Bermain di ladang gandum menjadi kegiatan kami di komplek pluto, Ladang gandum itu cenderung kering, tanah gembur, berbeda dengan area persawahan padi yang membutuhkan banyak air, ladang gandum bisa kita jelajahi tanpa takut tanamannya rusak. Bermain-main di ladang gandum menjadi favorit kami ketika musim semi tiba. Oh ya bedanya beras sama gandum itu sebenarnya apa? keduanya dari jenis yang sama suku padi-padian, kaya karbohidrat juga, selebihnya bisa dibaca:.

Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian (bahasa Inggris: cereal) adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati.

Kebanyakan serealia merupakan anggota dari suku padi-padian dan disebut sebagai serealia sejati. Anggota yang paling dikenal dan memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga dikenal sebagai serealia utama adalah padijagunggandumgandum durumjelaihaver, dan gandum hitam. Beberapa tanaman penghasil bijian yang bukan padi-padian juga sering disebut serealia semu (pseudocereals); mencakup buckwheatbayam biji (seed amaranth), dan kinoa. Beberapa serealia juga dikenal sebagai pakan burung berkicau, seperti jewawut dan berbagai jenis milet. Walaupun menghasilkan pati, tanaman seperti saguketela pohon, atau kentang tidak digolongkan sebagai serealia karena bukan dipanen bulir/bijinya.

Serealia dibudidayakan secara besar-besaran di seluruh dunia, melebihi semua jenis tanaman lain dan menjadi sumber energi bagi manusia dan ternak. Di sebagian negara berkembang, serealia seringkali merupakan satu-satunya sumber karbohidrat. (sumber wikipedia)

Gandum biasanya diolah menjadi terigu, Turki makanan pokoknya Roti gandum, meski di Turki juga mengenal beras, tapi beras digolongkan lauk oleh sebagian masyarakat Turki, katanya kalau cuma makan nasi atau biasa disebut pilav, kurang mengenyangkan harus didobel dengan roti.

Masa tanam Gandum

Sekitar dua hari lalu, petani pemilik ladang datang menaiki traktornya, kemudian dia menyebarkan sejenis Obat-entah apa namanya di ladang gandum. Cara menebarkannya dengan menaiki traktor dan tentu saja tunas -tunas tanaman ini terlindas ban traktornya, gandum ini cukup kuat ternyata, tidak khawatir tanamannya terinjak atau terlindas traktor, tetap bisa berdiri tegak kembali.

Masa tanam gandum: Sebagai tanaman musiman, hanya panen sekali dalam satu tahun. Biasanya musim panen jatuh pada musim panas, sekitar juli-agustus, panennya sudah menggunakan tenaga mesin semua, lalu musim tanam kembalinya ketika memasuki musim gugur.

Biasanya para petani akan sibuk kembali menggarap ladangnya, hilir mudik traktor menjadi pemandangan biasa disekitar komplek, musim gugur menjadi musim menanam biji gandum. Kemudian ketika musim dingin tiba, benih -benih gandum itu seakan ‘tidur’, dan ketika musim semi tiba, ladang gandum mulai menghijau, menjadi pemandangan yang menakjubkan, banyak yang mengatakan mirip dengan gambar di windows screen saver, saya akui ya.

akhir musim panas memasuki musim gugur, petani kembali menggarap ladang dan mulai musim tanam
musim dingin, ladang gandum seakan’ tertidur’, warga komplek memanfaatkan jadi arena main ski atau seluncur gratisan:)
puncak musim panas biasanya gandum siap dipanen ketika tanaman mulai berwarna keemasan
Proses panen gandum dengan dibantu alat modern, biasanya pemilik ladang akan menyewa biçerdöver (harvester) kalau penasaran cara kerja mesin ini bisa cek di Youtube dengan judul biçerdöver

Karena sekarang tinggal di komplek yang pemandangan di depan rumah adalah ladang gandum, dalam 4 musim aktivitas petani bisa saya lihat langsung dari balik jendela rumah.

Baca juga:

Panen di kebun mertua

Seperti apa rumah petani di Turki

Salah satu yang menarik: melihat keledai petani

Tapi tahu kah teman-teman, dibalik komentar positif setiap saya unggah foto pemandangan ladang gandum ini di sosial media, selalu ada cerita dibaliknya, percayalah bahwa keindahan foto ini ada kenyamanan yang terkorbankan, apalagi ketika musim panas, lalat menyerbu balkon, belum aneka serangga rajin sekali silaturahmi, kemudian burung juga tanpa permisi bangun sarang di sudut-sudut pipa, kemudian meninggalkan jejak kotoran di pinggir jendela, karena komplek ditengah tengah ladang pertanian, kamipun harus mengakrabkan diri dengan gangguan serangga.

Menjual hasil panen gandum

Kebetulan mertua petani, beliau sering menjual hasil panennya ke Pabrik pengolahan terigu, pabrik-pabrik ini banyak berdiri disekitar area ladang gandum, beliau membawa traktornya dan hasil panen ditaruh bak besar yang ditarik traktor, oh ya untuk mengendarai traktor di jalan besar ada SİM khusus yang harus dimiliki petani. Biasanya baba mertua akan menunggu harga yang cocok sebelum melepas hasil panennya, begitu panen tidak langsung dijual ke pabrik pengolahan, disimpan di gudang terlebih dahulu, karena tidak hanya ada 1 pabrik disekitar kota Çorum.

pihak ke-3

Lalu ada juga petani yang menjual ke pihak ke-3, ini saya belum paham sistemnya bagaimana, sepanjang yang saya lihat di sekitaran Pluto, biasanya petani selepas panen akan membawa hasil panennya ke satu titik, seperti pengepul istilahnya, kemudian hasil panen dikumpulkan, dan diangkut kembali oleh mobil truk besar dan dibawa ke pabrik pengolahan terigu, para petani itu penyuplai pabrik terigu merk tertentu.

Untuk Gandum, turki cukup mandiri, mengandalkan hasil panen dalam negeri, karena makanan pokok rakyatnya.