Di Turki, ada badan khusus Lotre Nasional yang dikenal dengan sebutan Milli Piyango, yang didirikan tahun 1993. Badan Resmi yang mengoperasşkan aneka permainan Lotre di Turki, Lotre apa ga haram? Sebenarnya Diyanet (semacam kementerian agama versi Turki) sudah mengeluarkan fatwa kalau Lotre HARAM. Tapi nyatanya? Apalagi menjelang akhir tahun gini, pembelian Lotre nasional memuncak, antrian panjang, bak antri sembako, agen-agen kecil akan mudah di jumpai di keramaian menjajakan nomer lotre ke setiap pejalan kaki. Hanya sebuah kalimat khas yang akan menggambarkan realita kehidupan di Turki: Burası Turkiye Hersey olabilir: Disini Turki, apa saja bisa terjadi, jadi jangan terlalu kaget kalau banyak hal yang tidak begitu di ekpos tentang kehidupan Turki, Blog ini akan membahasnya hehe.

penjaja lotre di jalan-jalan, akan semakin banyak menjelang akhir tahun

Lotre itu legal di Turki, Catat legal! pajaknya masuk negara. Nah loh. Biasanya undian nasional akan dilakukan bertepatan malam tahun baru, Tv nasional akan mengadakan siaran langsung mengundi siapa saja yang mendapat Lotre-dalam bahasa Lokal: Piyango. Pengumuman pemenang secara langsung di Tv nasional atau jika terlewat bisa di cek online di berbagai portal berita nasional dengan mudah, tinggal memasukan nomer undian

Cek pemenang Lotre Online

sumber foto: https://www.sabah.com.tr/

Antrian warga Turki Membeli Lotre akan semakin ramai, salah satu Toko terkenal penjual lotre di İstanbul: Nimet Abla, nama ini cukup dikenal sebagai tempat warga İstanbul membeli Lotre. Tapi ada juga ulama yang mengatakan Lotre ga haram, cuma makruh, tapi kalau bisa ya jangan beli, Kok ragu ya si bapak.

Baca:

Berdirinya Republik Turki

Apa benar orang Turki kurang sabar?

Milli piyango vs SDSB

Dulu di İndonesia mengenal Porkas atau SDSB (sumbangan Dermawan sosial berhadiah) tahun 1993 kejayaan SDSB tutup setelah mahasiswa berdemo anti SDSB, tapi tepatnya di Turki tahun 1993 justru lahir SDSB versi Turki. Sebenarnya Undian Lotre ini hal biasa dibeberapa negara maju seperti di Amerika dengan lottery jackpot nya. Masalah haram halal nya, untuk di negara-negara barat maupun negara yang bukan mayoritas warganya Muslim, Lotre sah-sah saja, beda jika yang mengadakan Lotre nasional adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim seperti halnya Turki, akan terus ada pro kontra lahir.

Dan untuk di Turki, meski perdebatan dan Fatwa haram dari Departemen Agama Turun, Undian Lotre tetap jalan terus, para pedagang lotre yang menjajakan dipinggir jalan bahkan disamping masjid juga tetap ada, jangan terkejut jika bertemu ibu-ibu Turki dengan penutup kepala (berhijab) tapi jualan lotre, Semua bisa terjadi di Turki.

🙂