Göynük sebuah daerah kecil di provinsi Bolu Turki tak jauh dari İstanbul, kota kecil yang tenang dimana lokasi sang Guru Muhamad al fatih  dimakamkan, dimasa tua nya sang Syeikh menetap di Goynuk.
Daerah ini terkenal karena keberadaan Makam sang Guru dari Muhamad Al fatih.
Berjarak  2 jam dari İstanbul menuju Goynuk, Daerah Goynuk  berada didataran tinggi dengan pemandangan alam yang menakjubkan,  Apalagi daerah Bolu (bukan nama kue ya:) Memang sangat terkenal di Turki sebagai daerah wisata alam yang cantik dengan pemandangan hijaunya menyegarkan mata, udara bersih, danau yang İndah, Banyak Turis datang mengunjungi daerah Bolu, apalagi jika musim dingin, Bolu menjadi salah satu tujuan wisata musim dingin dengan area sky juga.
Lokasi Goynuk yang begitu tenang dan jauh dari  pusat pemerintahan, menjadi pilihan sang Guru menghabiskan masa tua nya sampai wafat.

Lokasi Makam syeik ak semseddin

Lokasi Makam sang Guru sering di ziarahi para wisatawan lokal Turki ketika berkunjung ke Goynuk.
Umumnya di Turki, para peziarah tidak dibatasi untuk masuk ke lokasi Turbe (makam) Peziarah bisa langsung mendekat ke Makam, termasuk makam para sultah Utsmaniyah,Sultan Alfatih di daerah Fatih İstanbul, Lokasinya bersampingan dengan masjid Fatih, Masjid yang dibangun untuk menghormati sang sultan.
Di Turki,Saya beberapakali ziarah ke makam Ulama besar maupun golongan sahabat Nabi, Salah satunya ada juga di kota kelahiran suami Corum city, dikenal dengan julukan Karebi Gazi- seorang sahabat Nabi yang juga sahabat dekat ummar bin khatab , beliau yang menshalatkan Sang khalifah ketika wafat. Tidak ada batasan atau larangan mendekati makam Wali atau ulama besar di Turki termasuk Makam dari syeikh Ak syamsudin ini.
Makam syeikh ak syemsedin dari dekat.

Menara Zafer di Goynuk sebagai ikon kota kecil ini.

Beliau adalah seorang Guru yang berhasil meyakinkan Muhamad al fatih tentang penaklukan Konstatinopel.

Sang Guru bernama ak syamsudin (akşemseddin) memiliki nama asli shamsedin muhamad bin Hamza, Akşemseddin atau aksys adalah nama julukan sang guru.
Lahir di daerah syam 792 H (1390 M)
Beliau putera syeikh Hamza cucu dari syeikh sehabeddin (dlm bhs indonesia: sihabudin) sureverdi  dan bernasab langsung kepada Abu bakar sidiq R.A khalifah pertama umat islam dan sahabat Rosululloh SAW tercinta.
Datang ke daerah Anatolia (Turki bagian Asia) bersama sang ayah di Usia 7 tahun  dan menetap di daerah Kavak Amasya, sebuah daerah  kecil tempat pelatihan para calon Sultan Utsmaniyah.
Syeikh Ak semsedin menguasai keilmuan di bidang syariah, akhlak, tasawuf, dan juga medis, juga seorang hafiz quran. Beliau  mengajar di madrasah Utsmaniyah milik kesultanan di amasya.
Para Ahli sejarah mengatakan beliaulah  sang penakluk konstatinopel sebenarnya, karena berkat jasa sang guru ini Sultan Fatih diajarkan keilmuan untuk bekal menaklukan konstatinopel, dari ilmu agama sampai strategi berperang. Beliaupun yang mengobarkan semangat perjuangan dinasti utsmaniyah dan terus menerus meyakinkan Sultan alfatih sejak kecil bahwa sang sultan lah yang dimaksud dalam hadis Nabi saw: “Sungguh Konstantinopel itu akan ditaklukkan. Maka sebaik-baik panglima adalah panglima (yang menaklukkannya) dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan yang menaklukkannya”
Jasa sang Syeikh begitu besar terhadap kekhalifahan Utsmaniyah.
Dan bagi pencinta sejarah islam, Turki dengan sosok terkenalnya Muhamad Al fatih,  Mengunjungi Goynuk menjadi salah satu tujuan Wisata sejarah yang wajib juga masuk agenda kunjungan ketika Liburan ke Turki.