Kervansaray atau caravansarai: Adalah komplek bangunan untuk tempat peristirahatan rombongan karavan di masa lalu, rombongan karavan ini biasa para pedagang, musafir maupun para peziarah, Biasa dibangun di jalan komersil agar karavan tetap aman dimalam hari , Di masa lalu kervansaray selain dibuka untuk umum jika dalam kondisi damai, biasa sering dialihfungsikan ketika negara dalam kondisi perang, kervansaray digunakan untuk tujuan militer.

Apa yang dimaksud karavan:

Sekelompok orang yang melakukan perjalanan bersama seringkali karena perdagangan, karavan digunakan biasanya di daerah gurun dan di seluruh jalur sutra, dimana perjalanan berkelompok lebih dinilai aman dari gangguan bandit, juga membantu meningkatkan skala ekonomi dalam perdagangan.

sumber foto:wikipedia

Kervansaray pertama di Turki

Kervansaray pertamakali dibangun pada akhir abad ke-10 oleh Şelcuk khan di Asia tengah, awalnya dibangun untuk pertahanan militernya tapi kemudian dikembangkan untuk komplek perdagangan dan agama yang kian berkembang dimasa itu.

Kervansaray disebut juga sultanhanı–sultan han, Keravansaray terbesar dibangun di daerah Aksaray, 40 km dari jalan antara Aksaray-Konya, dibangun di dataran rendah dengan luas 4680 meter persegi pada tahun 1229 M , masa sultan Alaaddin.

Jarak antar kervansaray 25-40 km sepanjang jalur perdagangan, Kesultanan Selçuk paham akan kepentingan adanya kervansaray secara ekonomi, karvansaray tidak hanya tempat beristirahat para pedagang maupun kabilah, untuk mempromosikan kervansaray lebih luas lagi segala fasilitas disediakan seperti adanya masjid, tenaga dokter, veteriner, dapur, kafe, toko buku, cinderamata , sehingga para peziarah atau rombongan karavan bisa menghabiskan uangnya di kervansaray.

Ciri khas kervansaray

Bangunan dengan eksterior berdinding persegi atau persegi panjang dengan portal tunggal yang cukup lebar untuk memungkinkan hewan atau juga hewan bermuatan berat seperti unta masuk. Halaman terbuka luas dan biasanya dilengkapi kandang hewan, juga menyediakan kamar-kamar untuk para pedagang dan pelayannya istirahat. jumlah kervansaray di daerah Anatolia (Turki sekarang) yang dibangun dari masa kekaisaran Şelcuk ada 300-400 bangunan, yang teridentifikasi 200 bangunan, lokasi kervansaray menyebar di berbagai daerah Turki.

Kervansaray-caravanserai

Kervansaray sejarahnya tidak hanya berkaitan dengan jalur sutera tetapi erat juga dengan sepanjang jalan masa kekaisaran Achaemenid yang disebut juga kekaisaran pertama bangsa persia, jalan raya kuno sepanjang 2500 KM, bangunan kervansaray sudah lebih awal dibangun untuk melayani para rombongan karavan di masa itu.

Kemudian ketika masa periode İslam sekitar abad ke-7 biasa dibangun baik di daerah pedesaan atau pusat kota padat di Timur tengah, Afrika , utara, Eropa Utsmaniyah, Sejumlah kervansaray di bangun dari abad ke 12 hingga abad 13 diseluruh wilayah kekuasaan Selcuk hingga dipertahankan dimasa ustmaniyah, menjadi pusat kegiatan ekonomi penting di berbagai kota di dunia İslam seperti Damaskus, Aleppo, İstanbul, Kairo, Maroko.

Kervansaray di İstanbul dimana?

Büyük valide Han

Büyük yeni Han

Zincirli Hanı (didalam area Grand Baazar)

Kürkçü Han

Büyük Valide Han, lokasinya cukup terkenal untuk spot foto dari ketinggian*untuk para turis yang liburan di İstanbul.

Ada banyak Kervansaray diberbagai kota d Turki, sepanjang menjadi jalan untuk jalur sutera, sebagian direstorasi kembali dan dijadikan objek wisata, Baik peninggalan masa Selçuk dan Ustmaniyah. Musim panas lalu ketika mengunjungi kota Kastamonu, sempat melewati kervansaray kursunlu İsmael bey Hanı, sayangnya saya tidak sempat mendokumentasikan bangunan tersebut.