Tadinya saya pikir mengelola blog selfhosted dengan domain dot.com, bisa lebih fokus posting blog, tapi ternyata urusan maintenance dramanya tidak pernah berakhir, untuk wordpress selalu update plugin, ganti theme premium, tapi ada aja problem yang tiba tiba muncul, ketika cek healthissue:

Tiba-tiba ada critical issue di dasbor blog, sudah 2 hari solusi ya belum ketemu, rasanya sungkan merepotkan keponakan kembali, ketika buka google kit: data analitiknya error semua dari blog, entahlah rasanya hampir menyerah mengelola blog sendiri dengan segala problematikanya, ngoding dengan segala keruwetan kode-kode sudah membuat saya pusing, seperti bertemu kembali berbagai rumus matematika yang harus dipecahkan, ah sayangnya otak saya tidak sehebat jerome polin, yang mungkin bisa menikmati segala misteri dari kode kode yang berjejer minta dipecahkan.

Saya juga bukan hacker atau seseorang yang memiliki minat besar di dunia teknologi informatika, bahasa-bahasa pemrograman, yang rasanya bukan kapasitas otak saya untuk mencerna. Ketika dihadapkan dengan kendala-kendala di situs, oh rasanya kepala mau pecah! saya cuma pengen nulis dan nulis aja!

Performa blog terus menurun dengan warna memerah semua , entah lah, ganti theme sudah, lalu ada aja printilan yang harus diperhatikan. sampai membuat mood saya anjlok untuk posting setiap membuka dasboard blog! setiap buka dipusingkan dengan berbagai issue di dalam situs, sampai berpikir: ”duh apalagi sih ini!”. Benar adanya, blog mendekati senja, ketika mulai hadir berbagai media lain untuk menulis…menyepi atau berhenti, kadang hal seperti ini membuat stres sendiri, ketika kita tidak bisa menikmati bagaimana cara menuangkan kata dalam tulisan, terlalu dipusingkan…, lalu harus bagaimana?