menulis, wah ini sih puncak Bogor kalau dibandingkan puncak jaya papua sungguh kebanting, keindahannya bukan tandingan heheh berlebihan memang, apalagi sempat juga ketika dalam perjalanan, mereka menyapa kenalan yang sedang membangun Honai dipinggir lembah, dan pemandangannya, kalau itu di Bali atau Bandung, saya yakin udah dibangun resort yang mahal untuk menarik turis.

Ramah dan hangatnya warga Dani

Melalui daily Vlog ini, saya turut merasakan keramahan warga dani, mereka sangat bersahabat, dan rasa kekeluargaan yang tinggi, sebagai panglima perang, kaka moro sering sekali mendapatkan hadiah kiriman dari viewers YT Penyakit, dan dia selalu membagikan apa yang dia dapat ke anak buah dan warganya, contoh pemimpin yang bertanggung jawab, pernah sampai Revi mengatakan: kalau salah satu barang yang didapat kaka moro, dikhususkan buat dia, bukan dibagi-bagikan semua, diingatkan dulu.

Beberapa interaksi Revi dan Kaka Moro memang menjadi daya tarik menonton Vlog ini, ada cerita ketika Revi mengajak kaka moro mandi, mau mandi asal dibayar:V ada aja kelakuan panglima perang ini yang terkadang menghibur.

Banyak video tentang kegiatan mereka (tim maleo) selama bertugas, mendekati dan merangkul saudara suku dani, apalagi ada warga yang dulu terlibat OPM, tentu bukan tugas yang mudah, bisa saja ada mata-mata diantara warga suku dani, sempat juga ada vlognya ketika Revi dkk mengajak Kaka Moro turun ke kota mulia, para anggota menggunakan rompi anti peluru, karena sempat ada berita penyerangan di salah satu titik.

Sayangnya Revi dan tim maleo sudah mendekati masa akhir tugas mereka di Tinggi nambut, entah bagaimana kelanjutan Vlog kaka moro yang sekarang mulai banyak fansnya:V Kaka moro ayo buat kanal youtube sendiri, mukbang makan pinang beee….:D.

Saya merekomendasikan sekali untuk menonton kanal youtube Penyakit ini, cerita tentang persahabatan, kemanusiaan dan kehangatan saudara seİndonesia. Cukup menikmati menonton video di kanal youtube ini, bisa jadi karena salah satu jenis tontonan yang saya sukai: Dokumenter, bisa melihat kehidupan asli suku dani seperti di Vlog Vlog Penyakit ini sebuah keberuntungan, karena seumur hidup belum pernah menginjakkan kaki di tanah papua. Terimakasih Tim Maleo Kopassus-Revi-El kumis, Danpos dkk lainnya, Bawalah kaka Moro ke Jakarta ajak liburan, biar tahu Jawa, tapi salut juga pemikiran Kaka moro tentang masa depan sukunya, Tim maleo membawa anak kaka moro untuk sekolah di pulau jawa, ada donatur yang selalu membuat Viewers penasaran, Mr. E.