Pagi tanggal 15, Selepas subuh, mendengar keramaian di luar, kemudian saya menuju jendela dan menyibak tirai, ternyata ada keramaian dari gedung sebelah, antrian narapidana yang akan ‘cuti’ 2 bulan ke luar. Ada sekitar 90 ribu Tahanan diberi kebebasan sementara-ya sementara disini bisa berarti mereka yang memang masa tahanannya sebentar lagi akan otomatis bebas, atau yang masih harus menjalani masa tahanan akan kembali. Dengan membawa tas atau koper masing-masing, terjadi antrian panjang di halaman Lapas menuju gerbang, diterapkan sosial distancing. Di jalan, saya lihat polisi militer sibuk mengatur kendaraan yang menjemput Napi, dari Mobil tua sampai mobil mewah, selain bis besar dan kecil yang sengaja disediakan untuk mengangkut mereka sedari subuh. Sementara si Baba masih asyik leyeh-leyeh sambil buka Hp-nya. Lalu saya mulai ‘bawel’ meninterogasi suami, subuh-subuh, minta penjelasan terupdate langsung.

Pembebasan dan Pemberian Cuti Narapidana

Jadi? Memang benar Turki juga melepaskan sementara 90 ribu tahanan dari berbagai lapas di negara ini. Untuk mereka penghuni open prison, bisa dikategori kejahatan ringan, Yang suka tawuran lalu ditangkap polisi, yang mukul pacar atau istri tapi ga sampai mati, hukumannya? masih bisa hilir mudik di open prison yang artinya : Tidak dalam kategori kejahatan berat.

Kemarin saya sempat baca juga komen-komen di salah satu page, yang ajaibnya luar biasa ‘halu’nya hahahaha, iya saya bilang halu aja, entah dapat data darimana, netijen+62 yang dimulai dengan kalimat: Kata teman suami SAYA. lalu entah data dari mana lagi yang menulis kalau semua tahanan yang cuti ini dipakaikan gelang khusus jadi tahanan rumah dan imajinasi ajaib lainnya. İsu tentang gelang tidak pernah dimuat diberita lokal, kalau memang benar pasti juga diangkat media, karena pakai gelang GPS, pastinya harus ada dana untuk penyediaannya, apa pakai gelang karet? Heran kenapa mereka berimajinasi tentang negara ini luar biasa, Suami yang kerja ngurus mereka aja ga tahu apa-apa, wah kalah update kita. Padahal dilapangan ga ada yang dipakein gelang-gelangan segala.

Narapidana dibebaskan memang berkaitan dengan Wabah corona, tidak hanya di Turki, Amerika pun membebaskan tahanan, juga İndonesia, mungkin ini solusi bersama: Menyelesaikan masalah dengan masalah-.-‘ Sampai Mafia Turki saja dibebaskan:S

Angka KDRT meningkat selama Stayathome diberlakukan

İni datang yang mengerikan, ketika angka kekerasan meningkat, ditambah para pelaku tindak kekerasan ini dapat cuti 2 bulan pulang ke rumah. Jadi bisa bayangkan bagi para mantan korban KDRT dipertemukan kembali dengan pelakunya. Semoga Allah SWT melindungi mereka. Lalu kenapa saya mengira mereka (para pelaku) diberi cuti, katanya di media tidak dibebaskan? ehm bagaimana ya, dengan data di tempat kerja si Baba, banyak pelaku kekerasan ikut juga diberi kebebasan. Buktinya apa? Nih saya lirik jendela kamar, seluruh penghuni sudah dipulangkan.

Baca link:

ANGKA KDRT TİNGGİ Dİ TURKİ

Sebagai orang awam, saya juga punya kekhawatiran atas dasar pembebasan tahanan puluhan ribu tersebut, siapa yang menjamin kalau mereka semua sudah bertobat dan tidak akan mengulang perbuatan buruknya kembali? Apalagi ditengah situasi Pandemi seperti sekarang, banyak yang terpaksa dirumahkan atau bahkan di PHK, hal ini juga terjadi di Turki. Saya ngeri kalau angka kriminalitas semakin meningkat dua bulanan ini. Segala keputusan pasti ada resiko yang harus ditanggung, pengambil kebijakan diatas pasti sudah memikirkan skenario terburuk, sebagai Masyarakatnya antisipasi, jaga diri dan keluarga. Bukannya mau suudzon sih sama ribuan orang tersebut. Ya siapa tahu?

İni belajar dari cerita tahun lalu, ketika awal kami tinggal di Pluto, tepatnya di musim panas 2019. Berdua dengan suami menonton berita lokal, ada kasus penusukan di İstanbul, pelakunya seorang pemuda yang sedang cuti keluar dari penjara, dia menusuk temannya sampai tewas. Tidak ada wajah penyesalan ketika ditangkap polisi. Suami kaget, karena merasa tidak asing dengan wajah pelaku. Eh segini aja belum tentu mereka Tobat, selama di penjara berkelakuan baik, sekali dapat cuti malah nusuk temannya, seperti dendam yang belum tuntas. Lalu bagaimana dengan nasip teman temannya yang minggu ini secara bertahap diberi cuti berjamaah, untuk di Pluto saja ada 800 orang, yang kemarin terlihat bersuka cita keluar dari gerbang. Belum dari daerah lain.

