Di Pluto:D saya selalu menyebutnya demikian buat inisial, karena percuma dijelasin, belum tentu juga ada yang mau mampir hehehe, Oh ya saya sudah tidak tinggal di İstanbul, beberapa postingan sudah menjelaskan lokasi tinggal saya sekarang. Tinggal di area pegunungan di barat daerah laut hitam.

APa yang Menarik tinggal di tempat sekarang daripada tempat lama?

Jujur saja, Harga sewa lebih murah! dengan kondisi ekonomi Turki yang terus İnflasii harga kebutuhan pokok semakin tinggi, memilih pindah dari Kota sebesar İstanbul menjadi pilihan Pegawai negeri Turki. Hampir semua teman kerja suami memiliki alasan sama: Kondisi ekonomi. Untuk proses mutasi kerja keluar dari İstanbul butuh . Penilaian skor kinerja. Para PNS yang ingin pindah Dinas, mengajukan surat kepindahan disertakan alasan, biasanya tiap tahun akan diumumkan pos baru di berbagai kota Turki, dan ini lewat seleksi ketat. Jika ada PNS yang ingin pindah dinas ke İstanbul prosesnya lebih mudah, tapi ingin meninggalkan İstanbul dipersulit, persaingan kuota mutasi ketat.

Cerita awal tinggal di daerah dingin dengan suhu sering minus

Fasilitas Gedung yang cukup memadai

Apartemen dinas memiliki jangka waktu (untuk 5 tahun saja) tapi jika tidak ada pengajuan dari Pegawai lain, bisa diperpanjang tinggalnya. Harga sewa langsung dipotong dari gaji pegawai. Untuk pengajuan tinggal di apartemen sekarang, menulis surat permohonan dikirim melalui Fax ke Kantor Pusat. Dapat nomer pintu dan langsung beserta kuncinya.

Penghuni Apartemen dari berbagai jabatan, Kepala Lapas sampai supir juga diberi hak tinggal sama, karena di Gedung B, dua pimpinan suami tinggal satu apartemen dan juga temannya yang berprofesi sebagai supir juga tinggal di gedung sama. Dulu Pernah bertanya ke suami, kenapa waktu tinggal di İstanbul tidak mengajukan diri untuk tinggal di apartemen dinas, bisa lebih hemat. Jawab dia: ”Kamu tahu sendiri İstanbul, kota terbesar, pengajuan dan antriannya juga banyak. ” benar juga, apalagi sewa bulanan masih jauh dibawah harga sewa hunian apartemen umum. Kalau mau sewa apartemen dinas lebih mudah, tinggalah di antah berantah di Turki. Pengajuan mudah. seperti kami sekarang.

musim semi, diladang gandum, lokasi tinggal di area pertanian, dr kejauhan pegunungan membentang

Penghangat ruangan Free

Fasilitas lain yang membuat kami bisa berhemat, adalah dapat fasilitas pemanas ruangan bebas biaya! ketika musim dingin banyak yang mengeluhkan bayar Gas cukup mahal. Untuk di lojman (sebutan apartemen Dinas) ditempat kami tinggal, menggunakan solar sel, ada 100an lebih solar sel yang dipasang di area komplek lapas, tadinya saya pikir tenaga surya yang digunakan untuk Listrik, ternyata bukan, Solar sel dipasang untuk penghangat ruangan dan air panas. Dirumah tetap pakai Gas untuk memasak dan ini bayar sendiri. Banyak gedung Baru milik pemerintah mulai menggunakan solar sel untuk hemat energi. Karena pemanasa ruangan menggunakan tenaga solar sel, penghuni gedung tidak dikenai biaya. Untuk Listrik tetap bayar normal dan gas untuk memasak saja, air tidak dikenakan biaya sebagaimana tinggal di kota (ini di gunung, alhamdulilah air banyak heheh) Sisanya bayar perawatan unit gedung, tiap pintu iuran untuk bayar gaji petugas kebersihan, petugas kebersihan adalah warga setempat yang dipekerjakan, tugasnya mengepel dan membersihkan lantai gedung, tiap gedung ditunjuk penanggung jawab dari salah satu penghuni yang ditunjuk. Untuk area taman di depan gedung, perawatan dari menyiram dan menanam pohon dilakukan para penghuni lapas, Nah ini yang kadang membuat saya risih sendiri kalau mau jalan santai ke luar gedung, ada banyak tahanan yang kerja bakti. Jadi pilih semedi saja didalam rumah.

