Beberapa hari lalu, Blog keluargapanda error, ketika update WordPress terbaru, masalah utama emang di templatenya, sempat minta teman Blogger yang baik , teh ucan, dia juga nyerah, lalu email webhostingnya, semoga bisa dibantu restore ulang:( Email tidak kunjung direspon, sedih lah urusan sama webhosting lokal Turki.

Akhirnya berujung ke Dewa penolong Blog ini, Keponakan di İstanbul, sumpah ga enak banget gangguin dia terus, mengingat dia sibuk dengan pekerjaannya, Si keponakan baik hati ini–semoga ga sebel sama yenge-nya yang suka gangguin kalau ada problem Blog–usaha sendiri ga berhasil ngotak ngatik berujung Fatal error.

Langkah yang dia lakukan: me-restore Blog ini, kemudian balikin lagi, caranya gimana? ga tahu, sampai email admint blog ini sekarang pakai emailnya dia, saya mau koneksi ke wordpress.comnya biar bisa baca Blog teman-teman, jadi sedikit muter jalannya, karena koneksi email udah ga pakai email saya lagi–duh gangguin keponakan terus***

Lalu minta suami bayarin template premium baru: hadiah ultah april nanti–dengan konsekuensi saya ga jadi beli sepatu idaman, ditukar dengan template baru. Nah sebenarnya saya masih mau ngotak ngatik template dan mau pasang ads.txt di directory Blog ini, malah mouse PC dirusak fatih, adaaaaaa aja kendala, ngetik mengandalkan wireless Keyboard, agak ribet. Maret ini luar biasa.

Saya memang sedikit kecewa atau mungkin banyak kecewanya dengan support İT dari webhosting lokal Turki, jika ada masalah di Blog, ngurus sendiri. Kecuali emang urusan server mereka aja misalkan ada kendala, seperti waktu saya ga bisa akses direktori Blog via FTP, aksesnya diBlokir, karena ada aturan dari Sejenis Badan keamanan data Negara Turki tentang keamanan data, Pihak webhosting meminta saya ganti semua pasword, nah pasword untuk akses FTP ditolak terus sama servernya, kemudian pihak İT nya kirim email, membuatkan saya akun dan password baru agar bisa akses direktori Blog lewat opensource-Filezilla.

Saya pernah baca cerita Pheby atau ka Nella, banyak dibantu oleh pihak webhosting yang mereka sewa jika ada kendala di Blognya, Wah kok enak bener ya.., saya sering kelimpungan kalau Blog bermasalah, ngotak ngatik sendiri, mana ga begitu paham coding, ujung-ujungnya nyerah, ngeWA keponakan. Ya memang beruntung sih keponakan kami programing, dia lulusan PTN di İstanbul, Belum lulus aja udah ditarik perusahaan besar, sering bolak balik ke Eropa, karena kantor pusatnya disana, Nah gangguin orang sibuk gini kan saya ga enak, perkara ngurusin Blog tantenya ini. Bayar jasa hostingnya ke siapa, support İT nya malah keponakan sendiri.

Sempat suami nyerah, udahlah berhenti ngeBlog, banyak amat kendalanya, kemudian saya mendiamkan dia. Buat saya nulis di Blog gini tuh semacam ‘healing’ juga, dari kejenuhan hidup di antah berantah, sendirian, kadang pengen menuangkan apa aja yang ada dikepala, karena sejujurnya saya bukan tipe manusia yang ceriwis kalau cerita, kebanyakan mikir, sisanya apa yang ingin diungkapkan, lebih nyaman lewat tulisan seperti ini, percaya atau tidak? saya ngetik kadang udah jarang lihat keyboardnya lagi, jari jemari seakan hafal letak tuts alphabetnya, haha saking akrabnya jari-jari sama keyboard bertahun tahun.

Masih banyak yang saya harus perbaiki lagi tampilan blog ini, karena masih belum ada Mouse…besok saya lanjut.

Oh ya gara-gara masalah Blog saya sempat stress, iya segitunya memang, bayangkan saja, sebagai emak emak yang ga paham coding, tiba-tiba layar Blog hilang, sudah mengikuti berbagai tutorial, ga berhasil, sampai lelah sendiri googling, buka buka video tutorial sampai bertanya di salah satu forum web developer gitu, minta petunjuk, terus dijawab dengan link code-code yang ga tahu saya pasangnya gimana, make Phyton lah, linux dan bahasa pemrograman lainnya, kepala rasanya berasap, berat dan kalau tahap lelah mikir, otak diforsir, ngantuk.

Semoga bisa mengejar ketinggalannya performanya lagi….karena ini Blognya di Restore, banyak image yang hilang:D ya udahlah…tampilannya masih sederhana.