Suami masuk karantina dan kerja sebulan

Awalnya kebijakan yang diterapkan cukup positif, Tidak menerima kunjungan dari luar dan semua tahanan tidak diberikan cuti keluar Pluto, para pekerja di Lapas semuanya bekerja normal. Sampai sejauhnya kasus covid19 di Pluto masih 0 kasus, meski angka dikabupaten lain sudah ada kasus postif covid19, Pluto masih aman, biarkan saja tetap begini Ya Allah sampai wabah benar-benar selesai. Mau dibilang udik, gunung. Terisolasi dari peradaban dunia, ga apa-apa asal kehidupan normal. Meski kasus covid19 jumlahnya masih 0 di Pluto, bukan berarti warga Pluto santai saja, tetap mengikuti anjuran pemerintah, sekolah ditutup, usia dibawah 20 tahun ga boleh keluar usia 65 keatas juga ga boleh keluar mencegah lebih baik. Meski ada dampak lainnya, pasokan Kebutuhan pokok dari daerah, hampir bulan, bawang putih tidak ada dipasaran Pluto, terakhir dijual perkilo 100 lira..jlebb!! Buat pecinta bawang putih seperti saya, terpukul,syok,depresi…eh ya engga lah:D tapi sebel aja, biasa masak duo bawang, ga bisa diduetkan sementara gara-gara bawang putih langka.

Baca:

TENTANG MENJADİ İSTRİ PRİA TURKİ

Dan saya justru khawatir dengan sistem pemberian cuti dan pembebasan narapidana, kalau mereka kembali lagi setelah dua bulan nanti dan termasuk limpahan tahanan dari daerah lain. Ngerinya Pluto yang steril dari covid19 menyusul nyumbang angka pasien-.-‘ Siapa yang bisa jamin mereka negatif semua, sedang banyak tahanan di pluto setengahnya datang dari İstanbul, dimana masuk zona merah di Turki. Ah entah ya apa karena saya jadi paranoid, pikiran orang awam saja. Kekhawatiran kayak gini, tapi masuk akal ga sih? dan ditambah, suami tetap harus bertugas. Sekarang saja dia sudah dikarantina untuk bekerja kembali, terpaksa LDR-an sebentar meski masih sama-sama di Pluto. Si Baba harus tinggal di asrama, tidak boleh pulang ke rumah. Videonya ada di Youtube channel cabang keluargapanda ya: Rahma Balci, adegan cipika cipikanya tersensornya ya belum nerapin social distancing, beda nanti kalau Beliau pulang Dinas. Rendam dulu pake camasir suyu-.- dikira kain.

Praktis sebulan ini sampai Ramadan, kami hanya bertiga dirumah, Fatih juga tetap Sekolah via online, karena Guru kelasnya juga masha Allah aktif banget, hampir tiap hari dikasih tugas, hari libur malah dikirimin Docs google buat test: dan tiap hari wajib baca buku. Biasanya tugas ini dipegang baba, tapi karena dia pergi tugas dan dikarantina, saya handle semua, termasuk pekerjaan rumah suami: nyuci, ngepel, ngevacuum. Saya kan petugas bagian dapur saja dan pawangnya Alya, itupun kadang dia yang bersihin dan rapihin kitchen set:V Sebulan tanpa si Baba semoga berat badan saya turun karena pekerjaan rumah nambah, ambil positifnya. Tapi jadi pengen nyanyi: ‘‘ku tak sanggup…jauh…dari dirimuuuuuuuuu” lalu posting yang melow gitu di İnstastories biar dia peka atau Gr dikit, padahal ada maunya.

Ramadan tahun ini,cita-cita bisa solat tarawih di Masjid tertunda lagi, tahun lalu sebulan full di rumah, berharap Ramadan 2020 bisa merasakan suasana ibadah di bulan suci dengan khusu di masjid. Karena Wabah corona cita cita tertunda lagi, Semoga masih ada umur diRamadan selanjutnya. Masih bisa beribadah dibulan suci bersama Suami, Tahun ini terpaksa terpisah dulu sementara, meski tiap hari video call. Berjuang bersama-sama, Si Baba juga tetap bertugas. Meski tidak diGarda terdepan seperti paramedis, Tenaga beliau dan rekan sejawatnya tetap dibutuhkan negara, ngurusin Narapidana yang akan masuk lagi minggu ini, Semoga mereka yang datang ke Pluto tidak membawa si corona juga. Dan sehat sehat semuanya ya, termasuk teman-teman keluargapanda.

Referensi Berita:

https://www.dailysabah.com/turkey/turkeys-divorce-rates-rise-since-start-of-coronavirus-lockdown/news

https://www.duvarenglish.com/human-rights/2020/04/14/turkish-parliament-passes-bill-to-release-thousands-from-prison-leaves-journalists-politicians-out/?fbclid=IwAR3sPeLBzkUaltAh43m_GFuhBhbi85r-SYoGM8Y1NmTt8n04oLSjvv3Q0SA

https://www.duvarenglish.com/politics/2020/04/16/turkey-releases-notorious-mafia-leader-alaattin-cakici-with-ties-to-nationalist-party-from-prison/?fbclid=IwAR0gAG_svGHTjoz8OtWQYOgITZZtZ2IesT1ZxRgfKkLUWTgBCZl7VFPhC0Q