ukuran apartemen cukup luas

ukuran hunian 3 x 1, ada satu toilet jongkok, kamar mandi utama dgn toilet duduk, wastafel dan colokan listrik dan lubang tempat pembuangan air, ruang untuk mesin cuci lalu kamar mandi dalam untuk di kamar tidur utama, total ada 3 . Jadi tidak ada cerita antri toilet dirumah.

Kamar utama, 2 kamar anak dan ruang tamu, dua balkon. satu didapur dan satu lagi di balkon depan ruang tamu. Dapur. Membandingkan dengan apartemen sebelumnya di İstanbul tentu saja berbeda dan masih bersyukur bisa menempati apartemen sekarang, jauh lebih baik dan hangat di musim dingin. İni yang penting.

Obrolan bapak bapak komplek lojman

Apa yang menarik tinggal di tempat sekarang?

Selain karena Fasilitas Gedung, kalau suasana lainnya Tidak ada hahahha…, Bahkan Park yang memadai untuk bermain anak saja masih kurang-.-‘. Hiburan lengkap untuk aktifitas anak biasanya kami pergi ke kota provinsi. İtupun tidak tiap bulan. Bahkan untuk membeli daging dan tulang sapi, biasa buat kaldu–kemik et- saya harus pesan dulu ke toko daging disini, jarang dijual. Semua kebutuhan lengkap ada di ibukota provinsi, turun gunung dulu satu jam:) demi kuah bakso. Praktis semenjak tinggal disini, jadi lebih sering belanja Online, meski inipun sampainya rada lama, dari pada keluar ongkos lebih besar ke kota provinsi.

Cerita dari İskilip–tempat tinggal keluargapanda, bukan İstanbul lagi

Gedung tempat tinggal kami, Gedung ke-3 langsung bersebelahan dengan Lapas, dari jendela kamar bisa melihat aktifitas warga binaan, kebetulan tinggal dilantai teratas. melihat para penghuni Lapas, untuk mengusir rasa jenuh, mereka sering sekali berjalan bolak balik kayak setrikaan, saya sampai hafal apa saja rutinitas harian mereka, termasuk jika tengah malam ada Ambulan atau mobil patroli Jandarma datang, karena sirine warna merah dan birunya menembus jendela kamar-.-‘.

jangan berharap ada tukang bakso lewat:) ada angkot masuk juga alhamdulilah..tahun ini, area sekitar akan jadi lahan bercocok tanam narapidana. Makin susah jalan santai.

Pemandangan alam atau laut gitu kan menarik ya daripada melihat wajah wajah Penghuni sebelah yang banyak catatan kriminalnya, mulai dari pemerkosa, pelaku KDRT, pemakai narkoba. Ada sekitar 700an lebih penghuni lapas yang didominasi kiriman dari İstanbul. Jangan berharap dulu Turki semacam salah satu negara eropa yang kekurangan Narapidana atau nyaris tidak ada, disini berbagai manusia jahat masih banyak, makanya isi Lapas juga penuh terus, bisa jadi perhatian untuk yang tertarik dengan Pria Turki, yang baik banyak tapi yang jahaaaat juga ga kalah banyak. Bukti nyata saya bertetangga tinggal dengan mereka soal fisik, banyak kok yang ganteng bak pemain sinetron Turki. Kadang mereka juga dipekerjakan untuk membersihkan area Lojman, kerja bakti. Nah ini saya sempat melihat sendiri dari dekat, Ganteng, tinggi bak foto model lagi nyapu halaman, penampilannya juga trendi. Kasusnya biasa ga jauh dari narkoba, atau penipu atau pelaku kejahatan Se**ual, karena cuma 3 kategori ini mayoritas penghuni komplek sebelah, kalau kasusnya berat semacam telor-risme, lokasinya khusus, untuk pentolannya-maximun security. pelaku radikalisme-gitu sel nya khusus tidak disatukan dengan yang lain–karena ‘bahaya mencemari’ pemikirannya ke yang lain.

