Categories
kulineran Turkey

Mencicipi Lahmacun si pizza Turki

Lahmacun (dibaca: lahmajun)
-lah majoun-lahma bi’ajin berasal dari bahasa arab yang berarti: daging dan adonan roti.
Seperti biasa, karena Turki itu negara TransBenua, kuliner percampuran dari Timur tengah-Asia tengah-dan Eropa.
Kalau ditanya apakah lahmajun ini asli dari Turki?
Lahmajun sudah dikenal ribuan tahun lalu di daerah Timur tengah, Negara yang mengklaim ‘kebangsaan’ lahmajun: Armenia, Turki dan juga Suriah, dan di ketiga negara ini kita akan menemukan restoran yang menjual lahmajun, sebut saja : lahmajun ini hak patennya milik bersama:) karena masih misteri  siapa yang membuat lahmajun pertama kali.
Baiklah karena orang Turki pun mengaku kalau si Lahmajun salah satu kulineran di negara mereka, Mereka menyebutnya pizza ala Turki.
Lahmajun ini khas dengan toping yang sama: daging giling! bisa daging giling sapi maupun kambing, adonan dough nya sangat tipis dan renyah (flathbread) yang kadang ketika makan lahmajun akan berjatuhan remah-remah rotinya.
Soal rasa, tentu saja dengan toping  penuh daging giling dan perpaduan flatbread-nya lahmajun memiliki cita rasa yang khas dan dilidah sayapun cocok.
Keunikan  cara menyantap lahmajun
Biasanya ukuran diameter lahmajun 30 cm atau lebih, di restoran yang saya datangi, penyajian lahmajun cukup besar,dan mereka memotongnya menjadi 2 bagian, agar pengunjung bisa mudah menikmati lahmajun.
Kalau pizza biasa umumnya di potong segitiga, lahmajun biasa disobek lalu kemudian dinikmati dengan cara di isi toping tambahan salad segar , cabe bubuk pedas atau  juga cabe hijau utuh yang pedas (kebetulan di restoran yang saya datangi hanya tersedia cabe bubuk pedas,saya pakai itu) lalu terakhir dikucuri perasan lemon segar kemudian digulung sepert durum kebab dan dinikmati..nyummm..perpaduan daging,salad dan perasaan lemon segar, alhamdulilah nikmat.
Tidak usah khawatir, Setiap menikmati lahmajun semangkuk salad segar akan setia menjadi pendamping lahmajun dan itu sudah sepaket dgn harga lahmajunnya, jadi menurut saya pribadi dibanding pizza biasa, pizza Turki ini jauh lebih sehat.

cara makan lahmajun

Pendamping setiap menikmati kulineran di Turki
Ayran:
ini minuman dari plain yoghurt yang dicampur dengan air dan garam kemudian di-mix, rasanya memang unik, asam,asin,segar. Untuk yang pertamakali mencoba ayran apalagi dengan lidah indonesia, rasanya memang sedikit aneh dilidah, tapi apa salahnya dicoba. Umumnya orang Turki menikmati ayran sebagai penawar menu serba daging, sudah bukan hal aneh dengan aneka kuliner turki yang royal daging, karena mereka dikenal sebagai bangsa pengkonsumsi daging terbesar juga.
Cay
Cay ini Teh , biasanya jenis teh hitam yang dipakai, Turki memproduksi teh sendiri dan memiliki daerah-daerah penghasil teh, yang paling terkenal teh dari karadeniz(blacksea) terutama Rize, kampung halaman keluarganya pak Erdoğan presiden Turki saat ini.
segelas cay biasa jadi penutup jika bersantap di restoran-restoran lokal di Turki.
Salad segar:
Hampir disetiap hidangan Turki akan selalu disediakan salad segar di meja, apalagi jika menu yang kita pesan serba daging,kebab,kofte, tapi kalau mau jenis salad khusus, kita bisa juga pesan terpisah.
Buat pencinta sayur, atau sedang diet non karbo, masih bisa menikmati kuliner Turki dengan nikmat, hanya tinggal skip roti.


Menu tambahan:
Menu tambahan pendamping menu utama,

  • semangkuk sup

saya tadinya mau pesan semangkuk kelle paça (sup daging) sayangnya ketika saya datang sup tersebut sudah habis,tidak jadi pesan sup dan ganti kasarlı pide , roti pide dengan toping lelehan keju yang melimpah  menu buat anak-anak.

  • Tatlı /dessert/aneka kue serba manis

Baklava,kunefe,sutlac dan aneka jenis hidangan penutup khas Turki yang terkenal manis, manis menggigit penuh air gula. İni tergantung selera.
Soal harga, rata-rata 1 porsi lahmajun masih ramah dikantong, kami pesan 3 porsi lahmajun,1 kasarlı pide, 4 ayran, 2 gelas cay total 31 lira saja, sekitar Rp.100,000 -an saja, murah bukan:) ini makan sekeluarga dan dijamin kenyang.
liburan ke Turki, mencoba berbagai kuliner lokal , lahmajun bisa jadi pilihan, kalau merasa cabenya kurang pedas dilidah orang indonesia, bisa bawa saos sendiri hehe. Kadang standar pedas orang Turki dengan orang indonesia berbeda, Level pedas versi Turki masih bisa ditolerir.

5 replies on “Mencicipi Lahmacun si pizza Turki”

kalau di gulung..namanya durum kebab-kebab yang model gini yang dijual di indonesia, diturki penyajian kebab di piring saji biasa, restoran2 turki yg ada di jakarta, setau saya ada jual, termasuk restoran ala timur tengah gitu

unik rasanya krn kadang percampuran dari beberapa negara juga, ada yg mirip dimsum juga krn erat kaitannya dgn sejarah jalur sutera,tp sm org turki saosnya ganti yoghurt, lahmacun kl dibanding pizza yg biasa..lbh sehat krn yaitu makannya biasanya hrs sama salad sayur segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *