Saya hobby nulis, dalam artian jenis curhatan yang ga jelas, ketemu media Blog sudah lama, sekadar curhat ga jelas, dari cerita patah hati , pekerjaan, keluarga, teman. Saya tulis di Blog, dan ga berharap juga ada pembaca yang datang. Perjalanan panjang dunia blog dengan keasyikannya sendiri sampai saya memutuskan selfhosted Blog, ah pengen punya domain sendiri. Sekadar menulis tapi belum punya karya monumental gitu, terakhir yang saya ingat, tulisan di kompasiana yang gagal ikut diterbitkan dalam buku, gara-gara apa? gara-gara saya telat baca email karena lupa password, sesederhana itu saja sebenarnya. Sering pelupa!

Kemudian, saya memutuskan membuat Blog ini, kabar baiknya, suami sudah membayarkan jasa sewa hosting Blog ini sampai 2023 karena dapat hadiah 1 tahun dari webhosting saya di Turki. Yakni NATRO. Tadinya mikir pengen pindah gitu ganti, tapi karena saya pikir Tim Natro ini responsif sekali, meski sering ajaib kalau berbalas email: setiap saya email berbahasa inggris dibalas bahasa Turki, saya nulis email berbahasa Turki dibalas bahasa inggris. Tergantung siapa yang buka emailnya mungkin. Kata suami: hadiah buat saya dirapel semua setahun ini: Hadiah ultah, hari ibu maupun anniversary, dia tahu ga bisa romantisin dengan sebuket bunga, jadi donatur Blog saja untuk membuat saya bahagia. Alhamdulilah ya bu hajiiii, alasan terbaiknya karena dia tahu dengan kondisi negara Turki sekarang, dimana inflasi tinggi, nilai tukar lira yang anjlok terus terhadap dollar, karena jasa sewa hosting ini menggunakan mata uang dollar, padahal hosting lokal Turki. Alhasil awal tahun ketika dollar belum jumawa terhadap lira, suami sudah mengantisipasi. Jadi sejauh ini Blog Keluargapanda bisa diselamatkan dari imbas krisis.

Butuh tenar?

Saya belajar banyak tentang Blog dari grup grup komunitas Blogger, banyak yang terjun secara profesional, bisa menghasilkan pundi pundi rupiah, saya juga sempat merasakan tahun lalu, karena rekening BCA saya (dan lagi-lagi lupa password..-.-‘) akhirnya saya pakai rekening kakak saja, uang pembayarannya saya berikan ke si emak saja, rezeki beliau. Untuk di Turki, menunggu adsense cair saja itupun kadang 4 bulan sekali. Untuk channel youtube yang saya kembangkan semenjak wabah corona masih mencari konsep konten saja. Dengan tipikal rada idealis gini, saya mengakui kurang berkembang hahah alias kalah tenar dengan pemain baru.

Begitu juga dengan Blog atau akun İnstagram dan sosial media lainnya, follower saya ya segitu aja, tidak mencari jalan instant untuk nambah followers, kadang mikir menjadi terkenal dan hidup dikepoin banyak manusia lain, ada perasaan ga nyaman juga sebenarnya. Mungkin saya tipe manusia plin plan, kadang kepikiran pengen dikenal banyak netijen (eh tapi ga bikin sensasi murahan juga ya, kayak yang sedang heboh di twitter..pelaka pelaka itu) tapi kadang ya ga nyaman sendiri aja, pas buka di google foto-foto dari sosial media dan Blog dijembrengin satu halaman, apalagi kalau habis baca tentang kejahatan di dunia maya. Lah horor sendiri.

Jadi ya gitu, nyaman saja dengan sendirinya, melihat orang lain lebih berkembang ya silahkan saja, hidup masing-masing. Selama berbagi hal positif tentunya saya dukung juga. Saya bukan seorang extrovert, teman saya juga ga banyak sebenarnya, atau kadang saya sendiri yang menarik diri, asyik dengan dunia sendiri. Blog ini salah satu cara saya berkomunikasi dengan dunia luar, selama di Turki saya hanya interaksi dengan teman WNİ di sosial media. Setahunan lebih belum bertemu teman WNİ semenjak di Pluto, tidak menjadi keluhan buat saya, ngadepin muka suami dan anak-anak 24 jam, meski ada keinginan juga ngobrol panjang lebar dengan bahasa sendiri, beda ya obrolan sama anak dan orang dewasa. Tapi ya sudahlah, selagi bisa mensyukuri waktu kebersamaan dengan keluarga, jalani saja, difasilitasi Blog gini juga salah satu cara saya ngobrol lewat tulisan entah dengan siapa saja yang baca. Tentunya saya berterimakasih sekali dengan Donatur tercinta. Dia memahami istrinya dengan baik, tidak menuntut saya banyak, harus nyaman jadi diri sendiri, kalau saya ga hobby main benang, ngerajut seperti İbu-ibu Turki, ya sudah. Dia tahu hobby saya ngotak ngatik komputer, nulis Blog, ngedit sesuatu, fotografi. Kemudian rapelan hadiah dia berikan awal tahun ini guna menunjang Hobby saya, apalagi diajak hidup di Pluto. Saya ingat dengan obrolan dokter yang mengoperasi tanda tahi lalat di garis mata saya dulu: ”kamu orang asing sendiri, kenapa mau tinggal di Pluto?” Semua karena cinta….’joy tobing mode on

Jadi sebenarnya mau jadi Blogger influencer seperti apa? ya seperti ini sajalah. Dengan gaya tulisan sendiri, dari dulu ya gini ajakan.

dikirimin foto re-run program Ramadan 2015 waktu dş İstanbul, ikutan eksis di Tv lah keluargapanda:V