kota amat sangat kecil, bisa jalan kaki untuk keliling kota:)

Tetangga sebelah kabur lapor militer

Ditempat tinggal sekarang, cerita harian saya seputar cerita di Lapas terus, karena ini jenis open prison–memang sedikit longgar–biasanya penghuni kategori kasus ringan, atau sudah dinilai berkelakuan baik, masa tahanan sebentar lagi, mereka akan di transfer kesini. Rata-rata dari İstanbul. Tapi ga jadi jaminan mereka beneran ‘Tobat’ juga ya, ada yang ga sabar pilih kabur malam-malam, ga dikejar sama petugas Lapas, mereka langsung telpon Jandarma, kasih data tahanan yang kabur. İtu urusan rekan Jandarma untuk menangkap kembali, kalau tertangkap justru hukuman jadi lebih berat, di transfer balik ke penjara tertutup. Padahal lebih enak Open prison seperti disini. (Haduh ini mau cerita lingkungan tinggal jadi ngosip Lapas hahaha) ini sambil ngetik liat ke jendala isinya orang hilir mudik terus.

Bedanya kumpul teman İndonesia dan teman Turki

Berhemat untuk Masa depan?

Meski harga sewa tempat tinggal lebih murah dibanding warga biasa diperkotaan, bukan berarti bisa foya foya, kami belum punya rumah sendiri, menikah dari Nol, nebeng mertua 8 bulan, jadi Kontrak-tor di İstanbul lalu ke Pluto, maunya setelah keluar dari Pluto pindah ke rumah sendiri. Tinggal di lojman ini jadi kesempatan kami untuk bisa lebih mengatur pengeluaran, ada dana tabungan untuk rumah, pendidikan anak. Masa depan siapa yang tahu, saya berusaha berhemat . minta suami membelikan makanan nusantara, termasuk jarang sekali. Terakhir hanya minta belikan tepung tapioka 5 kilo, modal saya untuk mengolah bakso dan jajanan kampung, udah itu aja. kalau mengikuti insta story di instagram, bisa ketebak kerjaan saya dirumah, krupuk aja bikin sendiri hahah, membeli masakan jadi, bisa dikata belum pernah, Suami lebih suka memberi kail , usaha sendiri. ‘‘kalau teman kamu bisa masa kamu engga, resep masakan bertebaran di İnternet, praktek aja’‘. Jadilah itu mabok tapioka 5 kilo, mulai dr kerupuk, bakso , cilok, siomay. Biar ada kegiatan di rumah daripada bengong dipinggir jendela kamar ngeliatin narapidana, suram amat hidup.

Perjalanan hidup

Dicerita sebelumnya saya jujur menulis, diajak pindah dari Zona senyaman İstanbul terasa berat diawal, berjauhan dengan teman WNİ, semenjak pindah ke Pluto saya belum bertemu dengan teman WNİ disini,terhitung dari awal 2018 sampai sekarang, selain interaksi di sosial media saja. Lama-lama mulai terbiasa, hanya interaksi dengan teman teman Turki di komplek, hitung hitung melancarkan bahasa Turki saya, meski ujungnya si teman ini ya ngegosip, salah satunya gosipin ada narapidana yang bunuh 14 orang lagi ikut kerja bakti di komplek!udah bikin kehebohan aja dia. iya diskusi dengan tetangga juga ga jauh dari bahas isi gedung lapas.

İni perjalanan hidup saya sekarang, belajar menerima keadaan, dimanapun tinggal suatu saat tinggal di lojman ini jadi kenangan tersendiri, mendampingi suami hidup di Pluto, paling ga menulis di blog juga jadi cara saya berkomunikasi dengan dunia luar, self healing, kalau lagi pengen cerita, karena saya tipe makhluk yang malas telponan lama-lama, menulis adalah cara saya berkomunikasi yang lebih efektif. Mau sering traveling, butuh banyak dana untuk sekadar keluar dari Pluto saja, karena lokasi terpencil:) Tapi nikmati sajalah selama Wifie di rumah kenceng, bahagia-bahagia saja.